Tampil Percaya Diri, Ini 3 Cara Hilangkan Bekas Luka dan Keloid

Selasa, 21 Februari 2023 | 14:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Tampil Percaya Diri, Ini 3 Cara Hilangkan Bekas Luka Dan Keloid

Ilustrasi keloid. (Special)

Ladiestory.id - Keloid adalah jenis benjolan yang terjadi pada kulit di mana terdapat jaringan ikat yang terlalu banyak. Benjolan ini biasanya terjadi pada tempat luka atau bekas operasi yang sudah sembuh. Keloid seringkali lebih besar dari luka aslinya dan biasanya terasa kencang dan tebal.

Beberapa faktor yang dapat menjadi timbulnya keloid, antara lain genetik dari keluarga, jenis kulit, dan usia. Luka apa saja dapat menjadi keloid, namun ada beberapa luka yang lebih berisiko menjadi keloid dibandingkan yang lain, antara lain adalah luka bakar, luka infeksi, dan luka akibat operasi.

Umumnya, keloid lebih berisiko terjadi pada orang yang berusia muda dibandingkan yang lebih tua. Keloid yang terlihat di tubuh dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, terutama wanita. Jika seseorang sudah pernah terkena keloid, maka kemungkinan untuk mendapat keloid jika ia terluka lagi juga besar.

Jika seseorang mudah terkena keloid karena faktor genetik, maka terdapat tiga cara yang dapat digunakan untuk menghindari timbulnya keloid dari dalam tubuh. Simak ulasannya berikut ini.

Ilustrasi pisau cukur. (Special)

Pastikan kamu ekstra berhati-hati saat menggunakan benda tajam, seperti pisau saat memasak atau pisau cukur saat bercukur. Karena luka terbuka yang timbul di kulit dapat menjadi keloid.

Ilustrasi perempuan bertato dan bertindik. (Special)

Kegiatan mentato dan menindik adalah tindakan yang dengan sengaja membuat luka di bagian permukaan kulit. Maka, jika kamu sudah mengetahui bahwa kulit mudah memiliki keloid, sebaiknya hindari membuat tato atau tindikan. 

Ilustrasi wanita memakai skincare. (Special)

Bekas jerawat ternyata salah satu penyebab keloid yang umum terjadi di muka. Hal ini karena bekas jerawat yang meradang juga bisa menjadi keloid. Supaya muka tidak timbul jerawat di awal, sebaiknya lakukan perawatan wajah sesuai dengan jenis kulit dan tidak memencet atau memegang jerawat sembarangan. 

Namun, jika bekas luka sudah terlanjur menjadi keloid, maka salah satu perawatan pertama kali yang bisa dilakukan untuk memudarkan keloid adalah dengan menggunakan lembaran silikon gel seperti KeloPlast. KeloPlast adalah penghilang bekas luka, berbentuk lembaran silikon gel yang lembut, elastis, dan menyerupai warna kulit. 

Keloplast. (Special)

Bahan silikon gel umumnya digunakan dalam dunia medis untuk menghilangkan bekas luka dan melindungi bekas luka agar tidak terinfeksi. Dalam lembaran silikon gel terdapat dua lapisan, yaitu lapisan terdalam yang berguna untuk menjaga agar bekas luka tetap lembab yang menghambat pembentukan keloid.

Selain itu, lembaran silikon gel juga mengurangi rasa gatal dan rasa sakit di daerah keloid. Lapisan luar lembar silikon gel terbuat dari film yang kedap air berfungsi untuk melindungi keloid dari debu dan bakteri. 

Keloplast dapat membantu penyembuhan bekas luka keloid, bekas luka jaringan parut hipertrofik akibat tindakan operasi, luka karena trauma, dan bekas luka bakar. Cara penggunaan Keloplast juga mudah, pertama gunting lembaran silikon gel sesuai dengan ukuran bekas luka yang ingin ditutup.

Kedua, tempelkan lembaran yang sudah digunting pada bekas luka keloid dan biarkan selama 4 jam pada 1-2 hari pertama. Pada hari 3-4, anda dapat menempelkannya lebih lama yaitu 8 jam. Tambahkan 2 jam durasi pemakaian setelah 2 hari pemakaian hingga totalnya menjadi 12 jam. 

Keloplast termasuk perawatan bekas luka dan keloid yang ekonomis, dimana dapat dicuci dan digunakan kembali untuk 2 minggu selama kondisinya masih baik. Sebaiknya keloplast rutin dipakai untuk pengempesan keloid yang maksimal.