5 Cara Perawatan Knitwear agar Awet dan Tak Mudah Melar

Jumat, 25 November 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Cara Perawatan Knitwear Agar Awet Dan Tak Mudah Melar

Ilustrasi cardigan rajut. (Special)

Ladiestory.id - Knitwear atau pakaian rajut memang sedang hype belakangan ini. Pasalnya, jenis pakaian ini cocok digunakan dalam berbagai acara baik acara santai maupun acara semi formal. Dengan mengenakan knitwear, maka akan membuat penampilanmu makin stylish.

Meskipun banyak digandrungi, namun knitwear juga punya kekurangan, Ladies. Jika perawatan knitwear salah, maka akan menyebabkannya cepat melar atau bahkan benangnya menjadi berbulu.

Oleh karena itu, perlu perawatan khusus agar knitwear tetap awet dan tidak mudah melar. Ladiestory.id telah merangkum lima cara perawatan knitwear yang tepat agar tidak mudah melar dan tetap awet.

Pisahkan Saat Mencuci

Ilustrasi mencuci baju. (Special)

Cara perawatan knitwear yang pertama adalah lakukan langkah mencuci yang tepat. Sebaiknya ketika mencuci knitwear, pisahkan dengan jenis pakaian lain, seperti kaos maupun kemeja. Tujuannya adalah agar bagian luar baju tidak bergesekan dengan jenis pakaian lain yang dapat menyebabkan knitwear menjadi berbulu.

Kamu tetap bisa lho mencuci knitwear dengan mesin cuci. Namun, sebaiknya gunakan mode hand washing ya agar knitwear tidak mudah rusak. Kalau kamu ingin mencucinya dengan tangan juga lebih bagus. Kamu tidak perlu memeras knitwear setelahnya, cukup ditekan dan gunakan air dingin saat membilas.

Hindari Penggunaan Softener

Ilustrasi pelembut dan pewangi pakaian. (Special)

Meskipun fungsi softener adalah untuk melembutkan pakaian, namun softener tidak cocok digunakan pada knitwear. Pasalnya, softener dapat membuat serat-serat dari knitwear menggumpal. Kalau kamu ingin tetap menggunakan softener, maka kamu bisa menggunakannya pada bilasan terakhir dengan takaran yang sedikit.

Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari penggunaan pemutih pada knitwear. Kandungan yang ada dalam pemutih pakaian ternyata dapat merusak pakaian dari bahan rajut.

Tak Perlu Disetrika

Manfaat menyetrika. (Special)

Jika kamu ingin knitwear milikmu tetap awet dan tidak melar, maka sebaiknya hindari menyetrikanya ya, Ladies. Umumnya, pada label baju knitwear terdapat larangan untuk menyetrika pakaian tersebut.

Karena dengan menyetrika knitwear, maka akan membuat pakaian rajut milikmu akan cepat melar. Namun, jika kamu tetap ingin menyetrikanya agar terlihat lebih rapi, kamu bisa gunakan setrika uap. 

Sebenarnya ada cara lain untuk membuat knitwear tetap terlihat rapi meskipun tanpa disetrika. Kamu bisa menjemurnya pada tempat yang datar dan ratakan permukaan knitwear yang masih basah dengan tangan agar tidak timbul kerutan.

Jangan Digantung

Ilustrasi ukuran baju. (Special)

Kesalahan yang sering dilakukan saat menyimpan knitwear adalah menyimpannya dengan cara digantung. Cara penyimpanan yang seperti ini sebaiknya kamu hindari ya. Pasalnya, menyimpan knitwear dengan digantung dapat membuat serat pakaian knitwear memanjang dan melar.

Otomatis, knitwear milikmu akan berubah bentuk karena melar. Jika kamu terpaksa harus menggantung knitwear, maka sebaiknya hindari untuk menggunakan penjepit pakaian. Karena penggunaan penjepit pakaian akan menimbulkan bekas pada knitwear milikmu. 

Cara menyimpan knitwear yang tepat adalah dengan melipatnya. Kamu juga perlu memastikan bahwa knitwear telah kering sempurna serta tidak ada bagian yang basah sebelum melipat dan menyimpannya ke dalam lemari.

Gunakan Pisau Cukur

Ilustrasi pisau cukur. (Special)

Jika kamu mempunyai knitwear yang telah menggumpal serat kainnya, kau masih bisa lho memperbaikinya. Serat yang menggumpal tersebut biasanya muncul karena mencuci knitwear dengan menggunakan mesin cuci dan terjadi gesekan dengan pakaian yang lain.

Jika sudah muncul benang-benang yang menggumpal tersebut, kamu bisa memotongnya dengan menggunakan pisau cukur. Kamu bisa gunakan pisau cukur listrik untuk merapikan benang-benang tersebut agar lebih efisien dan knitwear milikmu akan tampak seperti baru lagi.

Itulah beberapa cara perawatan knitwear yang tepat agar tetap awet dan tidak melar. Yuk rawat knitwear kesayanganmu dengan lima cara di atas!