Biodata dan Profil Member Super Junior (SUJU), Boyband Legendaris Korea

Kamis, 1 Juli 2021 | 17:46:56

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Biodata Dan Profil Member Super Junior (Suju), Boyband Legendaris Korea

Foto: Instagram.com/superjunior

Jauh sebelum nama boy group besar seperti EXO dan BTS menggaung di industri hiburan Kpop, ada nama Super Junior alias SUJU yang populer di sekitar tahun 2010-an. Grup besutan SM Entertainment ini debut pada 6 November 2005.

Pada awal debutnya, Super Junior memiliki 12 anggota yakni Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, dan Kibum. Lalu di tahun 2006, Kyuhyun bergabung sebagai anggota termuda.

Super Junior kerap disebut sebagai Raja Gelombang Hallyu. Bukan tanpa sebab, SUJU termasuk salah satu boyband legendaris yang sukses mengenalkan budaya Kpop hingga taraf internasional. Boy group yang masih tetap aktif di panggung hiburan ini kini tersisa 10 member.

Buat kamu yang penasaran dengan anggota boy group Super Junior yang masih aktif, wajib untuk scroll ke bawah. Berikut ini biodata, profil, dan nama-nama member Super Junior.

1. Leeteuk

Foto: Instagram.com/superjunior

Leeteuk adalah leader Super Junior yang memiliki nama asli Park Jung Soo.Pria kelahiran 1 Juli 1983 ini menempati posisi sebagai vokalis dan rap. Ia pun tergabung dalam sub unit Super Junior Happy dan Super Junior-T.

Leeteuk menjadi trainee sejak usianya masih 13 tahun. Terlepas dari karier bersama Super Junior, karier Leeteuk di industri hiburan pun cukup moncer. Terbukti dari banyaknya tawaran job yang ia terima. Ia pun sempat bintangi variety show bertajuk We Got Married dan dipasangkan dengan Kang Sora.

2. Heechul

Foto: Instagram.com/superjunior

Heechul memiliki nama lengkap Kim Hee Chul. Pria kelahiran 10 Juli 1983 ini mendapat berbagai julukan, seperti Heenim, Milky Skin, hingga Cinderella. Di grup Super Junior, Heechul menempati posisi sebagai rap dan vokal.

Sayang, akibat kecelakaan yang pernah menimpanya, Heechul tidak dapat sering beraktivitas di atas panggung bersama member SUJU yang lain. Namun, Heechul masih aktif di industri hiburan Korea. Ia kerap kali tampil diberbagai acara.

Heechul memiliki kepribadian yang mudah dekat dengan banyak orang, terbukti ia memiliki banyak kawan dari tokoh selebritas. Ia pun hafal berbagai koreografi para girl group.

3. Yesung

Foto: Instagram.com/superjunior

Yesung merupakan nama panggung dari Kim Jong Hoon. Pria yang lahir pada 24 Agustus 1984 tersebut merupakan vokalis utama Super Junior. Ia pun tergabung dalam sub unit Super Junior K.R.Y dan Super Junior-H. Terlepas dari kariernya bersama Super Junior, Yesung kerap tampil dalam berbagai drama, film, musikal, hingga host radio.

4. Shindong

Foto: Instagram.com/superjunior

Shin Dong Hee atau lebih dikenal dengan nama panggung Shindong merupakan lead rapper dan lead dancer Super Junior. Pria kelahiran 28 September 1985 ini tergabung dalam sub unit Super Junior-H dan Super Junior-T. Selain itu, ia pun aktif menjadi mc dan host radio.

5. Sungmin

Sungmin atau Lee Sungmin merupakan lead vokal dan lead dancer di SUJU. Lahir pada 1 Januari 1986, Seungmin tergabung dalam sub unit Super Junior T, Super Junior H, dan Super Junior M. Ia hiatuss dari SUJU sejak tahun 2015 silam.

6. Eunhyuk

Foto: Instagram.com/superjunior

Member Super Junior yang selanjutnya ialah Eunhyuk. Pria bernama lengkap Lee Hyuk Jae tersebut lahir pada 4 April 1986. Ia menempati posisi sebagai main rapper, main dancer, dan vokalis. Ia bergabung dengan sub grup Super Junior M, Super Junior T dan D&E.

7. Siwon

Foto: Instagram.com/superjunior

Siwon atau Choi Siwon mungkin menjadi salah satu anggota Super Junior yang populer. Bagaimana tidak, pria kelahiran 7 April 1986 ini didapuk menjadi “face of the group”. Ia pun kerap wara-wiri bintangi drama dan film, bahkan muncul dalam salah satu iklan mi instan di Indonesia.

8. Donghae

Foto: Instagram.com/superjunior

Lee Donghae merupakan anggota Super Junior yang menempati posisi sebagai lead vocal, lead dance, dan rap. Pria asal Jeolla ini lahir pada 15 Oktober 1986. Ia pun berjuang sebagai trainee selama 4 tahun sebelum debut bersama SUJU. Karier bermusiknya bersama SUJU dan sub unit tergolong sukses.

9. Ryeowook

Foto: Instagram.com/superjunior

Kim Ryeo Wook atau Ryeowook menjadi anggota termuda kedua di Super Junior. Pria asal Incheon kelahiran 21 Juni 1987 ini menempati posisi sebagai main vocal. Selain tergabung bersama SUJU dan sub unit, Ryeowook pun memulai solo karier sejak tahun 2016 lalu.

10. Kyuhyun

Foto: Instagram.com/superjunior

Cho Kyu Hyun atau lebih dikenal dengan nama panggung Kyuhyun merupakan main vocal sekaligus anggota termuda di SUJU. Ia bergabung dengan boy group tersebut pada tahun 2006. Kariernya di industri hiburan tak kalah moncer dari anggota SUJU yang lain.

Ia kerap didapuk untuk mengisi soundtrack drama, berakting di panggung musikal maupun drama, juga dipilih untuk menjadi host dalam berbagai acara. Ia memulai debutnya sebagai solois sejak tahun 2014 lalu.

Demikian ulasan tentang biodata dan nama-nama member Super Junior. Yang mana biasmu?