Biar Lebih Nyaman, Ini 5 Tips untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif di Rumah

Kamis, 21 November 2019 | 17:05:25

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Biar Lebih Nyaman, Ini 5 Tips Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Kondusif Di Rumah

Jika kamu memutuskan untuk bekerja dari rumah, kamu tentu membutuh ruang kerja yang kondusif di rumah agar kamu menjadi lebih produktif. Apakah kamu seorang freelance kreatif, asisten virtual, atau kamu adalah seorang bos, memiliki lingkungan kerja di rumah yang kondusif adalah hal yang sangat penting untuk membuatmu menyelesaikan pekerjaan lebih efisien. Lagipula mencampur antara ruang kerja dan ruang santai di rumah bisa berbahaya, membuatmu lebih mudah cepat ke-distract dengan lingkunganmu. Kalau kamu sudah memilih untuk bekerja di rumah, kamu perlu tahu nih cara menciptakan lingkungan kerja yang kondusif di rumahmu dan di bawah ini kamu bisa lihat 5 tipsnya!

1. Miliki pencahayaan yang bagus

Pencahayaan yang bagus
sumber: Pinterest.com

Ruang besar dan terbuka sangat ideal untuk memberikan pencahayaan terang dan udara yang segar, keduanya sangat penting untuk kondusivitas. Sayangnya, jika hal tersebut tidak memungkinkan, cobalah memilih jendela besar di mana kamu dapat mengatur tempat mejamu. Penting bagimu untuk mendapatkan pencahayaan alami. Jika lingkungan kerjamu tidak memiliki ruangan yang cukup cahaya alami, pastikan kamu memasang perlengkapan pencahayaan yang baik dan benar-benar akan mencerahkan tempat kerjamu. Pencahayaan yang buruk juga bisa memperburuk penglihatanmu, Ladies. 

2. Buatlah pemisahaan antara pekerjaan dan kehidupan pribadimu

pemisahan antara tempat kerja dan rumah
sumber: northwesternmutual.com

Meskipun ruang kerjamu hanya berjarak beberapa langkah dari kamar tidurmu dan dapur, pastikan ada perbedaan yang jelas antara area kerjamu dan bagian lain dari rumahmu. Ini akan mengurangi kemungkinanmu lebih sering beristirahat padahal pekerjaanmu belum selsai. Kamu juga harus mengenakan pakaian yang terlihat seperti karyawan daripada hanya mengenakan piyama tidurmu karena itu tentu akan membuatmu lebih semangat kerja. Ruang khusus juga sangat penting, jadi kamu harus memisahkan antara meja dan kursi kerjamu sendiri, agar kamu hanya menggunakan ini saat kamu sedang bekerja saja. 

3. Organisasi adalah kuncinya

organisasi adalah kunci
sumber: ulc.org

Hal terburuk yang dapat terjadi ketika kamu berada di zona itu adalah ketika kamu benar-benar tergangggu dan hilang oleh kekacauan di mejamu. Tidak masalah jika kamu suka menyimpan pernak-pernik, atau kamu lebih suka pendekatan minimalis untuk beberapa hal, memiliki ruangan yang terorganisasi memastikan bahwa barangmu disimpan dalam urutan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mencari-cari di tumpukan kertas hanya untuk menemukan file itu lagi! Jika sistem organisasimu saat ini belum terbukti efektif, coba gunakan sistem modular untuk menjaga semuanya tetap terorganisasi!

4. Sediakan area yang nyaman untuk bersantai

sediakan area untuk bersantai
sumber: hbagno.org

Untuk mencegah kejenuhan, jangan lupa untuk bersantai. Keseimbangan harus kamu terapkan dalam bekerja di rumah. Terlalu santai, mungkin akan sulit untuk kamu fokus dalam bekerja. Jika terlalu membosankan juga tentu produktivitas kerjamu akan terganggu. Contohnya, kamu bisa gunakan keyboard elektronik yang bisa kamu mainkan, atau buku yang dapat kamu baca ketika kamu sedang ingin bersantai karena jenuh bekerja. 

5. Percantik sekitarmu

percantik sekitarmu
sumber: inspiringwomen.co.za

Jangan lupa untuk memberikan kesan bahwa ini adalah ruang kerjamu. Baik itu tanaman favoritmu atau pigura indah milikmu, ruang kerjamu adalah milikmu sendiri, dan itu harus menggambarkan dirimu. Tentunya, pastikan barang-barang itu tidak mengganggumu sepenuhnya, tetapi memiliki hal-hal yang membuatmu tetap fokus adalah penting. Bahkan jika kamu tidak terlalu suka mendekorasi ruanganmu, pastikan hal-hal kecil seperti cahaya, tekstur, dan aroma cocok untukmu. 

Lingkungan kerja yang nyaman tentu akan membuatmu jadi lebih produktif bekerja, oleh karena itu penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman di rumah.