Berapa Lama Skincare Bekerja Dan Berpengaruh Pada Kulit? Ini Dia Penjelasannya

Kamis, 26 Agustus 2021 | 05:24:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Berapa Lama Skincare Bekerja Dan Berpengaruh Pada Kulit? Ini Dia Penjelasannya

Foto: Ladiestory.id

Skincare adalah salah satu cara dalam mengatasi beragam masalah pada kulit wajah layaknya penuaan dini, jerawat, dan kulit kusam. Kini produk skincare banyak sekali jenisnya baik dari skincare dengan bahan alami hingga skincare yang ditujukan sesuai dengan umur dari penggunanya.

Berbicara mengenai skin care, terdapat satu hal yang mesti diperhatikan, yakni waktu. Mencoba produk skincare memerlukan waktu, tetapi bagaimana panduan yang sesuai?

Kamu mesti mengetahui kapan tepatnya sebuah produk skin care benar-benar bekerja di kulit kamu.

“Perasaan udah ganti serum tapi kok belum ada perubahan, ya?”

Pertanyaan semacam di atas kerap kali keluar saat kita baru saja mengganti skincare. Memang, banyak orang yang tidak sabar menengok efek dari skincare yang digunakannya. Tetapi, guna melihat hasilnya, masing-masing produk skincare memerlukan waktu yang berbeda.

Pembersih (30 hari)

Foto: HelloSehat

 

Produk skin care pembersih dapat langsung kamu lihat hasilnya. Dalam manfaat jangka panjangnya, tergantung pada tujuan kamu.

Bila kulit kamu kering dan sensitif, maka gunakanlah produk skin care pembersih yang mempunyai tekstur lembut guna mengisi kembali penghalang kulit dan mentolerir produk lain yang tersisa. Bagaimana juga, efek jangka panjang dari pembersih dapat mempengaruhi kesehatan kulit secara menyeluruh.

Produk perawatan kulit berjerawat (2 hingga 6 minggu)

Foto: HelloSehat

 

Walau banyak produk perawatan kulit berjerawat menganggap dapat menghilangkan jerawat dalam waktu satu malam, ternyata produk ini tetap butuh waktu sekitar satu bulan lho!

Produk yang memiliki kandungan AHA dan BHA biasanya lebih cepat tampak hasilnya daripada dengan produk yang mengandung salicylic acid dan benzoyl peroxide. Namun guna membersihkan jerawat hingga benar-benar bersih dan memastikan jerawat tidak muncul kembali, tentu kamu mesti memakai skincare ini secara rajin sesuai anjuran.

Eksfoliasi

Foto: HelloSehat

 

Menghilangkan sel-sel kulit mati yang mengganggu di kulit wajah dapat dilakukan dengan pengelupasan. Eksfoliasi pun bisa meratakan warna kulit.

Meskipun terlihat instan, dampak dari eksfoliasi umumnya tampak dalam beberapa bulan. Efek dari eksfoliasi semestinya bersinergi dengan produk lainnya, sebab pengelupasan akan memungkinkan krim maupun produk skin care lainnya meresap lebih mudah ke dalam kulit.

Pencerah wajah (6 sampai 8 minggu)

Foto: Saveas Brand

 

Produk pencerah wajah berguna dalam mencegah kusam dan membuat kulit terlihat lebih glowing. Hasil yang diberikan produk jenis ini bergantung pada jenis kulit dan kandungan kimia pada produknya.

Bila keadaan pigmentasi kulitmu lebih gelap, umumnya produk jenis ini akan bekerja lebih lama dari waktu biasanya. Jadi, kamu mesti bersabar guna melihat hasil dari produk ini bekerja, ya!

Anti-aging (3 hingga 6 bulan)

Foto: KlikDokter

 

Anti-aging skincare adalah perawatan wajah yang paling lama tampak hasilnya. Produk ini umumnya berguna dalan menyamarkan garis halus pada wajah dan menjadikan kulit jadi lebih kencang. Tidak perlu menunggu usia tua, produk ini sudah perlu kamu pakai menjelang usia 30 tahun, lebih cepat pun lebih baik.

Disisi lain, produk ini semestinya tidak hanya dipakai saat kulit wajah lagi bermasalah saja, tetapi perlu digunakan terus-menerus supaya tampak hasilnya.

Guna mengetahui apakah produk skincare bekerja dengan efektif, sebaiknya kamu memotret dulu wajahmu sebelum dan setelah memakai produknya. Supaya lebih puas dan makin tampak efeknya, kamu dapat rajin meng-update perubahan wajahmu setiap satu minggu sekali, ya!

Itulah waktu dalam menentukan berapa lama skincare bekerja.

Berita Terkait