Tak Perlu Bingung, Begini Cara Pakai Masker Organik yang Benar

Selasa, 21 Desember 2021 | 10:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tak Perlu Bingung, Begini Cara Pakai Masker Organik Yang Benar

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan masker wajah. (Special)

Ladiestory.id - Kulit wajah yang bersih dan sehat menjadi idaman bagi setiap perempuan. Oleh sebab itu, para perempuan berlomba-lomba untuk melakukan perawatan wajah dengan berbagai cara.

Hal yang wajar dan umum yang dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan skincare yang cocok setiap hari. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kebanyakan perempuan juga menggunakan masker wajah, salah satu produk perawatan kecantikan yang telah ada sejak zaman dulu.

Masker sendiri memiliki banyak fungsi seperti menutrisi, membersihkan, melembabkan, mengencangkan, mencerahkan hingga menenangkan kulit yang bermasalah. Bila digunakan secara rutin, masker wajah dapat memberi banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Pada umumnya masker wajah memiliki beberapa tekstur yang tersedia diantaranya gel, pasta dan serbuk yang dioleskan untuk membersihkan dan mengencangkan kulit. Tapi seiring berkembangnya produk-produk skincare, masker wajah juga mengalami banyak perkembangan.

Hal ini disebabkan peminat dan produsen yang tinggi. Selain itu, masker tersedia dalam berbagai jenis yang memiliki manfaat dan kegunaan yang berbeda-beda, salah satunya masker organik.

Apa itu masker organik? Masker organik biasanya memiliki tekstur bubuk yang terbuat dari bahan alami, seperti buah atau tanaman herbal lainnya. Karena mengandug bahan alami, masker organik cenderung aman digunakan oleh remaja.

Bahkan yang menjadi keistimewaan masker organik adalah harganya yang cukup terjangkau. Sehingga tak heran jika masker organik banyak digemari oleh kaum hawa. Lalu tahukah Kamu bagaimana cara pakai masker organik?

Cara Pakai Masker Organik yang Baik dan Benar

Pada umumnya, tekstur dari masker organik adalah bubuk, sehingga sebelum Kamu menggunakan masker wajah satu ini perlu menyiapkan adonan masker terlebih dahulu. Cukup tuang bubuk masker organik ke wadah dan seduh dengan air matang atau air mineral sehingga tekstur menyerupai pasta. Lantas bagaimana cara pakai masker organik yang baik dan benar?

1. Membersihkan Kulit Wajah

Ilustrasi perempuan mencuci muka. (Ladiestory.id)

Cara pakai masker organik selalu dilakukan dengan membersihkan kulit wajah. Kamu bisa mencuci muka dengan produk sabun muka yang cocok dengan kulit. Jika Kamu pulang selepas berpergian, sebaiknya bersihkan muka dengan double cleansing agar sisa makeup bahkan minyak bisa terangkat.

Langkah ini menjadi salah satu upaya agar masker organik dapat bekerja secara maksimal. Setalah cuci muka, Kamu dapat mengeringkan wajah dengan tisu maupun handuk yang lembut.

2. Aplikasikan Masker ke Wajah

Jika muka benar-benar sudah bersih, maka Masker organik yang sudah diseduh siap diaplikasikan ke muka. Kamu dapat menggunakan aplikator spatula atau kuas masker untuk pengaplikasian masker wajah ini. Menggunakan aplikator membantu agar masker dapat merata ke seluruh bagian wajah.

Namun jika Kamu tidak memilikinya, salah satu solusinya adalah menggunakan tangan. Namun pastikan tangan Kamu sudah bersih sebelum menyentuh wajah ataupun masker organik tersebut. Hindari bagian mata agar tidak terjadi iritasi.

3. Diamkan Masker Organik

masker
Ilustrasi perempuan memakai amsker wajah. (Special)

Pada dasarnya, semua masker wajah perlu didiamkan beberapa menit sebelum dibilas. Hal ini juga berlaku bagi masker organik, yang perlu didiamkan selama 10 hingga 15 menit.

4. Cuci Muka Kembali

Setelah masker organik kering, Kamu diperbolehkan untuk membilasnya dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Kamu bisa menggunakan air hangat ketika membilas masker wajah.

Seusai menggunakan masker organik, Kamu dapat berlanjut ke tahap skincare selanjutnya. Namun, masker organik saja tidak cukup untuk mendapatkan kulit yang bersih dan sehat, diperlukan bantuan skincare dan pola hidup sehat untuk menunjangnya.