Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | CARA MENGATASI ALERGI KOSMETIK TANPA BAHAN KIMIA

Cara Mengatasi Alergi Kosmetik Tanpa Bahan Kimia

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Kamis, 08 April 2021 | 02:06:28
Durasi baca: 2 menit, 31 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Mengatasi Alergi Kosmetik Tanpa Bahan Kimia

Di kalangan wanita, rasanya menjadi hal yang biasa ketika kamu sering berganti-ganti kosmetik.  Banyak pertimbangan mereka dalam memilihnya, mulai dari warna yang senada dengan kulit hingga kualitas kosmetik tersebut saat diaplikasikan ke wajah. Namun, sebaiknya berhati-hati karena kebiasaan tersebut dapat menyebabkan efek samping. Salah satunya adalah munculnya tkamu-tkamu alergi. Kondisi ini dapat mengganggu penampilan sehingga wajib segera dilakukan perawatan. 

Munculnya alergi di kulit atau bagian tubuh tertentu memang terjadi karena adanya paparan dari alergen, yakni unsur asing yang dikenali sebagai zat yang berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh. Hasilnya, tubuh akan bereaksi terhadap zat asing tersebut. Reaksi ini yang disebut sebagai alergi. 

Cara Mengatasi Alergi Kosmetik

Jika reaksi alergi kamu tidak terlalu parah, berikut cara mengatasi alergi kosmetik tanpa perlu ke dokter yang bisa dilakukan.

Baca juga: 5 Cara Alami Mencegah Insomnia

Pastikan Wajah Bersih Menyeluruh

Cara mengatasi alergi kosmetik yang pertama adalah memastikan wajah bersih secara menyeluruh 2-3 kali sehari pagi, siang atau sore, dan malam hari sebelum tidur. Jangan menggunakan produk pembersih wajah yang berlebihan. Saat pagi dan malam hari pakailah produk pembersih wajah, tapi pada siang atau sore hari pakailah air bersih saja. Penggunaan pembersih wajah pun juga berisiko membuat wajah menjadi terlalu kering, menambah keluhan alergi, bahkan memunculkan iritasi. Oleh sebab itu, gunakan juga pembersih wajah yang bebas alkohol.

Cari Tahu Produk Kosmetik yang Menyebabkan Alergi

Jika memang penyebab alergi berasal dari produk kosmetik yang kamu gunakan, segera cari tahu produk kosmetik apa yang menjadi penyebab munculnya alergi. Bisa jadi produk kosmetik tersebut ternyata sudah kedaluwarsa atau memiliki kandungan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Selanjutnya, hentikan pemakaian agar alergi tidak semakin parah.

Hindari Penggunaan Kosmetik untuk Sementara Waktu

Sebisa mungkin saat alergi belum sembuh, minimalisir atau bahkan hindari pemakaian kosmetik seperti alas bedak dan produk-produk kosmetik lainnya untuk sementara waktu. Pakai saja skincare seperti pelembap wajah yang membantu menjaga kelembapan kulit dan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Mengonsumsi Air Putih yang Cukup dan Hindari Makanan Berlemak dan Pedas

Cara mengatasi alergi kosmetik selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi air putih dari biasanya. Alasannya, selain baik untuk kesehatan tubuh, air putih bisa membuat kulit semakin lembap dan membuang racun dalam tubuh sehingga bisa meminimalisir alergi. Selain itu, kecukupan cairan pada tubuh membantu mempercepat proses regenerasi kulit .Selama alergi, jangan mengonsumsi makanan berminyak (kikil, kulit ayam, otak, dan seterusnya) dan pedas karena memicu munculnya minyak di kulit yang bisa memperlama penyembuhan alergi.

Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Menghindari paparan matahari yang terlalu lama atau terlalu sering ke kulit wajah juga menjadi salah satu cara mengatasi alergi kosmetik. Baiknya, saat beraktivitas di luar ruangan, pakailah pelindung seperti payung atau topi untuk menghindari efek negatif sinar matahari.

Baca juga: Kolaborasi Disney Dengan Brand Kosmetik Lokal Jacquelle Beaute


Hindari Menggaruk Wajah

Terkadang kulit yang sedang mengalami alergi memang terasa gatal sehingga membuat kamu ingin menggaruknya. Namun, ketahuilah jika kamu menggaruknya, justru dapat membuat alergi semakin parah. Baiknya usap saja bagian wajah yang gatal secara perlahan-lahan. Tapi, pastikan sebelum mengusap wajah, tangan dibersihkan dulu agar tidak ada bakteri yang berpindah ke wajah. Perlu diketahui, alergi kosmetik ini tidak hanya berasal dari kandungan yang ada pada produk saja.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Cara Mengatasi Alergi Kosmetik Tanpa Bahan Kimia Cara Mengatasi Alergi Mengatasi Alergi Kosmetik

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty