Bahaya Kalau Kamu Lupa Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Jumat, 13 November 2020 | 10:37:57

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Bahaya Kalau Kamu Lupa Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas memang wajib banget kamu lakukan, terlebih saat menggunakan make up. Tapi sayangnya, tak jarang juga karena terlalu capek dan lelah kadang kamu malas membersihkannya dan lebih memilih langsung tidur saja. Padahal hal ini sangatlah tidak baik dan bisa berdampak buruk pada kulit kamu lho. Eits, jangan lakukan kebiasaan buruk tersebut ya. Bahaya tidak membersihkan makeup sebelum tidur memang tidak akan segera kamu rasakan. Malah make up yang dibawa tidur seperti hilang dengan sendirinya dan wajah terlihat bersih di pagi hari. Namun, bisa dipastikan kulit wajahmu akan merasakan dampak buruknya bila kamu sering melakukan kebiasaan ini.

Munculnya Infeksi Bakteri dan Jerawat

Tahukah kamu, foundation yang dibiarkan saja menempel pada wajah sepanjang malam akan bercampur dengan sel-sel kulit mati, kotoran, debu dan minyak wajah, sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Bila ini sering kamu lakukan, kulitmu akan mudah terkena infeksi bakteri dan menyebabkan timbulnya jerawat baru!

Munculnya Komedo

Pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh makeup juga bisa menimbulkan bintik-bintik hitam alias komedo. Bila sudah parah, sulit untuk menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori. Jadi, sebaiknya bersihkan wajah dengan menggunakan scrub sesekali untuk mencegah hal itu terjadi.

Mudah Mengalami Iritasi

Kebanyakan produk makeup memiliki kandungan kimia, mulai dari yang ringan sampai berat. Nah, kandungan bahan kimia ini lambat laun akan menyerap ke dalam kulit bila kamu tidak membersihkannya dengan baik. Bila terkena paparan udara, debu atau polusi, kulit yang sudah terkontaminasi bahan kimia akan mudah mengalami iritasi dan meradang.

Merusak Kesehatan Bibir

Bahaya tidak membersihkan make up sebelum tidur enggak hanya akan terasa pada kulit, tapi juga bibir kamu. Ya, tidur dengan lipstik masih menempel bisa menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan mengelupas. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam lipstik bisa mempercepat pigmentasi bibir alias menghitam. Jadi, setelah mengenakan lipstik yang highly pigmented seperti matte liquid lipstick, sebaiknya kamu melakukan scrub bibir setelah menghapus lipstik tersebut. Kemudian, aplikasikan lip balm sesaat sebelum tidur.

Infeksi Mata

Area mata juga akan terkena dampaknya bila kamu malas membersihkan make up sebelum tidur. Tidur dengan eyeshadow dan maskara masih menempel pada mata bisa berbahaya buat kesehatan mata kamu. Pasalnya, butiran-butiran make up tersebut dapat menyumbat lubang air mata, masuk ke dalam mata, dan menyebabkan infeksi. Enggak cuma itu, bulu mata kamu juga akan rontok akibat maskara dan lem bulu mata yang menempel terlalu lama.

Merusak Sel Kulit Wajah

Rusaknya sel kulit wajah juga adalah bahaya tidak membersihkan make up yang mengerikan. Pasalnya, kandungan bahan kimia pada make up bisa berdampak langsung ke jaringan dan sel kulit wajah. Dampak paling ringan yang mungkin terjadi adalah penuaan dini, sedangkan dampak yang paling parah adalah kanker kulit.

Menghambat Proses Regenerasi Kulit

Malam hari ketika kamu tertidur adalah waktu terbaik bagi kulit untuk memperbarui sel-selnya. Nah, make up yang tidak dibersihkan dan masih menempel pada wajah ini bisa merusak proses alami ini. Akibatnya, kulit jadi rentan mengalami kerusakan, apalagi bila kamu sering melakukan kebiasaan buruk ini.

Menggunakan make up boleh-boleh saja asalkan kamu rajin membersihkannya terlebih pada saat ingin tidur. Cukup luangkan waktumu setidaknya 15 menit sebelum tidur untuk mendapatkan wajah bersih tanpa riasan make up demi menyehatkan wajah kamu. Satu lagi, pastikan wajah kamu benar-benar bersih dari make up ya. Tentu kamu nggak mau kan wajah cantikmu jadi jelek hanya karena malas membersihkannya?

Sumber Foto Utama: Freepik.com