Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Nangka? Ini Jawabannya

Jumat, 28 Januari 2022 | 10:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Nangka? Ini Jawabannya

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki keturunan merupakan impian bagi semua orang, terlebih bagi pasangan yang baru saja menikah. Berbagai cara kerap kali dilakukan oleh sepasang suami istri untuk melakukan program kehamilan. Setelah mengandung pun para calon orang tua, khususnya seorang ibu, akan lebih menjaga janin di dalam perutnya.

Pada ibu hamil, ada beberapa pantangan dan anjurang yang seringkali hanya mitos. Salah satunya adalah konsumsi nangka oleh ibu hamil. Pasalnya kabar yang beredar ibu hamil tidak boleh mengonsumsi nangka, benarkah?

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Nangka?

Mungkin hal ini menjadi pertanyaan besar bagi sebagian ibu hamil. Sebab terdapat mitos yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa makan nangka dapat menyebabkan keguguran. Tapi hingga saat ini belum ditemukan zat dalam buah nangka yang dapat membahayakan kehamilan dan janin.

Bahkan sebuah studi pada Journal of Pharmaceutical Sciences and Research membuktikan bahwa biji nangka tidak mengandung racun, sebab beberapa orang ada yang mengonsumsinya sebagai hidangan masakan.

Justru sebaliknya buah nangka mengandung banyak macam nutrisi. Seperti yang dilansir dari Food Revolution, buah nangka kaya akan vitamin B16 dan nutrisi lainnya seperti kalium. Bahkan nangka memiki antioksidan dimana daging buah tersebut dapat dicerna dengan mudah.

Apakah Manfaat Nangka untuk Ibu hamil ?

1. Memberi Energi

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

 Ibu hamil  memerlukan energi dua kali lipat lebih banyak dibanding biasanya. Oleh sebab itu, ibu hamil  boleh makan nangka karena memiliki kalori yang cukup tinggi.  Dengan mengonsumsi nangka untuk ibu hamil , Anda akan selalu sehat dan berenergi.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tak jarang ibu hamil  mengalami kenaikan tekanan darah pada hamil. Hal ini perlu menjadi perhatian sebab dapat menyebabkan komplikasi kehamilan yang dapat membahayakan nyawa. Sedangkan buah nangka yang kaya akan kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Menjaga Kesehatan Tulang Janin dan Sang Ibu

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

 

Seperti yang dituliskan pada poin sebelumnya bahwa buah nangka memiliki kalsium dan magnesium yang banyak. Untuk menjaga kesehatan tulang, tidak hanya didapat dari susu saja. Namun juga buah-buahan seperti nangka. Makanya, ibu hamil  boleh makan nangka sebab dapat membantu perkembangan tulang janin dan mencegah ibu dari osteoporosis.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketika hamil, sang ibu akan rentan sakit sebab mengalami penurunan daya tahan tubuh. Menurut penelitian dari College of Agricultural Engineering and Technology, India, buah nangka memiliki kandungan vitamin A, B, dan C. Sehingga membuat ibu hamil  boleh makan nangka sebab sangat efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Mencegah Anemia

Ilustrasi ibu hamil mengalami anemia. (Special)

 

Ibu hamil  boleh makan nangka untuk mencegah anemia. Hal ini disebabkan buah nangka mengandung folat dan zat besi yang membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Tak hanya itu, namun dengan ibu hamil  boleh makan nangka maka hemoglobin darah juga dapat membantu perkembangan janin.

Mengetahui fakta-fakta tersebut, ibu hamil  boleh makan nangka namun tidak dikonsumsi secara berlebihan. Sebab ada beberapa risiko saat ibu hamil mengonsumsi nangka, di antaranya dapat menyebabkan alergi, gangguan pencernaan, pengentalan darah, meningkatkan kadar gula darah.