Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | CARA MENGATASI DAN PERAWATAN RAMBUT KERING

Cara Mengatasi dan Perawatan Rambut Kering

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Selasa, 23 Februari 2021 | 10:49:49
Durasi baca: 2 menit, 24 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Mengatasi dan Perawatan Rambut Kering

Rambut menjadi salah satu bagian dari tubuh untuk menunjang penampilan. Maka dari itu, penting menjaga kesehatan rambut agar senantiasa indah dan mudah diatur. Seperti layaknya kulit wajah, rambut juga memiliki jenis berbeda-beda, salah satunya rambut kering. Kamu tau nggak? Rambut kusut dan sulit diatur adalah pertkamu masalah kelembapan pada rambut. Salah satu penyebab rambut mengembang adalah kelembaban berlebih di udara sekitar. Awalnya, rambut kusut terjadi kalau rambutmu kering dan kutikula kasar. Ketika cuaca sedang lembab, ini akan memperparah tampilannya karena lapisan terluar rambutmu mengambil kelembaban di udara sehingga menyebabkan rambutmu jadi mengembang kayak singa.

Tapi gak selalu cuaca yang patut disalahkan, karena bisa saja perawatan rambut harian kamu yang jadi penyebabnya. Dari penyebab yang disampaikan di atas, kamu perlu mencari solusi pelembab rambut agar rambut tidak kering. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk melembapkan rambut keringmu agar tidak kering, kusut, mengembang, dan sulit diatur.

Tips Cara Mengatasi dan Perawatan Rambut Kering

Baca juga: 7 Gaya Rambut Pria yang Disukai Wanita

Hindari Mencuci Rambut Terlalu Kering

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya, yaitu tidak mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan hilangnya minyak alami pada kulit kepada dan rambut. Hal ini justru membuat rambut tambah kering dan menjadi rapuh. Agar rambut tidak kering, Sebaiknya cucilah rambut setiap 2-3 hari sekali untuk mempertahankan minyak alami di rambut kamu.

Beri Asupan Nutrisi dari Dalam

Rambut kering juga dapat disebabkan karena dehidrasi tubuh dalam waktu yang lama. Itu sebabnya, langkah perawatan rambut kering yang tidak kalah penting dan mudah untuk dilakukan adalah dengan memastikan tubuh selalu terhidrasi. Caranya, biasakan minum air putih setidaknya delapan gelas sehari. Agar rambut semakin sehat, dukung juga dengan konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan. Karena selain perawatan dari luar, Kamu juga perlu memberi nutrisi pada rambut dari dalam.

Beri Perlindungan Sebelum Menggunakan Alat Hair Styling

Paparan panas, baik itu dari matahari maupun penggunaan alat hair styling, dapat mengikat cairan pada rambut. Akibatnya, rambut mudah kering dan rusak. Selain itu, zat efek panas yang dihasilkan juga dapat merusak protein-protein pada rambut yang berperan melindungi rambut dari kerusakan. 

Gunakan Masker Rambut

Cara agar rambut tidak kering yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker rambut satu minggu sekali. Penggunaan masker akan membantu mengembalikan kelembapan rambut, sehingga tingkat kekeringannya akan berkurang. Meski begitu, masker rambut sebaiknya tidak digunakan berlebihan karena bisa menyebabkan kelembapan berlebih dan membuat rambut mudah terlihat lepek.

Gunakan Kondisioner Sehabis Keramas

Salah satu manfaat utama kondisioner adalah untuk menjaga kelembapan rambut. Oleh karena itu, apabila Kamu memiliki masalah rambut kering, biasakan untuk selalu menggunakan kondisioner sehabis keramas. Penggunaan kondisioner secara rutin juga sangat disarankan khususnya bagi Kamu yang sering menggunakan alat hair styling. Sebab, kondisioner juga berfungsi memberi lapisan perlindungan pada rambut, sehingga siap di-styling tanpa menjadi kering.

Baca juga: Warna Rambut Pria yang Disukai Wanita, Dijamin Wanita Klepek-Klepek


Ayo ngaku, apa 5 kebiasaan di atas masih sering kamu lakukan? Sebelum masalah rambut kamu semakin parah, sebaiknya kamu mulai perlahan mengurangi kebiasaan di atas dan jangan lupa gunakan Pantene untuk rambut yang lembab alami.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

Cara Mengatasi dan Perawatan Rambut Kering Perawatan Rambut Kering Bagaimana Perawatan Rambut Kering Mengenal Jenis Rambut Kering

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty