Bank Indonesia Suguhkan Keindahan Pulau Kalimantan dan Sumatera dalam Ranah Fashion

Minggu, 29 Oktober 2023 | 09:23:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Bank Indonesia Suguhkan Keindahan Pulau Kalimantan Dan Sumatera Dalam Ranah Fashion

Irna La Perle SASIKA. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Ladiestory.id - Ajang pagelaran busana, Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2023 kini telah memasuki hari ke-3.

Didukung oleh Bank Indonesia, IN2MF 2023 mengusung tema ‘Sustainable Fashion, Sustainable Lifestyle’ dengan Wastra Nusantara yang dijadikan highlight utama.

Tidak hanya mendukung kelancaran ajang pagelaran busana Indonesia International Modest Fashion Festival 2023, Bank Indonesia juga berpartisipasi dengan mengikut sertakan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia dari berbagai provinsi dalam runaway, yang tentunya berkolaborasi dengan para desainer berbakat.

Salah satunya pada pagelaran hari ke-3, Bank Indonesia mengikut sertakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan, dan Provinsi Sumatera Selatan.

KPw Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan

Irna La Perle SASIKA. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan menjadi salah satu kantor perwakilan yang ikut serta dalam pagelaran Indonesia International Modest Fashion Festival 2023.

Dalam ajang kali ini KPw Provinsi Kalimantan Selatan berkolaborasi dengan jenama fashion Irna La Perle, juga menggandeng PT. OAI dan PT. Andalan.

Irna La Perle SASIKA. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Pada runaway, KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan dan Irna La Perle menampilkan busana yang terbuat dari wastra khas Kalimantan Selatan yang disebut dengan ‘Sasirangan’.

Pada busana yang ditampilkan, Irna Laperle memadu padankan warna earth tone yang didominasi dengan warna cokelat.

Irna La Perle SASIKA. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Irna La Perle menyulap kain sasirangan menjadi outfit yang modern, namun masih tetap sarat akan nilai tradisional yang terkandung.

Karya ini diberi nama ‘Irna La Perle SASIKA’ yang mempunyai arti fashion Kalimantan Selatan. Dengan adanya karya ini, desainer yang diketahui bernama Irna Mutiara berharap kain sasirangan dapat diterima oleh masyarakat luas, baik di dalam negeri maupun internasional.

KPw Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat

RIND TENUN by Iriena. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Selanjutnya, Bank Indoesia mengikut sertakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat dalam ajang IN2MF 2023.

Kali ini KPw BI Provinsi Kalimantan Barat berkolaborasi dengan jenama RIND TENUN by Iriena, yang menampilkan kain tenun ikat, yang berasal dari Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

RIND TENUN by Iriena. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Koleksi busana yang di aplikasikan dengan kain tenun sambas kali ini mengusung konsep chic style yang manis, yang menunjukkan perempuan muslimah dengan tampilan stylis tanpa mengurangi kaidah yang disyaratkan pada perempuan muslimah.

Koleksi ini dibuat dengan potongan H, dan A-line yang longgar dengan material linen yang dipadukan dengan tenun ikat cual.

RIND TENUN by Iriena. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Koleksi kali ini juga dirancang untuk merevolusi mode yang modern, yang memadukan gaya klasik serta fashionable untuk menghadirkan gaya dan kualitas.

KPw Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan

JAMILAHxPRAFITO by Tujuh Saudara. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Kantor perwakilan terakhir yang ikut serta dalam ajang IN2MF 2023 pada hari ketiga adalah KPw BI Provinsi Sumatera Selatan yang berkolaborasi dengan JAMILAHxPRAFITO by Tujuh Saudara.

Dalam fashion show IN2MF 2023 kali ini, JAMILAHxPRAFITO by Tujuh Saudara membawa tema: 'Berante' yang memadu padankan wastra khas Palembang, yakni songket Palembang dengan prada milenial.

JAMILAHxPRAFITO by Tujuh Saudara. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Busana yang dihasilkan mengadopsi konsep yang kontemporer, meski menggunakan motif songket yang sangat klasik.

JAMILAHxPRAFITO by Tujuh Saudara. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Sehingga, pada koleksi yang dipamerkan dalam fashion show IN2MF 2023 ini, JAMILAHxPRAFITO by Tujuh Saudara menghadirkan busana yang elegan dan timeless.