5 Cara Menghilangkan Maskara Waterproof, Mudah dan Anti Ribet

Rabu, 22 September 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

5 Cara Menghilangkan Maskara Waterproof, Mudah dan Anti Ribet

Foto: Ladiestory.id

Maskara memang ampuh banget membuat efek bulu mata yang lentik yang bikin penampilan semakin cantik. Saat ini maskara waterproof lebih banyak dipilih karena bulu mata bisa tampil lentik seharian dan tidak akan luntur akibat keringat.

Namun, maskara waterproof lebih sulit untuk dihapus oleh pembersih makeup biasa. Dilansir dari Klik Dokter, residu maskara yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata.

Cara Membersihkan Mascara Waterproof

Membersihkan maskara berjenis waterproof memerlukan pembersih khusus, yaitu pembersih yang ada kandungan minyaknya. Tak hanya pemilihan makeup removernya, tapi teknik membersihkannya juga perlu diperhatikan agar maskara waterproof bisa bersih dengan sempurna dan menghindari risiko infeksi pada mata.

Simak langkah-langkah membersihkan maskara waterproof berikut ini yang siap membantumu.

1. Bersihkan maskara waterproof dengan makeup remover dengan bahan dasar minyak

Foto: Ladiestory.id

Karena sifatnya yang waterproof, maskara jenis satu ini akan sulit untuk dibersihkan dengan air biasa. Untuk itu dibutuhkan pembersih makeup khusus membersihkan makeup waterproof.

Cleansing oil bisa jadi pilihan bagus untuk meluruhkan maskara waterproof. Selain cleansing oil, kamu bisa menggunakan alternatif, seperti baby oil, micellar water dengan kandungan oil-infusion, minyak zaitun, atau VCO (Virgin Coconut Oil).

2. Tuangkan makeup remover ke atas kapas

Setelah memilih pembersih makeup yang tepat, siapkan kapas. Lalu, tuangkan makeup remover ke atas kapas. Teteskan sekitar 3 tetes makeup remover di atas kapas yang tipis.

Kapas tipis lebih direkomendasikan agar makeup remover tidak cepat mubazir dan lebih mudah membersihkan maskara. Kamu bisa juga menggunakan kapas biasa yang dibagi menjadi dua.

3. Tahan kapas di atas mata selama 15 detik

Foto: Ladiestory.id

Setelah itu, jangan langsung menggosok kapas ke atas bulu mata karena akan menimbulkan kerontokan pada bulu mata dan dapat memicu pembentukan kerutan di area mata karena kulit mata sangatlah tipis.

Sebaiknya, tahan dulu kapas berisi cairan makeup remover di atas mata sekitar 15 detik sambil memejamkan mata sampai kotoran menjadi luruh dengan makeup removernya.

4. Gosokkan secara perlahan ke atas bulu mata

Foto: Ladiestory.id

Berikutnya, sehabis mengompres mata dengan kapas dan makeup remover, gosokkan dengan lembut secara maju mundur sampai sisa-sisa maskara terangkat sempurna.

5. Lanjutkan tahap pembersihan wajah

Foto: Ladiestory.id

Selanjutnya, lanjutkan tahap pembersihan makeup dengan membersihkan wajah secara menyeluruh dengan menggunakan second cleanser. Saat membersihkan wajah dengan second cleanser, pastikan juga membersihkan area bulu mata untuk mengangkat sisa-sisa maskara dengan maksimal.

Itulah 5 tahap untuk menghilangkan maskara waterproof secara maksimal yang perlu kamu tahu. Pastikan untuk membersihkan maskara waterproof secara cermat dengan pembersih makeup yang tepat agar mata tetap bersih dan terhindar dari iritasi mata.