Bangun Masjid di Uganda, Ivan Gunawan Beberkan Alasannya

Senin, 6 Februari 2023 | 11:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Bangun Masjid Di Uganda, Ivan Gunawan Beberkan Alasannya

Ivan Gunawan. (Special)

Ladiestory.id - Ivan Gunawan diketahui telah membangun masjid di Uganda dari hasil kerja kerasnya selama ini. Masjid tersebut diberi nama Masjid Indonesia. Melalui podcast di kanal YouTube Eko Patrio, desainer itu pun membeberkan alasannya membangun masjid di Uganda. Ia mengaku bahwa itu merupakan nazar atau janjinya kepada dirinya sendiri untuk membangun masjid.

“Jadi begini, saya kan pernah punya nazar ‘gue ingin punya masjid’, tapi dari kemarin prosesnya pas mau bikin masjid di Indonesia itu enggak ketemu titiknya,” kata Ivan Gunawan, dikutip Minggu (5/2/2023).

Ivan Gunawan di YouTube Eko Patrio. (youtube.com/EkoPatrioTV)

Berawal dari Instagram, Ivan Gunawan lalu menemukan sebuah unggahan dari sebuah lembaga amal sosial yang memberitakan soal kesulitan air bersih di Uganda. Melihat unggahan tersebut, Ivan Gunawan pun tertarik untuk membantu warga di Uganda.

Ia kemudian bertanya kepada lembaga amal tersebut mengenai anggaran pembangunan sumur air di sana. Ivan Gunawan pun memberikan sumbangannya untuk membangun sumur di Uganda. Setelah memberikan sumbangan untuk sumur, kemudian lembaga amal tersebut kembali mengunggah soal kondisi masjid yang ada di Uganda. 

“Di Uganda, mereka salat di bawah ranting-ranting. Enggak ada sajadah, jadi di atas tanah itu ditaruh daun-daun begitu. Saya tanya (ke lembaga amal itu), karena saya kan emang ingin bikin masjid,” jelas Ivan Gunawan.

“Saya tanya, ‘kalau mau bikin masjid, kurang lebih estimasi bujet berapa?’. Dan ya sudah, dia kasih angka, terus sudah begitu saya kirim (uang) di hari itu juga,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ivan Gunawan merasa bersyukur karena telah menemukan lembaga amal tersebut yang telah menyalurkan niat baiknya untuk membangun masjid.

“Masjidnya pun terjadi, dan saya kirim desain dari Indonesia, saya minta sahabat saya yang dekor rumah saya, sebuah desain masjid, jadinya saya pakai desain itu,” ungkap Ivan Gunawan.

Menurut pengakuan teman Ivan Gunawan, masjid yang dibangun oleh Ivan Gunawan adalah satu-satunya masjid yang bernuansa putih. 

"Menurut teman saya di Uganda, satu-satunya masjid yang warna putih itu ya punya saya. Karena di sana masjid warnanya oranye, shocking pink, hijau, kuning. Karena saya maunya masjid itu warna putih," ujar Ivan Gunawan.

"Jadinya saya kasih nama itu Masjid Indonesia," kata desainer tersebut.