Wajib Tahu! 7 Cara Alami Atasi Keputihan Tanpa Obat-obatan

Rabu, 28 Desember 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Wajib Tahu! 7 Cara Alami Atasi Keputihan Tanpa Obat-Obatan

Ilustrasi keputihan. (Special)

Ladiestory.id - Keputihan adalah suatu hal yang normal dan sering dialami oleh sebagian wanita. Cairan berwarna bening hingga putih susu ini sebenarnya bermanfaat untuk menjaga area kewanitaan agar tetap lembab dan bersih.

Namun, intensitas keputihan yang berlebih terkadang membuat wanita merasa kurang percaya diri. Apalagi, biasanya keputihan akan menimbulkan bau yang tidak sedap di area kewanitaan. Nah, Ladies tak perlu khawatir untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa ikuti beberapa tips alami yang ampuh untuk atasi keputihan tanpa bahan obat-obatan di bawah ini.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Ilustrasi tidur. (Special)

Tips pertama untuk atasi keputihan secara alami tanpa obat-obatan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Kamu bisa menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup, hindari rokok, dan juga alkohol. Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka kamu akan terhindar dari stres yang dapat memicu terjadinya keputihan.

Jaga Kebersihan Kewanitaan

Ilustrasi Pantyliner untuk Wanita. (Special)

Sangat penting bagi seorang wanita untuk menjaga kebersihan vagina, terutama saat mengalami keputihan. Kamu harus rajin membersihkan area kewanitaan dengan cara yang benar. Misalnya, saat membasuhnya, gunakan air bersih yang mengalir dan arahkan dari depan ke bagian belakang.

Selanjutnya, keringkan dengan lap untuk mencegah area agar tidak semakin lembab. Untuk mencegah terjadinya iritasi, kamu bisa gunakan pantyliners saat mengalami keputihan untuk aktivitas sehari-hari. Hal tersebut bertujuan agar celana dalam tetap kering dan tidak basah.

Hindari Mengenakan Celana yang Ketat

Ilustrasi Olahraga. (Special)

Tips alami atasi keputihan selanjutnya adalah dengan menghindari untuk mengenakan celana yang ketat. Celana yang ketat akan membuat area kewanitaan lebih mudah berkeringat dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Kamu bisa pilih celana dengan bahan katun yang dapat menyerap keringat serta membuat area kewanitaan menjadi lebih nyaman.

Jangan Sembarangan Gunakan Produk Kewanitaan

Ilustrasi sabun. (Special)

Banyak produk pembersih kewanitaan yang beredar di pasaran. Namun, tidak semua wanita mengetahui dampak dari pemakaian produk tersebut. Menggunakan produk pembersih wanita secara berlebihan dapat mematikan flora normal yang ada di vagina.

Jika kondisi ph alami tidak normal, maka dapat menyebabkan iritasi atau penyakit kewanitaan. Sebaiknya, kamu melakukan konsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan produk pembersih kewanitaan.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Ilustrasi minum air putih. (Special)

Cara alami atasi keputihan paling mudah adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Konsumsi air putih secara rutin dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Selain itu, konsumsi air putih dalam jumlah yang tepat dapat mencegah terjadinya infeksi pada area kewanitaan.

Konsumsi Pisang

Ilustrasi buah pisang. (Special)

Tips alami untuk atasi keputihan tanpa obat-obatan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi pisang. Pisang matang yang berwarna kuning kecoklatan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Kandungan serat yang cukup tinggi tersebut dapat membantu mengurangi intensitas keputihan yang terlalu banyak. Konsumsi pisang matang adalah salah satu alternatif yang paling ampuh untuk menghentikan keputihan.

Minum Air Beras

Ilustrasi beras. (Spesial)

Selain pisang, kamu juga bisa minum air beras untuk mengatasi masalah keputihan. Air beras kaya akan sumber pati yang dipercaya mampu mengatasi masalah peradangan dan gatal-gatal di area kewanitaan.

Caranya konsumsinya cukup mudah, kamu hanya perlu mencuci beras dengan air yang matang. Selanjutnya, saring air beras tersebut dan minum secara rutin sampai gejala keputihan berkurang dan membaik.

Tujuh tips alami di atas bisa kamu coba untuk mengatasi masalah keputihan, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan. Penting untuk diketahui, bahwa konsumsi obat-obatan dalam jumlah yang tidak tepat dapat mempengaruhi kesehatan. Oleh sebab itu, jika gejala keputihan tidak membaik, maka kamu harus melakukan konsultasi kepada dokter.