Mudah Dipraktikkan! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bau pada Sepatu

Kamis, 26 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Mudah Dipraktikkan! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bau Pada Sepatu

Ilustrasi sepatu bau. (Special)

Ladiestory.id - Sepatu merupakan salah satu barang yang cukup penting dalam kehidupan. Sebab, ketika beraktivitas di luar rumah menggunakan alas kaki seperti sepatu, hal itu dapat melindungi diri dari berbagai bahaya. Tak ayal, sepatu yang sering digunakan pasti memiliki bau tidak sedap.

Secara instan, kepercayaan diri pun bisa menjadi merosot. Nah, bagi kamu yang sedang mengalaminya, kini tidak perlu khawatir lagi. Berikut enam bahan alami yang ampuh dan bisa kamu praktekkan untuk hilangkan bau pada sepatu. Yuk, simak ulasannya!

Taburkan Baking Soda

Ilustrasi baking soda. (Special)

Penyebab terjadinya bau tak sedap pada sepatu berasal dari berbagai ragam alasan. Kebiasaan tidak mencuci sepatu, membiarkannya lembab setelah terkena hujan, hingga banyaknya kotoran yang menempel pada sepatu bisa jadi salah satunya. Tentunya, hal ini sangat tidak nyaman.

Nah, bagi kamu yang ingin menghilangkan bau dengan bahan alami, coba menggunakan baking soda. Bahan yang mudah didapatkan ini efektif dalam menghilangkan bau di sepatu. Pengaplikasiannya cukup mudah. Campurkan baking soda, baking powder, dan tepung jagung dalam satu wadah dengan perbandingan yang sama. Setelah tercampur, kemudian taburkan ke dalam bagian sepatu dan biarkan semalaman.

Gunakan Air Cuka

Ilustrasi cuka putih. (Special)

Menjaga kebersihan dan aroma sepatu tentu hal yang terlihat cukup sepele. Namun, ketika kamu abai, tentunya masalah besar akan muncul. Salah satunya yaitu bau tak sedap yang siap menghampiri. Nah, kini kamu tak perlu risau lagi untuk menanganinya. Kamu dapat menggunakan cuka sebagai salah satu bahan yang ampuh hilangkan bau.

Caranya mudah, cukup campurkan cuka putih dengan air putih menggunakan perbandingan yang sama. Kemudian, masukkan dua bahan tersebut kedalam botol spray. Lalu, kocok supaya bahan tercampur dan larutan air cuka siap digunakan. Semprotkan larutan ke dalam bagian sepatu dan diamkan selama beberapa jam atau semalam. Bau pun akan hilang dan sepatu kembali siap digunakan. 

Beri Taburan Garam

Ilustrasi garam. (Special)

Selain digunakan untuk melengkapi rasa hidangan, garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu, lho. Terutama, bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk mencuci sepatu. Bahan ini dengan mudah kamu temukan dan bisa dimanfaatkan.

Caranya cukup mudah. Buat dua kantung garam. Kemudian, masukkan ke dalam sepatu dan simpan di dalamnya selama satu malam. Garam diketahui dapat menyerap kelembaban dengan efektif.

Perpaduan Kopi dan Tisu

Ilustrasi bubuk kopi. (Special)

Ternyata, kopi tak hanya dinikmati manfaatnya melalui minuman. Bahan alami ini, juga terbilang cukup ampuh dalam menyelesaikan masalah bau tak sedap. Nah, untuk mencoba menggunakan nya, pastikan kondisi sepatu dalam keadaan kering. Kemudian, tuang beberapa bubuk kopi yang telah dibungkus tisu.

Lalu, masukkan bungkusan tersebut ke dalam sepatu. Bagi kamu yang tidak memiliki tisu, kamu dapat menggantinya dengan kain kecil atau kaus kaki yang sudah tak terpakai. Diamkan bungkus bubuk kopi tersebut semalaman untuk memberikan hasil yang maksimal dalam menghilangkan bau.

Gunakan Ampas Teh

Ilustrasi kantong teh. (Special)

Jika kamu sering mengonsumsi teh dan sering membuang ampas nya, kini kamu perlu coba ubah kebiasaan tersebut. Sebab, ampas teh memiliki khasiat yang efektif untuk menghilangkan bau pada sepatu.

Caranya sangat mudah, lho. Kamu cukup masukkan dua kantong teh ke dalam setiap sepatu. Kemudian, diamkan semalaman. Setelah itu, bau akan hilang dan sepatu kembali nyaman digunakan.

Itulah lima bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Selain mudah ditemukan, bahan ini juga sangat ramah lingkungan. Jadi, sepatu tetap bersih dan bebas bau. Kira-kira, bahan mana nih Ladies yang jadi andalan kamu?