Sangat Mudah, Begini Resep dan Tips Cara Membuat Kimchi Tanpa Gochujang

Jumat, 26 November 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Sangat Mudah, Begini Resep Dan Tips Cara Membuat Kimchi Tanpa Gochujang

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Penggemar drama Korea tentu sudah sangat familier dengan makanan yang satu ini. Kimchi merupakan salah satu makanan tradisional yang populer dari Korea, dan kerap dijumpai dalam beragam serial dari Negeri Gingseng tersebut.

Kimchi merupakan asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas dan kerap menjadi makanan pelengkap. Tapi, selain menjadi makanan pelengkap, kimchi pun kerap dijadikan bumbu masak.

Kimchi mempunyai rasa pedas, asam, dan sedap, sebab menggunakan cukup banyak bumbu khas Asia dan bumbu yang terkenal dalam masakan Korea.

Berdasarkan sejarah, awalnya kimchi tidak berwarna merah. Orang Korea baru mengenal cabai karena jasa pedagang Portugis dari Jepang yang datang ke Korea di abad ke-16. Tapi sekarang, kimchi telah berkembang menjadi salah satu olahan yang populer dan dikenal banyak orang.

Resep dan Cara Membuat Kimchi Tanpa Gochujang

Foto: Ladiestory.id

Kamu tengah mencari inspirasi resep kimchi tanpa gochujang yang menarik? Cara mengolahnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan malah cenderung tidak enak.

Padahal kimchi tanpa gochujang yang enak semestinya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera makan kita.

Banyak faktor yang sedikit banyak memengaruhi kualitas rasa dari kimchi tanpa gochujang, baik dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya.

Tidak usah pusing bila mau menyiapkan kimchi tanpa gochujang yang enak di mana saja kamu berada, sebab asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini terdapat bagaimana cara yang mudah dan praktis dalam mengolah kimchi tanpa gochujang yang siap disajikan. Kamu bisa membuat kimchi tanpa gochujang mengenakan 11 bahan dan 7 langkah langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan:

  • 1 buah sawi putih besar
  • 1/2 batang lobak putih, diiris memanjang
  • 4 batang daun bawang, diiris
  • 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 1 ruas jahe, dihaluskan
  • 6 sdm bubuk cabe
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 gelas garam kasar
  • 2 sdm kecap ikan
  • Air secukupnya

Langkah-langkah:

1. Cuci sawi sampai bersih hingga ke bagian dalam, sisihkan.

2. Tuang 1/2 gelas garam kasar ke dalam wadah yang berisi air, kemudian rendam dan biarkan sawi selama kurang lebih 6 jam.

3. Usai 6 jam, cuci sawi sampai bersih. Jika suka, sawi dapat dipotong jadi dua bagian, sisihkan.

4. Di wadah yang berbeda, campur bawang putih, jahe, daun bawang, lobak, saus ikan, gula, bubuk cabe dan garam.

5. Balurkan bumbu secara merata ke sawi, usahakan hingga ke bagian terdalam. Ketika membaluri sawi cukup sedikit diremas-remas supaya bumbunya meresap.

6. Letakkan sawi yang telah dibumbui pada wadah yang tertutup rapat, diamkan selama dua hari guna proses fermentasi.

7. Usai dua hari, kimchi siap dihidangkan atau diolah menjadi jjigae maupun masakan lain.

Foto: Ladiestory.id

Tips:

1. Guna memiliki rasa yang mendekati versi aslinya memang lebih mirip bila mengenakan pasta cabai Korea atau Gochujang. Terdapat beberapa merek yang halal dan dijual dengan harga terjangkau.

2. Usai diproses, kimchi sebetulnya dapat langsung dimakan. Tetapi untuk hasil terbaik, ada baiknya tunggu selama 2-3 hari.

Itulah cara membuat kimchi tanpa gochujang. Kita memang bisa membuat kimchi tanpa gochujang, tapi rasanya akan jauh lebih baik bila diberi gochujang ya, Guys.