5 Cara Cegah Clodi Bocor

Selasa, 30 November 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

5 Cara Cegah Clodi Bocor

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kebocoran adalah masalah yang sering dialami pada bayi ketika melakukan aktivitas. Bahkan terkadang ada perasaan kesal atau mengeluhkan clodi yang dipakai gampang bocor padahal, baru dipakai 1–2 jam saja.

Selain itu, untuk mereka yang baru pertama kali mencoba clodi kemungkinan merasa terusik dengan kebocoran yang dialami apalagi ketika membandingkan dengan popok sekali pakai tanpa kebocoran walau dipakai lebih dari 8 jam!

Cara Cegah Clodi Bocor

Sebenarnya ada berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya kebocoran pada clodi selain disebabkan oleh kualitas clodi yang buruk, bisa karena perawatan yang salah. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kebocoran pada clodi:

1. Memilih Kualitas Clodi yang Tepat

Salah satu ciri clodi yang berkualitas dilihat dari desain dan bahan kain yang dapat menyerap dan menahan pee dalam mencegah terjadinya kebocoran, baik dari belakang, dari samping, maupun dari depan.

2. Lakukan Prewash Setelah Membeli Clodi

Terkadang ini dijadikan sebagai hal sepele, tapi penting untuk dilakukan. Maka dari itu, pastikan clodi baru dicuci terlebih dahulu harus dilakukan pre wash sebelum digunakan.Biasanya pada kemasan akan diberikan petunjuk yang tepat dalam perawatan  clodi.

Tujuan pre wash untuk membuang residu zat-zat yang menempel saat produksi clodi. Manfaatnya dari pre-wash merupakan cara yang dapat memaksimalkan fungsi insert untuk menyerap dan menampung pee baby. Bahayanya jika clodi yang tidak di-pre wash dan langsung digunakan bisa berpotensi mengalami kebocoran.

Saat mencuci clodi disarankan menggunakan sabun cuci yang aman dan direkomendasikan oleh pabrikan clodi, seperti bebas dari bahan pemutih dan pelembut. Tujuan dari mencuci clodi dengan menggunakan sabun cuci yang cocok untuk menjaga kualitas clodi.

Foto: bukareview

3. Lengkapi Penggunaan dengan Liner Kalau Kulit Pantat Baby Menggunakan Cream/Lotion

Ketika bayi mengalami ruam, kemungkinan kita akan menggunakan cream atau lotion. Maka dari, kita dapat menggunakan liner  atau biasa disebut dengan fleece liner yang ditaruh pada permukaan inner clodi.

Fungsi liner untuk menghindari paparan cream pada inner clodi. Bahaya dari inner clodi terpapar cream atau lotion akan bersifat repellent  atau menolak air sehingga menyebabkan clodi menjadi bocor.

4. Menjemur Clodi dengan posisi yang Benar

Clodi memiliki proses pengeringan yang berbeda dan perlu diperhatikan dengan tepat posisinya. Posisi yang benar adalah horisontal  dengan memanjang dari kanan ke kiri, atau kiri ke kanan, bukan memanjang dari atas ke bawah atau bawah ke atas. Ketika menjemur, tekuk bagian tengahnya.

Menjemur dengan posisi clodi secara vertikal atau memanjang dari atas ke bawah atau bawah ke atas dan  menjemur dengan menekuk di bagian tengahnya akan membuat clodi akan rusak akibat karet terus-menerus tertarik ke bawah akibat adanya gaya gravitasi sehingga memungkinkan terjadinya kebocoran pada clodi.

Foto: kumparan

5. Rutin Mengganti Clodi Setelah Pemakaian 3–4 jam

Kita perlu mengerti jika daya tampung clodi sangat terbatas, maksimal pemakaian clodi adalah 3–4 jam saja. Clodi yang dipaksakan lebih dari 4 jam akan menyebabkan kebocoran akibat cairan yang ada sudah melebihi kapasitas.

Namun, khusus untuk tidur, boleh digunakan selama lebih dari 4 jam, karena biasanya saat baby tidur, pipis baby lebih sedikit dibandingkan saat ia aktif beraktivitas di siang hari.

Itu dia cara mencegah agar clodi tidak bocor. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya!