Atasi Rambut Berminyak, Gunakan 5 Bahan Alami Ini sebagai Masker Rambut

Rabu, 4 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Atasi Rambut Berminyak, Gunakan 5 Bahan Alami Ini Sebagai Masker Rambut

Ilustrasi masker rambut. (Special)

Ladiestory.id - Rambut berminyak menjadi salah satu masalah rambut yang kerap dihadapi sebagian orang. Rupanya, untuk mengatasi dan merawat rambut berminyak, kamu tak perlu merogoh biaya yang besar.

Pasalnya, kamu bisa melakukan serangkaian perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah. Bahan-bahan alami tersebut lantas dibuat menjadi masker rambut untuk mengatasi masalah rambut berminyak dan mengembalikan kesehatan serta keindahan rambut. Nah, berikut lima bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai masker rambut untuk mengatasi rambut berminyak.

Santan Kelapa

Ilustrasi santan. (Special)

Selain digunakan sebagai bahan pelengkap makanan dan minuman, santan kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut berminyak, lho. Menggunakan masker alami dari santan kelapa dapat mengurangi tingkat produksi minyak pada kulit kepala dan membuat rambut sehat kembali. Tak hanya itu, santan kelapa juga mampu membuat tampilan rambut menjadi lebih kuat dan berkilau

Cara membuat masker rambut ini pun mudah. Cukup oleskan santan kelapa ke seluruh permukaan rambut, kemudian diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih.

Alpukat

Alpukat. (Special)

Tak hanya nikmat dikonsumsi, alpukat pun kerap dijadikan bahan perawatan kulit maupun rambut. Masker rambut dari alpukat baik digunakan untuk pemilik rambut berminyak. Selain dapat mengontrol minyak berlebih pada kulit kepala, masker alpukat diklaim membuat tampilan rambut tampak lebih hitam dan mencegah rambut kusam.

Cara menggunakan masker rambut alami ini yakni dengan menyediakansetengah potong alpukat, air lemon dan minyak zaitun. Campurkan seluruh bahan hingga merata kemudian haluskan hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan masker alpukat ke seluruh rambut dan diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air bersih.

Wortel

Ilustrasi wortel. (Special)

Kaya akan kandungan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata dan kulit, tentunya wortel juga bermanfaat sebagai masker rambut. Caranya, sediakan dua hingga tiga buah wortel kemudian parut hingga halus. Setelah itu, campurkan dua sendok minyak kelapa atau minyak zaitun aduk hingga merata.

Oleskan pasta tersebut ke permukaan rambut dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas kembali rambut dengan air bersih. Agar tampilan rambutmu lebih optimal, kamu bisa menggunakannya sebanyak satu kali dalam seminggu secara rutin.

Tomat

Ilustrasi tomat. (Special)

Selain dapat digunakan sebagai masker wajah alami, tomat juga dapat dimanfaatkan sebagai masker rambut untuk membantu mengatasi masalah rambut berminyak. Cara menggunakannya pun mudah, cukup sediakan dua buah tomat yang sudah dihaluskan dengan air. Kemudian, oleskan masker tomat ke permukaan rambut dan kulit kepala. Setelah itu diamkan masker tomat selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Khasiat lidah buaya memang sudah tidak diragukan lagi di dunia kecantikan, termasuk untuk merawat kesehatan rambut. Kamu bisa mengolah lidah buaya menjadi masker rambut untuk mengatasi rambut berminyak.

Kamu hanya perlu mencampur lidah buaya dengan lemon dan minyak zaitun. Adapun takarannya adalah sebagai berikut: 2 sdm gel lidah buaya, 2 sdt minyak zaitun, dan ½ sdt air perasan lemon.

Setelah tercampur merata hingga membentuk adonan pasta, aplikasikan masker lidah buaya ke seluruh permukaan rambut. Kemudian, tutup dengan shower cap dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, bilas dengan bersih.