6 Tahapan Hair Care Routine untuk Rambut Kering dan Mengembang

Kamis, 2 Desember 2021 | 00:58:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Tahapan Hair Care Routine Untuk Rambut Kering Dan Mengembang

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bukan hanya wajah yang butuh perawatan dengan benar dan tepat ya Ladies, ternyata rambut juga perlu dirawat, lho.  Terlebih lagi buat kamu yang mengalami masalah rambut kering dan mengembang. Hair care routine jadi kewajiban buat kamu.

Lalu bagaimana tahapan atau cara melakukan hair care routine yang benar untuk rambut kering dan mengembang, simak ulasannya berikut ini.

Tahapan Hair Care Routine 

Inilah Tahapan-tahapan hair care routine buat kamu yang punya masalah rambut kering dan mengembang:

1. Menggunakan Hair Oil Sebelum Keramas

Foto: Sociolla

Perawatan pertama untuk rambut kering dan mengembang adalah menggunakan hair oil sebelum keramas. Biarpun tampaknya sepele, tapi kamu perlu tahu ya ladies hair oil memiliki banyak manfaat buat rambut, seperti memperkuat akar rambut, menjaga rambut tetap lembab, meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan memperbaiki kutikula pada rambut. 

Untuk hasil maksimal, berikan sedikit pijatan saat kamu mengaplikasikan hair oil pada rambut, kemudian biarkan selama 2 jam. Sebelum keramas, bilas sampai bersih jangan sampai ada minyak yang tersisa.

2. Keramas

Setelah rambut benar-benar tak ada minyak yang tersisa, tahap selanjutnya  adalah keramas. Untuk rambut mengembang, pilihlah shampoo yang mengandung keratin karena akan membuat rambut lurus sempurna dan tidak mengembang.

Jangan menggunakan shampoo yang mengandung  ammonium lauryl sulphate atau sodium lauryl sulphate karena kedua bahan tersebut bersifat keras.

3. Menggunakan Kondisioner

Foto: SehatQ

Selanjutnya setelah keramas, masih dalam keadaan basah gunakan kondisioner rambut. Pilihlah kondisioner dengan kandungan yang bisa digunakan untuk mencegah rambut mengembang.

Aplikasikan kondisioner hanya pada batang rambut saja, kemudian diamkan selama 5 menit. lalu bilas dengan air bersih. 

4. Menggunakan Hair Tonic

Tahapan hair care routine untuk rambut kering dan mengembang selanjutnya adalah dengan menggunakan hair tonic. Hair tonic berperan dalam memberikan nutrisi baik pada kulit kepala.

Dengan menggunakan hair tonic beberapa masalah rambut seperti rambut mengembang bisa dengan cepat diatasi. Gunakan hair tonic saat rambut dalam keadaan setengah basah setelah dikeramas. Pastikan juga kamu jangan berlebihan menggunakan hair tonic, agar rambut tidak lepek ya Ladies.  

5. Menggunakan Hair Vitamin

Foto: Kamini

Setelah rambut hampir kering, langkah berikutnya untuk perawatan rambut kering dan mengembang adalah dengan mengaplikasikan hair vitamin untuk mencegah rambut mengembang.

Cukup aplikasikan hair vitamin hanya pada bagian batang rambut saja. Selain dengan menggunakan hair vitamin, kamu juga bisa memperoleh vitamin yang baik untuk rambut dengan cara mengonsumsi makanan sehat, seperti telur, biji-bijian, bayam dan kacang-kacangan.

6. Menggunakan Hair Mist

Tahap terakhir buat kamu yang punya aktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk menggunakan hair mist agar rambut kamu tetap wangi sepanjang hari. Selain memilih wangi yang kamu suka,kamu juga harus pilih hair mist yang mengandung nutrisi yang baik buat rambut untuk mencegah rambut kembali mengembang

Nah, begitulah 6 tahapan atau cara hair care routine yang benar dari awal hingga akhir. Semoga bermanfaat, Ladies