Ketahui Tentang Bahan Twill yang Awet dan Serba Guna

Kamis, 15 Februari 2024 | 07:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ketahui Tentang Bahan Twill Yang Awet Dan Serba Guna

Ilustrasi Bahan Twill. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Dalam membuat pakaian ada sangat banyak bahan yang bisa digunakan, salah satunya adalah twill. Bahan twill adalah salah satu jenis kain yang memiliki ciri pola tenun diagonal. Pola ini dibuat dengan menenun benang lusi dan benang pakan dengan cara tertentu, sehingga memberikan tekstur kain yang khas dan tahan lama.

Bahan twill adalah salah satu dari tiga jenis tenun tekstil utama selain tenunan polos dan satin, yang dapat ditenun dalam berbagai bahan, seperti katun, wol, sutra, dan lainnya.

Kain yang ditenun dengan pola keper telah ditemukan sejak ribuan tahun lalu. Sehingga, sulit untuk mengetahui dengan tepat asal dari jenis bahan ini.

Nama twill sendiri diadopsi dari kata Inggris Kuno “twili” dan kata latin “bilix”. Untuk itu, twill sering dikaitkan dengan budaya Inggris meskipun jenis kain ini telah ditenun di budaya lain lebih lama.

Ciri-Ciri Bahan Twill

Ilustrasi Bahan Twill. (Freepik.com)

Bahan twill memiliki beberapa ciri unik sehingga ideal untuk berbagai kegunaan. Ada pun ciri-ciri bahan twill adalah sebagai berikut.

  • Kuat: bahan twill dikenal karena kekuatan dan daya tahannya. Karena polanya yang diagonal, kain twill lebih tahan sobek dan aus dibandingkan kain lainnya.
  • Bertekstur: Tekstur diagonal yang khas dari bahan twill memberikan tampilan dan nuansa yang unik.
  • Fleksibel: Meski merupakan kain yang kuat, namun bahan twill fleksibel dan nyaman dipakai.
  • Bervariasi: Bahan twill dapat ditemukan dalam berbagai bahan, warna dan corak, sehingga ideal untuk berbagai kegunaan.

Keunggulan Bahan Twill

Ilustrasi Bahan Twill. (Freepik.com)

Selain ciri khas, bahan twill juga memiliki beberapa keunggulan yang haruus kamu ketahui sebelum digunakan untuk membuat pakaian, yang di antaranya adalah.

  • Tahan Lama: Kain yang tebal membuat bahan ini tahan lama dan ideal untuk dibuat berbagai produk pakaian.
  • Tidak Mudah Kusut: Jalinan benang yang rapat dan tebal membuat bahan twill tidak akan mudah kusut.
  • Mudah Menyerap Keringat: Bahan twill cocok untuk digunakan di negara tropis seperti Indonesia. Sebab, bahan ini mampu menyerap keringat dengan cepat.

Kegunaan Bahan Twill

Ilustrasi Bahan Twill. (Freepik.com)

Bahan twill tersusun dari banyak benang sehingga membuat bahan ini tidak mudah tembus cahaya, tebal, dan tahan lama. Hal itu juga membuat bahan twill bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Bahan twill cocok dibuat menjadi beragam pakaian mulai dari celana, kemeja, seragam, dan masih banyak lagi. Zaman dahulu kain twill digunakan untuk membuat jaket.

Selain pakaian, twill juga biasa dibuat sebagai sprei. Karena jenis kain ini dibuat dalam jumlah benang yang banyak dan dapat pula digunakan untuk membuat selimut tipis, taplak meja, gorden, dan handuk.

Cara Rawat Bahan Twill

Ilustrasi Bahan Twill. (Freepik.com)

Untuk menjaga bahan twill tetap dalam kondisi prima, penting untuk merawatnya dengan baik. Berikut beberapa tips untuk membantumu merawat bahan twill.

  • Cuci dengan mesin dengan air dingin: Bahan twill dapat dicuci dengan mesin, namun penting untuk menggunakan air dingin agar tidak pudar atau menyusut.
  • Kering di udara: Bahan twill cepat kering di udara terbuka, menjadikannya pilihan tepat untuk pakaian dan tekstil yang perlu cepat kering.
  • Jangan dikeringkan dengan mesin pengering: Hindari menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan bahan twill, karena panas dapat merusak kain dan mengurangi daya tahannya.
  • Setrika pada suhu rendah: Jika perlu menyetrika bahan twill, pastikan melakukannya pada suhu rendah untuk menghindari kerusakan pada kain.
  • Hindari bahan kimia keras: Bahan twill sangat tahan lama, namun dapat rusak oleh bahan kimia keras. Hindari pemutih dan produk pembersih yang bersifat abrasif.