Biarkan Anak Rasakan Kegagalan Adalah Keputusan yang Tepat, Ini Penjelasannya

Selasa, 9 Januari 2024 | 17:08:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Biarkan Anak Rasakan Kegagalan Adalah Keputusan Yang Tepat, Ini Penjelasannya

Ilustrasi ibu dan anak. (Pexels.com/Adrea Piacquadio)

Ladiestory.id - Sebagai orang tua tentu akan berusaha sekeras mungkin agar buah hatinya tidak mengalami atau menghadapi kegagalan. Kebanyakan orang tua menjadi sangat protektif menjaga anak-anaknya agar terhindar dari kegagalan.

Bahkan para orang tua akan dengan cepat menyelamatkan anak-anaknya saat berada dalam masalah dan tengah dalam situasi yang sulit. Namun, rupanya keputusan itu sangat salah.

Seperti pepatah yang sering didengar, ‘kegagalan adalah guru terbaik’, lebih dari kesuksesan, kegagalan akan mengajarkan banyak hal kepada setiap orang. Hal itu yang harus menjadi perhatian para orang tua agar seharusnya membiarkan anak-anak merasakan kegagalan walaupun hanya sekali.

Orang tua harus mengerti bahwa kegagalan akan membantu anak-anaknya belajar banyak hal. Dilansir dari Times of India, ada beberapa alasan orang tua harus membiarkan anak-anaknya merasakan kegagalan.

Belajar Tanggung Jawab

Ilustrasi ibu dan anak. (Pexels.com/Yan Krukau)

Adanya kegagalan akan mengajarkan anak-anak rasa tanggung jawab. Sebagai contoh dalam pelajaran, jika sang anak gagal mencapai nilai rata-rata, maka mereka akan berpikir bagaimana cara untuk mendapatkan nilai yang sempurna.

Hal itu adalah cara mereka bertanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahannya hingga berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan.

Hadapi Rasa Takut dan Kegagalan

 

Ilustrasi ibu dan anak. (Pexels.com/cottonbro studio)

Setiap orang tentu memiliki rasa takut menghadapi kegagalan, tidak hanya pada anak-anak, orang dewasa pun sering. Namun, hal ini harus dilatih dan dibiasakan.

Menghadapi kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, justru sebagai orang tua harus menanamkan keyakinan bahwa semua hal bisa diperbaiki dan dimulai kembali dari awal jika ada niat dan tekad dari diri sendiri.

Tumbuhkan Rasa Empati

Ilustrasi ibu dan anak. (Pexels.com/Josh Willink)

Kegagalan juga bisa mengajarkan empati kepada anak. Tantangan dan permasalahan dalam hidup dapat membuat seorang anak mengalami berbagai macam emosi dan setiap kali mereka melihat orang lain mengalami kesulitan, mereka mampu memahami situasinya dengan baik.