Ampuh, Begini 5 Cara Alami Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Senin, 18 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Ampuh, Begini 5 Cara Alami Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kulit terbakar matahari adalah kondisi yang disebabkan karena paparan sinar UV dari matahari yang berlebihan. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang terasa panas dan perih serta tampak kemerahan.

Selain itu, kulit juga bisa jadi mengelupas setelah beberapa hari. Masalah ini dapat diatasi dengan cara alami menggunakan bahan-bahan rumahan yang tentunya mudah di dapatkan.

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Berikut cara alami yang bisa kamu gunakan untuk memulihkan kulit yang terbakar matahari.

1. Gel Lidah Buaya

Foto: Ladiestory.id

Gel lidah buaya sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi segala macam penyakit, mulai dari sakit perut hingga infeksi ginjal. Tak hanya itu, gel lidah buaya  juga dipakai untuk meredakan kondisi kulit yang terbakar.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mematahkan sebagian batang lidah buaya lalu mengoleskan gelnya ke kulit yang terbakar. Cara ini akan memberikan efek menenangkan kulit dari sengatan matahari ringan.

2. Minum Banyak Air Putih

Saat kulit kamu berjuang melawan kerusakan karena dari paparan sinar matahari, ia membutuhkan kelembapan yang hilang selama kamu berada di bawah sinar matahari.

Jika kamu belum bisa minum secara rutin delapan gelas air putih sehari, maka wajar bila kulit kamu terbakar matahari makin parah. Karena itu biasakanlah minum air putih delapan gelas sehari  untuk memulihkan kondisi kulit yang terbakar.  

3. Mandi dengan Campuran Air Cuka

Foto: Ladiestory.id

Cara mengatasi kulit terbakar matahari selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Sebagian orang meyakini  bahwa menambahkan 2 cangkir cuka pada air mandi dingin akan membantu menghilangkan rasa sakit dari luka bakar.

Sementara, yang lain mengatakan keasaman tinggi dalam cuka hanya memperburuk keadaan. Jika  kamu belum pernah menggunakan perawatan ini sebelumnya pada luka bakar ringan, sebaiknya jangan mencobanya pada luka bakar yang lebih besar dan lebih serius.

4. Kompres  dengan Air Dingin

Salah satu cara paling mudah untuk memulihkan kulit terbakar matahari adalah dengan mendinginkan area yang terbakar kamu bisa mengompres air dingin untuk mengatasi kulit terbakar oleh matahari. Tapi, tidak dianjurkan untuk menggunakan es untuk kompres dingin ini.

Meskipun mungkin terlihat menarik, penggunaan es secara langsung sebenarnya bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulit sensitif yang terbakar matahari.

Sementara itu, ketika kamu berada di luar ruangan, cara efektif untuk segera membantu kulit terbakar matahari adalah dengan melompat ke dalam air, entah itu danau, lautan, atau sungai.

Masuk ke dalam air dapat membantu mencegah sunburn makin parah. Tapi jangan masuk ke dalam kolam,  karena air kolam yang mengandung klor akan membuat kulit makin teriritasi.

5. Kompres dengan Air Seduhan Teh Kamomil

Foto: wikiHow

Cara memulikan kulit yang terbakar matahari selanjutnya adalah dengan menggunakan teh kamomil. Caranya, dengan menyeduh teh seperti biasa dan biarkan dingin.

Lalu rendam waslap di dalamnya dan tempelkan pada area yang terbakar matahari. Jika kulit kamu alergi terhadap serbuk sari, maka sebaiknya jangan gunakan perawatan ini. Hal itu dikarenakan, akan menyebabkan reaksi alergi pada kulit  kamu.

Itulah tadi 5 cara alami memulihkan kulit  terbakar matahari. Semoga bermanfaat.