Jangan Salah, Ini 5 Cara Pakai Sunscreen yang Benar agar Terlindung dari Matahari

Rabu, 10 November 2021 | 10:07:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Jangan Salah, Ini 5 Cara Pakai Sunscreen Yang Benar Agar Terlindung Dari Matahari

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Sunscreen adalah tabir surya yang memiliki tekstur ringan dan tipis, serta tidak meninggalkan noda warna keputihan (whitecast) seperti sunblock.

Krim sunscreen bekerja seperti spons yang mampu menembus lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah terlanjur masuk ke dalam kulit.

Cara Pakai Sunscreen yang Benar

Cara pemakaian sunscreen haruslah tepat agar manfaatnya benar-benar maksimal. Lantas, bagaimana cara pakai sunscreen yang benar? Simak tipsnya berikut ini. Catat ya, Ladies cara pakai sunscreen yang benar agar kulit kamu benar-benar terlindung dari sinar matahari.

1. Pakai Sunscreen 15 hingga 30 menit Sebelum Beraktivitas di Luar Ruangan

Foto: Ladiestory.id

Cara memakai sunscreen yang benar dilakukan 15 hingga 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Berbeda dengan sunblock yang dapat bekerja langsung begitu selesai dioleskan ke kulit, penggunaan sunscreen membutuhkan waktu untuk bisa menyerap ke dalam kulit.

Sementara, manfaat sunscreen membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit untuk benar-benar dapat menyerap sebelum bekerja melindungi kulit.

Jika kamu baru menggunakan sunscreen beberapa saat sebelum beraktivitas di luar ruangan, kulit bisa jadi tidak mendapatkan perlindungan apapun sehingga berisiko mengalami kulit terbakar matahari.

2. Kocok Sunscreen Sebelum Mengoleskannya pada Kulit

Cara memakai sunscreen berikutnya adalah dengan mengocok wadahnya terlebih dulu sebelum mengaplikasikannya pada kulit.

Cara ini bertujuan untuk mencampur seluruh partikel yang mungkin saja menggumpal pada wadahnya. Hal ini berlaku juga untuk jenis sunscreen dalam wadah tube atau spray.

3. Pakai Sunscreen Secukupnya

Foto: Ladiestory.id

Cara memakai sunscreen yang benar berikutnya dengan mengeluarkannya sepanjang 2 jari tangan, yakni 1 jari telunjuk dan 1 jari tengah.

Kemudian, oleskan sunscreen ke seluruh permukaan wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan. Namun, berhati-hatilah saat mengoles sunscreen pada area sekitar mata.

Selain dalam bentuk krim, beberapa orang mungkin menggunakan sunscreen dalam bentuk semprot atau spray. Setelah disemprot, usapkan residunya sampai meresap sempurna ke pada kulit.

Pastikan kamu menggunakannya dengan cukup dan mampu melindungi seluruh permukaan kulit wajah secara merata.

4. Oleskan secara Merata ke Seluruh Bagian Tubuh Lainnya

Setelah sunscreen dioleskan secara merata pada wajah, bagian tubuh lainnya juga perlu menggunakan sunscreen. Untuk area tubuh lainnya, orang dewasa membutuhkan pemakaian sunscreen sekitar 1 ons atau setara dengan 1 cangkir takar obat sirup guna dioleskan pada seluruh tubuh.

Kamu bisa oleskan sunscreen secara merata pada bagian tubuh yang tidak tertutup baju atau  yang dapat terpapar sinar matahari.

Seperti, area tengkuk, leher, dada, belakang telinga, siku, area belakang lutut, dan kaki. Pada permukaan bibir, kamu bisa mengoleskan pelembap yang mengandung SPF 15.

5. Oleskan Beberapa Kali dalam Sehari

Foto: Ladiestory.id

Sunscreen perlu dilakukan beberapa kali dalam sehari atau lebih tepatnya setiap 2 jam sekali. Hal ini karena penggunaan sunscreen satu kali sebelum beraktivitas di luar ruangan belum tentu dapat memberi perlindungan kulit maksimal dari paparan sinar matahari.

Terlebih, tabir surya bisa luntur setelah kamu berkeringat, berenang, atau melakukan aktivitas olahraga yang berat. Kamu bisa segera mengoles sunscreen kembali setelah 30 menit beraktivitas di bawah sinar matahari.

Hal ini juga berlaku bila kamu menggunakan sunscreen dengan label water resistant atau tahan terhadap air.

Nah, Ladies itulah 5 cara pakai sunscreen yang benar agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari. Ternyata, memakai sunscreen di pagi hari saja tidak cukup, ya. Agar kulit terlindungi dari sinar matahari secara maksimal, jangan lupa untuk memakai sunscreen dengan benar.