Berapa Lama Skincare Bekerja? Begini Penjelasannya!

Selasa, 5 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Berapa Lama Skincare Bekerja? Begini Penjelasannya!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Setiap produk perawatan kulit atau skincare bekerja dengan bervariasi. Tergantung dari permasalahan kulit yang akan diatasi, kandungan serta merk dari skincare tersebut. Namun rata-rata mereka mengklaim produk yang bekerja dengan cepat. Untuk lebih jelasnya simak di bawah ini.

Berapa Lama Skincare Bekerja?

Penasaran berapa lama sebetulnya skincare bekerja? Tergantung dari jenis skincarenya ya, Ladies. Biar tidak bingung, berikut penjelasan lama penggunaan skincare agar bekerja maksimal.

1. Produk Skincare untuk Anti Aging atau Penuaan Dini

Foto: cnnindonesia

Produk anti-aging saat ini menjadi incaran banyak orang, khususnya mereka yang sudah mulai memasuki usia 30 tahun ke atas. Lalu, berapa lama skincare anti-aging ini akan menunjukkan hasil pada kulit? 

Rata-rata, produk skincare yang fokus mengatasi  masalah penuaan kulit membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dengan produk skincare lainnya. Anda biasanya harus menunggu setidaknya 3 hingga 6 bulan agar hasilnya terlihat jelas di wajah Anda. 

Menurut Dr. Annie Chui, seorang dermatologis yang juga mendirikan The Derm Institute, hal ini karena produk penuaan kulit bekerja hingga ke lapisan terdalam untuk mengubah tekstur kulit. Serum peptida dalam produk anti-aging akan membantu tubuh memproduksi kolagen, dan proses tersebut membutuhkan waktu yang tidak instan.

2. Produk Skincare untuk Jerawat

Foto: cnnindonesia

Jika wajah Anda berjerawat dan menggunakan produk yang khusus untuk membasmi jerawat, sebaiknya bersabar. Biasanya, produk skincare anti jerawat akan bekerja 4 sampai 6 minggu.

Berapa lama waktu yang diperlukan skin care anti jerawat hingga menunjukkan hasil memang bervariasi, tergantung pada jenis jerawat serta kandungan dalam produk skincare tersebut.

3. Produk Skincare untuk Rosacea

Foto: mashmoshemindonesia

Rosacea adalah salah satu jenis penyakit kulit, yang memiliki bentuk yang bervariasi. Seperti dari benjolan, pustula (nanah), kemerahan, hingga peradangan, produk skin care yang ditujukan untuk masalah-masalah tersebut biasanya bekerja setelah 2-3 bulan pemakaian. 

Lain halnya lagi dengan pengobatan oral atau yang minum langsung yang menunjukkan hasil lebih cepat, yaitu sekitar 1 bulan.

Namun, baik pengobatan oral maupun penggunaan produk topikal untuk rosacea tentunya harus dilakukan berdasarkan anjuran dokter kulit Anda. Jadi, bila Anda bertanya berapa lama produk skin care yang diunakan akan menunjukkan hasil di kulit wajah, kuncinya adalah bersabar.

4. Produk Skincare untuk Mencerahkan Wajah dan Mengatasi Hiperpigmentasi

Foto: dewiku

Hiperpigmentasi adalah orang yang memiliki masalah pada warna kulit, seperti hiperpigmentasi, flek hitam, atau bekas jerawat, Anda perlu menunggu sekitar 2-3 bulan hingga produk pencerah kulit wajah Anda menunjukkan hasil. 

Menurut Dr. Jennifer Mac Gregor, seorang dermatologis dari Union Square Laser Dermatology, New York, mengatakan bahwa berapa lama skincare pencerah wajah menunjukkan hasil tergantung pada pemakaian tabir surya atau sunscreen. 

Jika Anda sering melewatkan sunscreen dalam rangkaian produk perawatan wajah, waktu yang diperlukan hingga produk pencerah wajah bekerja pun semakin lama

Nah, jadi itulah jawabannya bila Anda menanyakan berapa lama skincare bekerja. Selain itu, usahakan untuk tidak terlalu sering ganti produk perawatan wajah untuk memastikan apakah produk yang Anda benar-benar bekerja dengan baik atau tidak.