Baik Dikonsumsi, 7 Makanan Bantu Tingkatkan ASI

Selasa, 14 November 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Baik Dikonsumsi, 7 Makanan Bantu Tingkatkan Asi

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

Ladiestory.id - Bagi para ibu tentunya untuk memberikan ASI terbaik kepada sang buah hati menjadi prioritas utama yang patut diperjuangkan. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi harus diperhatikan untuk membantu meningkatkan kualitas dan produksi ASI. Bagi para ibu muda maupun ibu baru mungkin akan merasa bingung saat pertama kali belum bisa memberikan ASI yang produktif dan lancar kepada si kecil, namun ibu tak perlu khawatir berikut ini tujuh makanan yang dapat membantu meningkatkan ASI booster agar si kecil dapat menyusu lebih optimal.

Daun Kelor

Ilustrasi daun kelor. (Special)

 

Makanan pertama yang bisa membantu meningkatkan jumlah ASI ialah daun kelor, hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kandungan vitamin dan mineral serta dapat membantu meningkatkan kadar prolaktin didalam darah. Daun kelor pun sudah banyak dipercaya sebagai harta karun terbaik dalam memproduksi ASI bagi ibu menyusui, alhasil si kecil pun akan terpenuhi kebutuhan nutrisi maupun asupan gizinya.

Bayam

Bayam. (Special)

 

Mengonsumsi sayur bayam juga bisa menambah ASI booster karena terdapat kandungan zat besi, asam folat dan kalsium didalamnya. Selain itu, daun bayam juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari peradangan, maka dari itu bagi ibu menyusui mengonsumsi bayam tak hanya dapat memperlancar kualitas ASI namun juga dapat menyehatkan tubuh ibu menyusui.

Ikan Gabus

Ikan Gabus. (Fish Laboratory)

 

Mengonsumsi ikan gabus juga dapat membantu meningkatkan ASI booster, maka tak heran saat ini pun sudah banyak obat-obatan maupun pil yang menggunakan bahan dasar ikan gabus dalam meningkatkan produksi ASI. Rutin mengonsumsi ikan gabus selama masa menyusui juga dapat meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin yang dapat membuat jumlah ASI semakin meningkat.

Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal. (iStock)

 

Mengonsumsi gandum atau biji-bijian seperti oatmeal juga dapat membantu meningkatkan ASI booster. Anda juga bisa mengonsumsi oatmeal sebagai makanan pendamping saat menyusui, saat ini pun banyak susu pelancar ASI dengan kandungan oatmeal karena dipercaya ampuh dapat memperlancar ASI. Anda bisa membuat varian oatmeal dengan mencampurkan buah-buahan agar lebih nikmat saat disantap.

Almond

Kacang almond (Special)

 

Almond memiliki kandungan protein yang dapat menjadi sumber energi bagi ibu menyusui, selain itu almond juga memiliki kandungan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah sembelit. Kandungan lainnya seperti magnesium, vitamin E maupun kalsium juga dapat membantu menjaga kesehatan bagi ibu menyusui. Mengonsumsi susu almond maupun mengonsumsi almond secara langsung juga dapat memperlancar serta meningkatkan kualitas ASI.

Salmon

Ilustrasi Daging Ikan Salmon. (Special)

 

Salmon merupakan sumber EFA atau asam lemak esensial serta omega 3 yang sangat baik jika dikonsumsi ibu menyusui. Mengonsumsi ikan salmon sebagai makanan harian ibu menyusui juga sangat baik dalam meningkatkan ASI, tak hanya itu si kecil pun tentunya akan mendapatkan kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik bagi tumbuh kembangnya.

Ubi Jalar

Ilustrasi ubi jalar. (Special)

 

Ubi jalar juga memiliki kandungan karbohidrat sebagai sumber energi bagi tubuh, apalagi bagi ibu menyusui yang perlu ekstra memberikan nutrisi dan gizi bagi si buah hati. Selain mudah dan murah didapatkan, tentunya ubi jalar juga memiliki beragam kandungan yang baik bagi tubuh diantaranya mineral, vitamin C maupun B complex yang mampu meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

Sementara itu, mengonsumsi ubi jalar pun sangat bervariasi baik dengan cara direbus, digoreng, dipanggang ataupun dijadikan menu sajian kolak yang nikmat sekaligus menyehatkan.