6 Cara Ajarkan Anak Etika Bertamu yang Baik dan Sopan

Senin, 19 Desember 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

6 Cara Ajarkan Anak Etika Bertamu Yang Baik Dan Sopan

Ilustrasi orang tua bersama anak. (Special)

Ladiestory.id - Ada saatnya kamu sebagai orang tua akan mengajak anak untuk berkunjung ke rumah saudara, kerabat, atau relasi kerja. Namun, sebelum memutuskan untuk mengajak anak-anakanak berkunjung ke rumah orang lain, alangkah penting untuk mengajarkan mereka tentang etika atau tata cara bertamu yang baik dan benar.

Usia anak-anak cenderung memiliki emosi yang sulit dikontrol. Terkadang, ada kondisi di mana anak sangat sulit untuk diajak kompromi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengajarkan dan menerapkan anak tentang cara bertamu yang baik dan sopan. Berikut beberapa hal yang bisa kamu ajarkan pada anak sejak dini tentang cara bertamu yang sopan dan baik.

Masuk Rumah saat Dipersilakan

Ilustrasi anak mengetuk pintu. (Special)

Umumnya anak-anak sangat senang melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Saat diajak bertamu ke lingkungan baru, terkadang mereka bersemangat dan senang melakukan hal-hal baru. Misalnya, memencet bel secara berulang, mengetuk pintu berulang, bahkan langsung masuk saat melihat pintu terbuka.

Tentunya, hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja, sebagai orang tua, kamu bisa menasihati dan memberikan arahan pada anak. Berikan anak pengertian bahwa tidak boleh masuk sembarangan ke rumah orang lain. Berikan nasihat bahwa anak boleh masuk ke rumah orang lain setelah dipersilakan oleh pemilik rumah.

Ucapkan Salam dan Sapa Pemilik Rumah

Ilustrasi anak menyapa orang (Special)

Etika bertamu selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah mengucapkan salam serta menyapa pemilik rumah. Hal ini akan menunjukkan bahwa anak memiliki sopan santun terhadap orang lain. Kamu bisa mengajarkan anak untuk mengucapkan salam dan menyapa terlebih dulu meski hanya satu atau dua patah kata.

Agar anak terbiasa dengan hal ini, maka kamu bisa mengajak anak-anak bermain sebagai tamu dan tuan rumah. Lakukan secara rutin, dan menyenangkan agar anak bisa selalu mengingatnya dengan baik.

Selalu Meminta Izin

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Saat bertamu ke rumah orang lain, tentu selain kondisi lingkungan yang berbeda, pasti terdapat benda-benda asing yang menarik perhatian anak. Maka, tidak menutup kemungkinan anak akan langsung memegang benda-benda tersebut.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengajarkan anak untuk selalu minta izin sebelum menyentuh atau memegang barang milik orang lain. Meminta izin sebelum memegang atau meminjam barang milik orang lain sangat penting untuk diterapkan pada anak sejak dini. Sebab, hal ini tidak hanya berlaku saat bertamu saja, melainkan untuk aktivitas keseharian saat bersosialisasi dengan orang lain.

Makan dan Minum saat Dipersilakan

Ilustrasi anak makan bersama orang tua. (Special)

Etika bertamu berikutnya yang harus diberitahukan kepada anak yaitu untuk makan dan minum setelah dipersilahkan. Penting untuk diketahui, pastikan anak dalam kondisi kenyang sebelum mengajaknya bertamu ke rumah orang lain.

Biasanya, anak dalam kondisi kenyang tidak akan langsung menyentuh makanan saat di rumah orang lain. Ajarkan anak menahan hawa nafsu, meski yang ia minta hanya segelas air putih. Hal ini bertujuan agar anak mulai membiasakan diri untuk tidak makan dan minum sebelum dipersilakan oleh pemilik rumah.

Ucapkan Terima Kasih

Ilustrasi anak berterimakasih. (Special)

Mengajarkan anak untuk selalu mengucapkan terima kasih atas pemberian yang diterima dari orang lain sangat penting sejak dini. Dengan melakukan hal tersebut, secara tidak langsung kamu sudah melatih anak untuk menghargai orang lain.

Mengucapkan terima kasih tidak hanya bisa diterapkan saat bertamu, namun dalam kondisi apapun saat menerima pemberian atau pertolongan dari orang lain.

Salam Perpisahan

Ilustrasi anak berpamitan. (Special)

Di beberapa negara maju mengucapkan salam perpisahan merupakan hal yang wajib dilakukan, misalnya di Jepang seseorang akan membungkuk untuk mengucapkan salam perpisahan. Kamu juga bisa mengajarkan anak untuk mengucapkan salam perpisahan setelah bertemu atau bertamu ke rumah orang lain.

Ajarkan anak untuk mengucapkan salam perpisahan dengan berpamitan secara sopan. Melambaikan tangan juga bisa diartikan sebagai salam perpisahan. Kamu bisa mengajarkan semua hal tersebut sejak awal sebelum memutuskan untuk mengajak anak bertamu ke orang lain.

Dengan begitu anak akan terbiasa dengan etika bertamu atau semua hal yang sudah diajarkan saat dirumah. Sehingga, kamu bisa bertamu dengan tenang dan tetap menjaga sopan santun keluarga.