Cara Mudah Hilangkan Bibir Hitam dengan 5 Tips Ini!

Minggu, 28 November 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Cara Mudah Hilangkan Bibir Hitam Dengan 5 Tips Ini!

Foto: beautylish

Ladiestory.id - Bibir hitam dapat mengganggu penampilan bagi sebagian orang. Tapi hal tersebut tak perlu dianggap sebagai masalah yang serius, sebab bibir hitam tetap dapat diatasi dengan mudah.

Cara Mencerahkan Bibir Hitam

Berikut adalah berbagai cara untuk mencerahkan bibir hitam supaya warnanya kembali merah merona.

1. Rutin untuk Melakukan Scrub bibir

Foto: vivianewoodard

Tips yang dapat dilakukan dengan mudah dalam mencerahkan bibir hitam adalah dengan mengoleskan scrub bibir. Kalau kurang percaya dengan produk buatan, kita dapat memakai scrub bibir alami sendiri di rumah.

Coba lakukan scrub bibir alami dengan bahan yang terbuat  dari campuran gula pasir dan minyak almond atau madu yang baik untuk melembutkan permukaan kulit bibir. 

Manfaat dari eksfoliasi adalah meningkatkan sirkulasi darah pada area bibir sekaligus merangsang produksi kolagen sehingga warna bibir bisa kembali seperti semula. 

2. Mulai Menggunakan Lip Balm dengan Kandungan SPF

Lip balm menjadi produk penting untuk mencerahkan bibir hitam. Namun pastikan kamu memilih dan menggunakan lip balm yang dilengkapi SPF yang tepat. Manfaat dari lip balm adalah melembapkan bibir, melindungi permukaan kulit bibir dari paparan sinar matahari. 

Kandungan penting yang perlu dimiliki pada lip balm adalah gliserin, minyak mineral, aloe vera, lactic acid, dan sorbitol.

Fungsi dari kandungan adalah melembapkan kulit. Usahakan untuk menghindari lip balm dengan kandungan perasa dan pemanis buatan karena dapat menyebabkan reaksi alergi. Dampaknya sama dengan kandungan paraben dan zat wewangian yang berisiko membuat kulit iritasi. 

3. Bangun Kebiasaan Minum Air Putih yang Cukup

Foto: Ladiestory.id

Bahaya dari mengonsumsi kafein berlebihan adalah dehidrasi. Maka perlu diperhatikan jika tubuh membutuhkan asupan cairan tubuh minimal 8 gelas per hari. 

4. Atasi dengan Menggosokkan Lemon

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan bibir hitam adalah buah lemon. Selain itu, ada manfaat lain dari buah-buahan sitrus seperti lemon yang berperan sebagai penghambat melanin.

Usahakan untuk setiap malam sebelum tidur, mulai potong lemon dan gosokkan salah satu irisannya pada permukaan bibir khususnya pada bagian yang berairnya. Setelah itu, bilas bibir dengan air dingin pada pagi hari.

Kebiasaan yang dilakukan secara rutin akan membantu memerahkan bibir yang hitam, apalagi jika dilakukan  setiap malam hari kurang lebih selama 30 hari membuat bibir menjadi lebih cerah.

5. Ingat untuk Selalu Bersihkan Make Up Sebelum Tidur

Foto: makeup

Meskipun hal ini terkadang sering dilupakan karena rasanya ketika tubuh lelah, membersihkan make up jadi sesuatu yang malas dilakukan tapi hal ini penting.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencegah bibir hitam adalah membersihkan make up di wajah, bahkan area bibir, sampai bersih sebelum tidur di malam hari. 

Cara yang mudah untuk dilakukan adalah mengusap permukaan bibir dengan kapas yang telah dibasahi make up remover sebelum tidur guna memastikan tidak ada produk kosmetik bibir yang masih tersisa. 

Jika cara di atas dilakukan secara rutin, niscaya bibir hitam dapat lebih cerah. Namun, tentunya membutuhkan waktu dan ketelatenan agar bibir hitam dapat teratasi sempurna, sebab ada banyak faktor yang memengaruhinya.