Bonding Investasi Awal sebagai Orang Tua

Selasa, 8 Oktober 2019 | 10:09:27

Kd Mumpuni

Penulis : Kd Mumpuni

Bonding Investasi Awal Sebagai Orang Tua

Menjadi ?Orang Tua bukan suatu hal mudah semua orang bisa menjadi Orang Tua tetapi tidak semua Orang Tua bisa membangun kedekatan secara fisik dan emosional dengan anak.Saat Orang Tua lelah dengan tuntunan rutinitas dari pagi hingga malam terkadang kita sebagai Orang Tua lupa pentingnya Bonding atau berpelukan dengan anak. Kenapa proses Bonding sangat di perlukan untuk Orang Tua dan Anak ? Hal ini disebabkan oleh ikatan batin atau emosional yang terjalin antara Orang Tua dan anak saat melakukan bonding ketika itu batin anak merasa aman,nyaman dan dicintai oleh orang tuannya.

Menurut Chitra Annisya, M.Psi, Psikolog Anak dari Tiga Generasi pentingnya bonding untuk anak dapat mempengaruhi cara beradaptasi di lingkungannya. ?Manfaat bonding banyak sekali, ketika anak lebih siap beradaptasi dengan lingkungannya, anak juga lebih berani, lebih mandiri, juga lebih bisa belajar banyak hal, dibandingkan dengan yang diam saja, ngga percaya diri untuk mencoba banyak hal, akhirnya kesempatan belajarnya juga lebih sedikit,? kata Chitra.

Banyak sekali cara untuk para Orang Tua bisa melakukan proses Bonding dengan mudah :

  • Berpelukan dengan anak

Berpelukan merupakan salah satu ungkapan rasa cinta dan kasih sayang kepada anak yang dapat memperat kedekatan emosional antara Orang Tua dan Anak.?

  • Bermain bersama anak

Dizaman era digital dan perkembangan teknologi yang begitu pesat, terkadang orang tua lupa untuk berekspolarasi bersama anak di ruang terbuka seperti bermain di taman. Mulai sekarang sediakan waktu bermain bersama anak seperti bermain tak umpet di dalam rumah, menyusun puzzle, menempel atau bermain di ruang terbuka bersama anak intinya saat bermain dengan anak pastikan kita sebagai orang tua Fokus tidak sering memegang handphone agar anak tidak kehilangn moment bonding dengan anda sebagai orang tua.

  • Menjadi Sahabat?

Orang tua terkadang terlalu kaku kepada anak, sehingga anak menjadi sungkan kepada kita sebagai orang tua bercerita tentang keseharianya. Coba dech mulai sekarang menjadi orang tua yang bisa memposisikan diri tidak kaku sehingga anak bisa dekat dengan orang tuanya tidak lebih sayang atau percaya kepada teman sehingga ketika anak mengalami masalah kita yang pertama tau bukan orang lain. Ketika anak nyaman dengan orang tuanya maka anak bisa mencurahkan segala perasaan dan mengadu tanpa perlu segan karena dihantui rasa ketakutan.?

Menurut sebuah penilitian, anak remaja yang orangtuanya banyak meluangkan waktu bersama di rumah, memberi semangat untuk mencapai cita-cita dan memberikan nasihat-nasihat baik, akan membuat anak-anak bertindak dan berperilaku lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Juga remaja yang orangtuanya sering meluangkan waktu bersama mereka setelah pulang sekolah, akan memiliki kondisi mental yang lebih stabil dan lebih sehat, yang mampu mencegah timbulnya stres akibat tekanan-tekanan dalam kehidupan mereka. Bahkan banyak penelitian yang dilakukan terhadap anak muda, terutama anak-anak gadis, menunjukan bahwa mereka yang memiliki komunikasi dan hubungan yang erat dengan orangtua akan mampu mencegah mereka untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan negatif.

Saat menjadi orang tua dan mempunyai anak aset paling berharga untuk kita adalah Anak. Memiliki anak berarti kita harus siap menjadikan anak prioritas utama hidup meluangkan wakgtu bersama anak setidaknya adalah investasi awal kita untuk membangun ikatan emosional kepada anak sampai ia tumbuh menjadi dewasa.?