Olahraga Favorit Putri Marino, Ini 5 Manfaat Zumba

Jumat, 7 Januari 2022 | 05:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Olahraga Favorit Putri Marino, Ini 5 Manfaat Zumba

Putri Marino sedang melakukan zumba. (Special)

Ladiestory.id - Aktris Putri Marino yang tengah naik daun berkat aktingnya dalam serial Layangan Putus membeberkan hobinya berolahraga zumba. Pemeran Kinan ini mengakui zumba memberikan banyak manfaat bagi tubuhnya, salah satunya dapat membuat bahagia. 

Manfaat Olahraga Zumba

Zumba sendiri adalah jenis olahraga senam aerobik berbasis tarian yang diiringi musik latin dan internasional dengan interval lagu cepat dan pelan.  Olahraga ini dapat melatih kesehatan jantung serta otot besar di  bagian tubuh. Saat ini zumba banyak diminati masyarakat, tak terkecuali dengan aktris Putri Marino yang menjadikannya sebagai olahraga favorit, karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti:

1. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi perempuan sedang mengukur pinggang. (Special)

Salah satu manfaat dari Zumba adalah menurunkan berat badan. Dengan melakukan olahraga ini selama lima puluh  menit hingga satu jam  akan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Keringat yang bercucuran karena berolahraga akan membuat tubuh terasa panas, hal ini menandakan tubuh tengah membakar lemak. 

Pembakaran lemak yang maksimal akibat dari gerakan Zumba yang diajarkan instruktur akan membuat bagian tubuh tertentu pada orang gemuk jadi mengecil seperti paha, lengan, perut dan bokong. 

2. Menghilangkan Stres

Ilustrasi perempuan sedang bahagia. (Special)

Selama melakukan olahraga Zumba, tubuh Kamu akan memproduksi hormon endorfin, yaitu hormon yang bisa membuat bahagia, sehingga Kamu bisa terhindar dari stres. 

Hormon ini juga mampu memberikan energi positif dalam tubuh hingga mendukung kesehatan mental yang stabil. Karena itu tak jarang studio olahraga mengadakan acara Zumba party, yakni sebuah kelas Zumba yang dikemas dengan meriah seperti pesta. 

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

)

Ilustrasi perempuan sedang tidur. (Special)

Bukan hanya menghilangkan stres, zumba juga dapat membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Zumba yang rutin dilakukan akan mampu melepas rasa lelah setelah aktivitas seharian,  sehingga akan membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Hal ini karena saat melakukan Zumba, otot-otot penyangga tubuh dilatih secara intens sehingga dapat memberikan efek rileks setelah berolahraga. Oleh sebab itu, hindari melakukan Zumba sebelum waktu tidur. Waktu yang baik untuk melakukan zumba adakah pada pagi atau sore hari, dan dua jam sebelum tidur malam. 

4. Menjaga Kelenturan Tubuh

Ilustrasi senam zumba. (Special)

Manfaat lainnya dari olahraga favorit Putri Marino ini ialah menjadikan tubuh lebih lentur. Bukan berarti lentur seperti  pemain sirkus ya, melainkan otot jadi lebih rileks serta anggota tubuh yang mudah digerakkan tanpa ada keluhan karena rasa sakit yang mengganggu. 

Dengan memiliki tubuh yang lentur, tubuh pun akan  terhindar dari resiko cedera saat beraktivitas. Seperti contohnya bila kita terlalu lama duduk, biasanya punggung akan terasa pegal. Tapi dengan rutin melakukan zumba hal ini tak akan sampai  terjadi. Karena zumba menggerakan tubuh dengan menggunakan otot tulang belakang atau punggung.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi perempuan dengan imun kuat. (Special)

 Kekebalan tubuh berfungsi menangkal radikal bebas, yang bisa menyerang tubuh serta menimbulkan berbagai macam penyakit. Manfaat zumba yang satu ini bisa didapatkan saat olahraga tengah berlangsung. 

Saat melakukan zumba tubuh pasti akan mengeluarkan keringat banyak yang menandakan pengeluaran  racun dalam tubuh. Dengan begitu sirkulasi darah pun akan baik dan mampu meningkatkan sirkulasi antibodi serta sel darah putih dalam memerangi infeksi dalam tubuh.