Begini Cara Potong Rambut Sendiri Ala Korea

Jumat, 28 Januari 2022 | 10:30:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Begini Cara Potong Rambut Sendiri Ala Korea

Park Shin Hye. (Special)

Ladiestory.id - Tidak dapat dipungkiri bahwa rambut ala Korea berhasil menarik perhatian banyak orang sekaligus menginspirasi. Sebab potongan rambut perempuan Korea dapat membuat tampilan wajah menjadi lebih fresh dan awet muda.

Namun mengingat pandemi masih ada di dunia terutama Indonesia, membuat banyak perempuan enggan untuk berpergian, terlebih harus ke salon dan bertemu beberapa orang.

Untuk menyiasati hal tersebut, Kamu dapat memotong rambut ala Korea secara mandiri di rumah. Berikut beberapa langkah yang perlu Kamu ikuti.

Cara Potong Rambut Sendiri ala Korea

Langkah 1 : Membasahi Rambut

Ilustrasi rambut basah. (Special)

Cara potong rambut sendiri ala Korea yang pertama adalah melakukan hal yang sama seperti potong rambut di salon. Yakni dengan membasahi rambut terlebih dahulu. Sebab kondisi rambut yang basah membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih simetris dan rapi.

Namun, trik membasahi rambut ini sebaiknya dilakukan lebih hati-hati terlebih untuk Anda yang punya rambut keriting. Rambut yang masih basah terlihat lebih panjang, sehingga menyulitkan Anda melihat model rambut yang sesungguhnya.

Langkah 2 : Membagi Rambut Menjadi Dua

Ilustrasi membagi rambut menjadi dua bagian. (Special)

Langkah selanjutnya, Kamu bisa mengikat rambut menjadi dua bagian dengan karet. Selain karet, Kamu juga bisa memanfaatkan jepit rambut besar untuk membagi rambut menjadi dua. Namun pastikan kedua sisi seimbang dan sama banyak dengan membelah rambut tepat di bagian tengah.

Kamu juga bisa membagi rambut menjadi lebih dari dua, kalau Kamu ingin tiap bagiannya tidak terlalu tebal untuk digunting.

Langkah 3 : Menandai Ujung Rambut

Ketika hendak memotong rambut sendiri, Kamu pasti melakukannya dengan menatap cermin. Oleh sebab itu, tandai bagian bawah rambut yang akan digunting dengan karet. Dalam hal ini, ikat rambut berperan sebagai penentu batas panjang rambut.

Kalau memang akan dipotong sebatas telinga, Kamu cukup menggunakan satu karet yang dipakai untuk membagi rambut menjadi dua. Namun, jika rambutmu panjang dan hanya akan trimming atau mengguntingnya menjadi medium, gunakan dua karet. Karet atas untuk membagi rambut dan karet bawah sebagai penanda. Sebisa mungkin, pilih ikat rambut warna-warni agar panjang rambut bisa terlihat jelas.

Langkah 4 : Menggunakan Gunting Tajam

Untuk dapat potong rambut perempuan secara mandiri harus menggunakan gunting yang tajam. Sebab gunting yang tidak tajam akan menghasilkan guntingan zig-zag yang tak rata. Maka, langkah selanjutnya, Kamu harus menggunting persis di bawah karet yang paling ujung. Pastikan posisi gunting cukup simetris agar hasil guntingan lebih rapi.

Langkah 5 : Rapikan Lagi dari Belakang ke Depan

Kamu harus melihat apakah potongan tersebut sudah rapi atau belum. Kamu bisa mengambil rambut bagian belakang tepat di tengkuk lalu satukan dan lihatlah potongannnya.

Jika belum rapi, Kamu bisa langsung mengguntik dan meratakan. Gunakan acuan ini untuk merapikan rambut di bagian samping menuju depan. Sebaiknya coba dulu menggunting rambut sendiri dengan panjang yang medium. Kalau ada kesalahan atau tidak rapi, masih bisa dirapikan secara bertahap, kan?

Langkah 6 : Cara potong rambut sendiri ala Korea dengan Layer

Nah jika kelima cara tersebut berhasil, Kamu bisa satu langkah lagi potong rambut ala Korea. Potong rambut dengan layer dengan mengikat seluruh rambut berbentuk ponytail persis di bagian depan rambut (depan poni). Lalu potong rambut dan pastikan panjang pendeknya sudah sesuai dengan keinginanmu.

Maka Kamu bisa buka ikatan dan kembali ikat rambut dalam bentuk ponytail, namun sisakan sebagian di area tengkuk agar tergerai. Gunting ujung rambut seperti step sebelumnya. Kembali naikkan ikatan ponytail, biarkan rambut bagian tengah tergerai. Kamu dapat melakukan ini berkali-kali secara bertingkat hingga bagian poni depan lalu potong ujung rambut kembali.