Tanpa Mesin Jahit, Cara Membuat Scrunchie dengan Mudah

Senin, 29 November 2021 | 06:13:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tanpa Mesin Jahit, Cara Membuat Scrunchie Dengan Mudah

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Seakan masuk ke dalam mesin waktu dan kembali ke era 90-an, fashion tak pernah kehabisan tren untuk menjadikan gaya semakin stylish dari masa ke masa. Tren fashion tersebut bisa datang dari mana saja.

Bahkan terkadang tren fashion juga kerap mengalami pengulangan seperti tren beberapa tahun lalu yang kini kembali digandrungi para penggemar fashion.

Apa Itu Scrunchie?

Foto: carousell

Salah satunya adalah scrunchie yang belakangan ini sedang happening keberadaanya. Pada tahun 90an scrunchie juga mulai menjadi trend fashion dikalangan wanita pada saat itu.

Sebenarnya aksesori rambut ini telah ada sejak tahun 1987 dan dipatenkan oleh Rommy Revson. Hadirnya, scrunchie berkat inspirasi Revson dari celana karet piyama. Kala itu, kehadiran scrunchie semakin populer setelah sejumlah ikon musik seperti Madonna, Janet Jackson, Debbie Gibson and Paula Abdul memakainya.

Pada dasarnya scrunchie merupakan ikat rambut yang terbuat dari kain polos atau motif yang diberi karet di dalamnya.  Scrunchie atau yang sering disebut ikat rambut cepol memiliki bentuk yang bulky. Selain itu terdapat aksen kerutan membuat scrunchie tampak unik dan menggemaskan.

Scrunchie dapat digunakan untuk mengikat rambut, scrunchie juga kerap menjadi pilihan para fashion enthusiast yang pengin terlihat lebih stunning. Selain itu, scrunchie juga biasa digunakan oleh para penari ballerina untuk menghias rambut mereka agar rapi dan cantik.

Scrunchie untuk Hijab

Foto: hijup

Memang pada awalnya, scrunchie dikenakan hanya sebagai ikat rambut saja. Namun, seiring perkembangan tren hijab, kini scrunchie juga dikenakan sebagai aksesoris jilbab.

Scrunchie sendiri sering dikenal dengan nama cepol rambut. Terkadang ada beberapa cepol yang berimbas menyakitkan pada penggunanya. 

Misalkan ikatannya terlalu kencang atau jepitan terlalu berat menjadi salah satu keluhan para hijaber, terlebih bagi mereka yang memakai helm pastinya rasa sakit semakin bertambah.

Aksesori jilbab ini awalnya didesain agar saat rambut tertutup hijab terlihat lebih rapi dan tidak keluar. Belakangan scrunchie hijab juga dikenakan untuk memberi volume pada bagian belakang tatanan jilbab. Hal ini mampu menghadirkan kesan lebih jenjang dan hijab jadi lebih tertata rapi.

Oversized Scrunchie

Kali ini scrunchie hadir dalam rupa yang lebih unik dan chic. Seperti oversized scrunchie, ukurannya yang abnormally besar membuatnya jadi aksesori rambut sempurna untuk beri statement pada rambut.

Bicara soal styling hair scrunchie, kita bisa memakainya sesuai dengan fungsi, yakni untuk mengikat rambut. Bisa juga sebagai aksesori pemanis saja untuk tatanan rambut ponytail dan bun.

Selain itu, scrunchie bisa dijadikan gelang penghias tangan. Banyak fashion girls memakai scrunchie sebagai gelang tangan and it’s super chic karena memberi tampilan berbeda pada outfit.

Bagaimana Cara Membuat Scrunchie?

Foto: goodto

Scrunchie bisa ditemukan dalam berbagai material, mulai dari chiffon, katun bermotif, satin, sampai kulit. Warna dan motifnya bahkan lebih beragam.

Membuat scrunchie juga terbilang mudah. Kamu bisa DIY scrunchie sendiri tanpa mesin jahit seperi cara membuat scrunchie di bawah ini.

Alat dan bahan untuk membuat scrunchie:

  • Kain berukuran 40cm x 10cm, warna dan motif sesuai selera
  • Karet elastis dengan panjang 15cm
  • Benang dan jarum jahit
  • Jarum pentul
  • Peniti
  • Gunting

Cara membuat scrunchie:

  1. Ambil potongan kain kemudian lipat memanjang hingga bagian kainnya saling berhadapan. Kemudian, jahit bagian tepi kain dengan menyisakan 2 inchi yang tidak dijahit pada setiap ujungnya.
  2. Balik kain yang sudah dijahit tadi supaya bagian dalamnya ada di luar sekarang. Pertemukan ujung kain dengan kain kemudian sambung keduanya menggunakan mesin jahit.
  3. Masukan karet elastis ke dalam kain yang sudah dijahit menggunakan bantuan peniti dengan menancapkannya pada ujung karet elastis.
  4. Jika sudah, selanjutnya lepaskan peniti dan sambung karet elastis dengan menjahitnya kembali.
  5. Tahap terakhir adalah dengan menjahit celah yang terdapat pada kain agar karet elastisnya tidak lagi terlihat. Rapikan jahitan pada bagian luar scrunchie dan scrunchie siap digunakan.

Cukup mudah kan cara membuat scrunchie sendiri tanpa mesih jahit? Selain bisa digunakan sendiri, kamu bisa menjadikannya sebagai sebuah produk yang bisa dijual. Selamat mencoba!