Berikut Daftar Musisi Indonesia Yang Membanggakan Dengan Karir Go International

Rabu, 11 Agustus 2021 | 01:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Berikut Daftar Musisi Indonesia Yang Membanggakan Dengan Karir Go International

foto:instagram/brianimanuel

Menjadi musisi hebat adalah impian banyak orang, namun ada beberapa orang yang menginginkan lebih dari sekadar musisi. Apalagi jika bukan musisi go International. Banyak dari musisi tanah air mengharumkan nama Indonesia dengan melebarkan sayapnya ke kancah internasional, siapa saja mereka? 

Daftar Musisi Indonesia yang Go International

1. Anggun C. Sasmi

anggun
foto:instagram/anggun_cipta

Anggun memulai karirnya sebagai penyanyi sejak tahun 1994. Album pertama dan menjadi awal perjalanan Anggun go International adalah ‘Snow on the Sahara’ pada tahun 1997. Selain itu, Anggun juga menyabet banyak penghargaan seperti, di Anugerah Planet Muzik (APM) untuk kategori International Breakthrough Artist, dinobatkan sebagai Chevalier des Arts et Lettres dari pemerintah Perancis, dan World’s Best Selling Indonesian Artist dari World Music Awards sebagai musisi Indonesia dengan penjualan album tertinggi di seluruh dunia.

2. Agnes Mo

agnes
foto:instagram/agnezmo

Berawal dari menjadi seorang aktris cilik, Agnes tumbuh menjadi pribadi yang mendapat kesempatan untuk menjadi musisi go International di Amerika. Beberapa musisi internasional yang pernah berduet dengan Agnes adalah Keith Martin, Timbaland, dan Chris Brown. Penghargaan yang didapat Agnes yaitu, Best Asian Artist Indonesia dari Mnet Asia Music Awards (MAMA) 2017. Selain itu, Damn I Love You adalah lagu Agnes yang dinobatkan sebagai No#1 di MTV TRL Amerika dan lagu Single Coke Bottle sebagai Song of Summer MTV Iggy di tahun 2014. Kabar terbaru, lagunya juga berhasil masuk nominasi penghargaan iHeartRadio Music Awards untuk kategori Social Star Award.

3. Rich Brian

rich
foto:instagram/brianimanuel

Rapper asal Indonesia ini cukup terkenal di Amerika Serikat. Tergabung dalam label 88rising di AS, Rich Brian berhasil masuk ke dalam jajaran Forbes 30 under 30 Asia 2018 untuk kategori Sports and Entertainment. Rapper muda ini berhasil go international dan sukses berkolaborasi dengan DJ dari Amerika, Diplo dan Pharrell William. Rich Brian sukses dalam tour pertamanya pada tahun 2017 dengan tema ‘Come to My Party Tour’ di Amerika.

4. Sandy Sandoro

sandy
foto:instagram/infobalinews

Jerman adalah negara tempat Sandy mengawali karirnya di. Berhasil menjuarai festival internasional  dari ‘Young Pop Singer’ di New Wave, Latvia pada tahun 2009, Namanya makin melambung tinggi di kancah Internasional. Sandy juga pernah tampil satu panggung dengan Toni Braxton dan Estefan dalam acara ‘Dianne Warren and Friends’ di Palladium Theatre Hollywood, Amerika Serikat.

5. Niki

niki
foto:instagram/nikizefanya

Selain Brian, Niki adalah musisi R&B Indonesia yang berhasil berada di bawah naungan label 88rising. Dengan nama asli Nicole Zefanya, wanita muda berusia 22 Tahun ini berhasil go International pada tahun 2017. Selain itu, belum lama ini Niki baru saja merilis EP-nya yang berjudul ‘wanna take this downtown?’

6. Dira Sugandi

dira
foto:instagram/dirasugandi

Musisi jazz Dira Sugandi sangat populer di Indonesia dan di Eropa. Ia pernah berduet dengan musisi internasioanal Jason Mraz dan Keith Martin. Dira merupakah musisi asal Bandung yang lahir pada 29 Juli 1979. Dira rutin mengisi festival musik jazz di Jakarta dan pernah diajak tur keliling Indonesia oleh grup musik jazz asal Inggris.

7. Joey Alexander

joey
foto:instagram/joeyalexandermusic

Pianis jazz ini telah go International sejak berusia14 tahun. Ia meraih prestasinya di Grand Prix di Master-Jam Festival pada tahun 2013, perform di acara berkelas Internasional yakni Montreal, dan Newport Jazz Festival pada tahun 2015. Joey juga menjadi musisi Indonesia pertama yang lagunya masuk ke chart Billboard 200. Hingga prestasi yang gak akan terlupakan ialah saat Joey mendapatkan nominasi di ajang Grammy Awards untuk kategori Best Instrumental Jazz Album (My Favorite Things) dan Best Jazz Solo Improvisation (Giant Steps) di tahun 2016 serta Best Improved Jazz Solo (Countdown) di tahun 2017.

8. Stephanie Poetri

stephanie
foto:instagram/stephaniepoetri

Berkat lagunya yang berjudul I Love You 300, Stephanie menjadi terkenal di mancanegara pada tahun 2019 yang terinspirasi dari film Avengers: Endgame. Dalam waktu singkat kurang dari satu bulan, lagu “I Love You 3000” ini telah diputar lebih dari 30 juta kali dan menduduki peringkat teratas di 50 Global Viral Spotify. Hal ini membuat dirinya dinaungi perusahaan rekaman Amerika, 88rising. Stephanie juga mendapatkan penghargaan Mnet Asian Music Awards pada tahun 2019 dengan kategori Best New Artist Indonesia.

9. Dita Karang

dita
foto:instagram/dita.karang

Wanita asal dengan nama asli Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang atau yang akrab dengan nama Dita Karang dikenal karena go International dengan menjadi anggota dari girlband asal Korea Selatan, Secret Number. Hal ini menjadikannya perempuan Indonesia pertama yang memulai debutnya sebagai idola di industri K-Pop. Sekarang ini Dita menempati posisi sebagai penari utama dan vokalis dalam grup tersebut

10. The S.I.G.I.T

the sigit
foto:instagram/thesigit_

Awal 2000-an, grub band asal Bandung The S.I.G.I.T pernah menggelar tur internasional dari Australia sampai Selandia Baru tepat setelah album pertamanya rilis dengan judul Visible Idea of Perfection. Selain itu, di tahun 2009 The S.I.G.I.T juga pernah perform di event SXSW di Amerika Serikat, Macau, Singapura, dan Hong Kong. The S.I.G.I.T juga pernah tampil di San Fransisco dan berkolaborasi dengan Lords of Altamont, band asal Los Angeles.

11. Mocca

mocca
foto:instagram/moccaoficial

Nama Mocca makin terkenal setelah menggelar konser di Singapura pada tahun 2005. Meski merupakah band Indie, hal ini tidak menjadi penghalang Moca melebarkan sayap di pasar Internasional. Negara yang menjadi pagelaran tur Moca antara lain, Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang. Mocca juga pernah diundang di sebuah acara TV Live di Korea Selatan dan menjadikan Mocca semakin terkenal.

12. White Shoes and the couples Company

white
foto:instagram/wsatcc

Band ini mengusung tema musik retro ala tahun 70-an ini berhasil menjalin kerjasama dengan Minty Fresh Record, label musik di Chicago, Amerika Serikat dan merilis album yang didistribusikan ke berbagai Negara seperti Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, Australia dan Jepang. Pada tahun 2008, WSATCC mendapat panggung di Amerika Serikat dalam event CMJ Music Marathon dan SXSW Music Festival. Dari situ, WSATCC mengadakan tur Eropa di Negara Perancis dan Belanda pada tahun 2012.

13. Weird Genius

weird
foto:instagram/weird.genius

Lagu viral Sweet Scars dan Lathi garapan Weird Jenius pecah ke kancah Internasional. Setelah berduet dengan Yellow Claw, Weird Genius kini menjadi incaran duet musisi internasional. Grup musik yang dibuat pada 2016 ini menciptakan musik EDM dan Synth-pop Indonesia dengan beranggotakan Reza Oktavian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu.

Berikut penghargaan yang diperoleh Weird Jenius, yaitu Paranoia Awards pada tahun 2019 dengan kategori Group DJ of the Year, dan Anugerah Musik Indonesia pada tahun 2020 dengan 3 kategori, yaitu Artis Grup Terbaik, Tim Produksi Suara Terbaik, dan Karya Produksi Terbaik.