5 Bahan Alami untuk Basmi Kutu Rambut hingga Telurnya

Kamis, 8 September 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Bahan Alami Untuk Basmi Kutu Rambut Hingga Telurnya

Ilustrasi anak gatal karena kutu. (Special)

Ladiestory.id - Akhir-akhir ini, netizen dihebohkan dengan video seorang anak SD yang memiliki banyak kutu di rambutnya. Video ini menuai banyak perhatian, pasalnya guru dari siswi tersebut dengan sukarela membersihkan kutu dari rambut bocah asal Solo itu.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menghilangkan kutu. Bahkan, ada beberapa bahan alami yang dianggap ampuh membasmi kutu hingga telurnya.

Apa saja itu?


1. Minyak Adas Manis

Minyak adas manis. (Special)

 
Minyak adas manis merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu secara permanen. Hal tersebut pun sudah dibuktikan dalam sebuah studi pada 2018.

Studi tersebut melibatkan sejumlah anak-anak yang memiliki kutu rambut. Kemudian, mereka menggunakan minyak adas manis sebagai pengobatan.

Terbukti, bahan alami ini secara efektif menghilangkan kutu rambut. Bahkan, anak-anak yang turut dalam subjek penelitian tersebut melaporkan tidak ada kutu yang muncul lagi dalam rambut mereka.



2. Kapur Barus dan Minyak Kelapa

Kapur Barus. (Special)

 


Perpaduan kapur barus dan minyak kelapa dapat dijadikan bahan alami untuk membasmi kutu daru rambut. Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sdm minyak kelapa dengan 1 sdm kapur barus yang sudah dihaluskan.

Kemudian, campurkan kedua bahan itu secara merata. Aplikasikan pada rambut hingga kulit dan diamkan selama semalaman. Barulah keesokan harinya rambut dibilas menggunakan air bersih.

Agar hasil maksimal dan kutu cepat hilang, Kamu bisa melakukan treatment tersebut selama tiga kali dalam satu minggu. Pasalnya, kapur barus memiliki kandungan antiparasit yang bisa membunuh kutu. Sementara, minyak kelapa berfungsi untuk memudahkan kita membersihkan kutu-kutu yang menempel pada rambut.



3. Bawang Putih

Cuka dan garam. (Special)

 
Selain digunakan untuk memasak dan bumbu dapur, bawang putih juga berfungsi untuk menghilangkan kutu pada rambut. Hal ini disebabkan kutu tidak menyukai bawang putih.

Sehingga, bawang putih disebut-sebut sebagai bahan alami yang ampuh membasmi kutu. Kamu hanya perlu menyediakan 10 siung bawang putih yang sudah dihaluskan.

Kemudian, dicampurkan dengan air lemon dan dioleskan ke kulit kepala. Lalu diamkan campuran bawang putih itu di kepala selama 30 menit. Barulah Kamu bisa membilasnya dengan air hangat.



4. Garam dan Cuka

Cuka dan garam. (Special)

 


Bumbu dapur selain bawang putih yang bisa digunakan untuk membasmi kutu adalah garam dan cuka. Diketahui, garam memiliki kandungan natrium klorida dan asam asetat. Kedua kandungan ini disebut ampun untuk membasmi kutu yang bersarang di kulit kepala.

Sementara, cuka sendiri memiliki peran untuk mengeringkan dan menghilangkan kelembaban rambut. Sehingga saat kedua bahan ini dicampurkan dan diaplikasikan ke kepala, dijamin ampuh membersihkan kutu hingga telurnya.

Kamu hanya perlu melarutkan garam di dalam air cuka.  Agar memudahkan saat diaplikasikan, lebih baik campuran tersebut dimasukan ke dalam botol semprot.


Sehingga Kamu tinggal menyemprotkan campuran garam dengan cuka dari kulit kepala hingga ujung rambut. Biarkanlah cairan tersebut menyerap hingga mengering di kepala selama dua jam.

Barulah bilas kepala dengan air hangat. Agar hasil maksimal, Kamu bisa mengulangi perawatan tersebut selama tiga kali dalam seminggu.



5. Soda Kue

Soda kue. (Special)

 
Bahan alami yang ampuh untuk mengusir kutu dari rambut adalah soda kue. Pasalnya, kandungan dalam soda kue ini dinilai dapat mematikan sistem pernapasan kutu.

Kamu pun bisa menggunakan soda kue yang dicampur dengan kondisioner rambut. Setelah tercampur, aplikasikan ke rambut secara merata.

Hal ini akan membuat rambut dalam kondisi yang licin. Barulah sisir rambut untuk menghilangkan kutu rambut. Jangan lupa siapkan sisir khusus untuk menyisir kutu tersebut.

Jika dirasa sudah bersih, Kamu bisa membilas rambut dengan sampo antikutu rambut supaya hasil lebih maksimal.