5 Cara Pilih Produk Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

Selasa, 30 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Cara Pilih Produk Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

Ilustrasi membersihkan wajah. (pinterest)

Ladiestory.id - Kesehatan dan kebersihan kulit harus diperhatikan, khususnya kulit wajah. Pasalnya, tak jarang kondisi kulit wajah mulai bermasalah, seperti komedo, kulit berminyak, iritasi hingga berjerawat.

Hal ini bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Untuk itu, kamu pun perlu memperhatikan kebersihan kulit wajah dengan memilih produk pembersih wajah yang cocok sesuai jenis kulit. Berikut beberapa cara memilih pembersih wajah sesuai jenis kulit.

Kulit Berminyak

Ilusrasi Kulit Berminyak. (pinterest)

Bagi kamu si pemilik kulit wajah berminyak sebaiknya hindari kandungan produk pembersih wajah dengan essential oil, karena akan membuat tampilan wajahmu semakin berminyak. Tak hanya itu, kandungan essential oil pada produk pembersih wajah juga dapat membuat kulit wajah lebih lengket, munculnya komedo hingga pori-pori kulit semakin tersumbat.

Kamu bisa memilih produk pembersih wajah dengan kandungan ekstrak rice atau microbeads yang dapat menyerap minyak wajah terserap secara optimal. Kandungan tersebut juga dapat membantu melembapkan kulit wajah, mengencangkan dan kulit menjadi kesat.

Kulit Kering

Ilustrasi Kulit Kering. (pinterest)

Bagi pemilik kulit tipe kering, maka kamu dapat memilih kandungan produk pembersih wajah dengan kandungan rose oil yang dapat membantu menghidrasi kulit wajah sekaligus melembapkan kulit. Rose oil juga mampu mengangkat kotoran yang menempel di wajah serta memiliki kandungan vitamin A yang baik bagi pemilik kulit kering.

Kulit Sensitif atau Kulit Kombinasi

Ilustrasi Kulit Sensitif. (pinterest)

Bagi kamu yang memiliki tipe kulit sensitif atau kulit kombinasi, maka kamu dapat beralih menggunakan produk pembersih wajah yang bebas dari bahan pewangi, hipoalergenik, bebas paraben, serta produk pembersih wajah yang tidak membuat iritasi kulit, khususnya terhadap kulit sensistif.

Kamu juga bisa menggunakan produk facial cleanser yang mengandung bahan dasar air, seperti micellar water yang cocok digunakan bagi pemilik kulit sensitif atau kulit kombinasi.

Kulit Berjerawat

Ilustrasi Kulit Berjerawat. (pinterest)

Kulit berjerawat bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Salah satu produk pembersih wajah yang dapat kamu gunakan ialah dengan kandungan formula tea tree. Kandungan ini dapat membantu mengatasi dan menghilangkan jerawat membandel di kulit wajah.

Dilansir Healthline, kandungan formula tea tree ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, yang dapat memberikan sensasi menenangkan akibat rasa gatal, perih, kemerahan hingga pembengkakan kulit akibat jerawat.

Pori-pori Kulit yang Besar

Ilustrasi Pori-pori Besar. (pinterest)

Memiliki pori-pori kulit wajah yang besar kamu juga harus hati-hati memilih produk kecantikan yang cocok dengan jenis dan masalah kulit. Bagi kamu pemilik pori-pori kulit yang besar, kamu bisa menghindari jenis produk pembersih wajah dengan kandungan scrub.

Hal ini dikarenakan kandungan pembersih wajah scrub dapat melukai kulit dan membuat kulit menjadi iritasi. Maka dari itu, untuk mengatasinya, kamu dapat memilih produk dengan kandungan lemon yang kaya akan vitamin C yang dapat membantu mengatasi pori-pori wajah yang besar dan tersumbat.

Penting untuk diingat, selalu pastikan kandungan yang cocok pada pembersih wajah agar tidak mengakibatkan timbulnya masalah kulit baru yang bisa semakin fatal. Semoga bermanfaat!