Cara Membuat Sambal Andaliman Khas Batak yang Penuh Cita Rasa

Minggu, 12 September 2021 | 05:14:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Cara Membuat Sambal Andaliman Khas Batak yang Penuh Cita Rasa

Foto: kompas

Cita rasa hidangan khas Indonesia tidak akan lengkap tanpa kehadiran sambal. Ya, indonesia terkenal akan keanekaragaman sambal yang dimiliki setiap daerahnya, seperti sambal dabu-dabu asal Manado, sambal matah dari Bali dan sambal yang akan kita bahas resepnya dalam artikel ini, adalah sambal andaliman yang berasal dari wilayah Batak, Sumatera Utara.

Cita rasa sambal andaliman yang unik mampu melezatkan hidangan khas Batak. Seperti apa sih kira-kira sambal andaliman itu? Mari kita kenalan dengan sambal andaliman dan simak resep cara membuat sambal andaliman melalui artikel berikut ini!

Apa Itu Sambal Andaliman?

Foto: sweetrip

Mungkin sebagian dari kamu merasa asing dengan sambal andaliman. Hal ini lumrah dialami karena sambal andaliman kebanyakan dijual di rumah makan khas Batak.

Sambal andaliman merupakan sambal khas Sumatera Utara, khususnya wilayah Batak. Sambal andaliman dapat diibaratkan sebagai primadonanya kuliner Batak karena banyak digunakan sebagai resep hidangan khas Batak, misalnya saksang, aso-aso, dan ikan mas arsik. 

Lalu, andaliman itu adalah sejenis bumbu dapur khas Asia yang terbuat dari kulit bagian luar tanaman sejenis jeruk. Andaliman juga lazim disebut sebagai Merica Batak.

Ciri khas andaliman adalah aromanya yang wangi, lembut dan rasa pedasnya yang cukup menggigit. Sambal andaliman memiliki tampilan warna hijau karena menggunakan cabai rawit hijau sehingga mirip dengan sambal hijau.

Resep Sambal Andaliman

Buat kamu yang penasaran untuk mencicipi sambal khas Batak yang bercita rasa tinggi ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan Membuat Sambal Andaliman

Foto: medan.tribunnews

Sebelum mulai memasak sambal andaliman, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Kira-kira bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat sambal andaliman. Nah, berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep sambal andaliman:

  • Air jeruk nipis, secukupnya
  • 3/4 sendok garam
  • 1/2 sdt andaliman
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya dan iris secara halus
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 butir kemiri yang sudah disangrai
  • 15 buah cabai rawit hijau
  • Air perasan jeruk nipis secukupnya

Cara Membuat Resep Sambal Andaliman

Foto: Kompas

Setelah alat dan bahannya siap, saatnya kita masak sambal andaliman ini. Resep sambal andaliman mudah banget dibuatnya, lho! Tanpa berlama-lama lagi, yuk, kita langsung masak sambal andaliman ini! Ini dia langkah-langkah membuat resep sambal andaliman:

  1. Pertama, siapkan cobek dan ulekan untuk membuat sambal andaliman.
  2. Kedua, goreng terlebih dulu cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah sampai harum.
  3. Lalu, masukkan cabai rawit hijau, kemiri, bawang merah, dan bawang putih ke dalam cobek.
  4. Setelah bahan-bahan tersebut dimasukkan, uleklah bahan-bahan tersebut hingga halus.
  5. Kemudian, tambahkan andaliman, air perasan jeruk nipis, garam, dan batang serai ke dalam bumbu halus ke dalam cobek. Ulek kembali hingga semua bahan tercampur rata dan halus.
  6. Setelah bumbu tercampur rata, siapkan wajan, tuangkan minyak, dan panaskan minyaknya di atas kompor.
  7. Kalau minyaknya sudah panas, tuangkan minyak panas tersebut ke sambal andaliman yang sudah diulek tadi.
  8. Sambal andaliman pun siap disantap bersama nasi putih hangat.

Nikmatnya sambal andaliman cocok banget untuk dimakan bersama nasi putih hangat dan ditemani dengan lauk-pauk yang lezat, seperti ayam dan ikan. Kalau kamu berkesempatan mencicipi hidangan khas Batak, wah, sudah pasti klop banget deh lezat dan pedasnya. Benar-benar bikin, nagih deh! Yuk, segera masak sambal khas Batak ini sesuai dengan cara membuat sambal andaliman di atas!