Beli Seharga Rp634 Triliun, Elon Musk Kini Resmi Jadi Pemilik Twitter

Selasa, 26 April 2022 | 18:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Beli Seharga Rp634 Triliun, Elon Musk Kini Resmi Jadi Pemilik Twitter

Elon Musk Beli Twitter. (Spesial)

Ladiestory.id - Kabar terbaru datang dari CEO Tesla, Elon Musk. Dirinya secara resmi menjadi pemilik Twitter usai dikabarkan membelinya seharga Rp634 Triliun pada Selasa (26/4/2022)

Setelah resmi menjadi milik Elon Musk, rencananya Twitter akan menjadi perusahaan privat. Para pemegang saham sebelumnya akan menerima sekitar Rp750 Ribu per saham Twitter yang mereka miliki. 

Hal tersebut sesuai dengan penawaran yang diajukan Musk dan merupakan 38 persen dari premi harga penutupan saham Twitter pada 1 April, hari perdagangan terakhir sebelum Musk mengungkap kepemilikan sahamnya di Twitter awal bulan lalu.

Seperti diketahui, Musk mengatakan bahwa Twitter memiliki potensi yang luar biasa. Dirinya berharap bisa bekerja sama dengan perusahaan barunya dan para pengguna Twitter.

Elon Musk Beli Twitter. (Spesial)

"Kebebasan berbicara adalah fondasi fungsi demokrasi, Twitter adalah pusat kota digital, di mana hal-hal penting bagi masa depan umat manusia, diperdebatkan di sini," tulis Musk di akun Twitter pribadinya @elonmusk pada Selasa (26/4/2022).

Sebelumnya, keinginan Elon Musk beli Twitter ini pertama kali diumumkan setelah dirinya memborong saham Twitter sebesar 2,89 Miliar dolar AS atau sekitar Rp41 Triliun pada awal April 2022.

Niatnya untuk membeli Twitter dibuktikan dengan pengajuan penawaran melalui Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Musk mengajukan penawaran harga per lembar saham 54,20 dolar AS atau setara dengan Rp750 Ribu.

Dilansir CNN, pengajuan inilah yang kemungkinan menjadi titik balik bagi Dewan Twitter untuk merestui niat Musk membeli perusahaan. Para petinggi Twitter pun dikabarkan bertemu dengan Musk pada Minggu (24/4/2022) untuk membicarakan akuisisi.

Diketahui, beberapa pemegang saham mayoritas Twitter, seperti Pangeran Arab Saudi Al Waleed bin Talal Al Saud, disebut sempat menentang rencana Musk untuk membeli Twitter. Namun, pada akhirnya Elon Musk resmi beli Twitter.