5 Cara Rawat Kuku Secara Alami agar Tetap Sehat dan Indah

Senin, 11 Juli 2022 | 11:30:00

5 Cara Rawat Kuku Secara Alami Agar Tetap Sehat Dan Indah

Ilustrasi Kecantikan Kuku menjadi Idaman Wanita. ( Instagram : Luba Bali )

Ladiestory.id - Menurut perempuan, kuku adalah bagian tubuh yang sangat penting. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, teknik merawat kuku menjadi sebuah tren tersendiri. Hal itu ditujukan untuk membuat kuku para perempuan semakin bagus dan indah untuk dipandang.

Bagi perempuan, kuku adalah bagian tubuh yang harus dirawat secara rutin, sama halnya merawat rambut, wajah, kulit, dan bentuk tubuh. Bahkan, tidak sedikit perempuan yang menyisihkan uangnya untuk bisa merawat kuku di jemari tangan maupun kaki. Lalu, tahukah ladies, bagaimana caranya merawat kuku secara alami agar selalu sehat? Berikut Ladiestory.id rangkum untuk k,amu.

Makanan Sehat, Bergizi dan Higienis

Ilustrasi perempuan sehat. (Special)

Dilansir diynatural, cara pertama untuk merawat kuku kamu secara alami yaitu dengan makan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan tersebut harus mencakup semua hal yang diserap oleh tubuh dengan kadar kalori yang sesuai, seperti karbohidrat, protein hewani, protein nabati, mineral, serta vitamin. Vitamin disini bisa didapat dari berbagai macam buah-buahan favorit kamu. Lalu, pastikan juga makanan ini terjaga kebersihannya dan jangan sampai mengandung bakteri berbahaya bagi pencernaan kamu.

Pangkaslah Kukumu Secara Rutin

Ilustrasi Menggunting kuku. ( herzindagi )

Cara berikutnya dilansir diynatural adalah memangkas kukumu secara rutin ya, ladies. Karena jika kuku kamu panjang, hal itu sangat berisiko patah, sehingga dapat mengganggu aktivitas harianmu, seperti untuk menulis dan memasak. Itupun sama berlakunya jika kuku kaki kamu patah. Hal tersebut dapat mengganggu kegiatan kamu, misalnya dalam berjalan kaki atau berolahraga.

Gunakan Cat Kuku yang Alami

Ilustrasi mengecat kuku yang alami. ( Kosmopolitan )

Kemudian cara selanjutnya untuk merawat kuku seperti dilansir stylecraze adalah dengan menggunakan cat kuku dari bahan alami. Hal itu sangat dianjurkan karena dapat mencegah dari efek samping yang begitu luas terhadap kuku-kuku kamu di kemudian hari. Efek samping yang ditimbulkan dari cat kuku dengan bahan kimia seperti aseton dapat menyebabkan kuku kamu rusak serta penyakit kulit.

Jangan Gigiti Kuku

Ilustrasi menggigit kuku. ( texas a&m kesehatan )

Cara yang terbilang mudah dilansir healthline tentu dengan tidak memotong kuku kamu dengan cara menggigitnya karena dapat menyebabkan rusaknya permukaan kuku dan luka. Karena jika terjadi luka dalam kuku, maka akan masuk bakteri atau benda asing lain kedalam tubuh sehingga menyebabkan infeksi di kemudian hari. Selain itu, dengan menggigit kuku juga dapat menjadi pintu masuk bakteri lewat mulut, apalagi jika kuku kamu tidak terjaga kebersihannya.

Hindari Pakai Sepatu yang Sempit

Hindari Sepatu Sempit. ( Uzone )

Lalu cara terakhir khusus kuku di kaki kamu dilansir Marathonhandbook. Hindarilah menggunakan alas kaki yang sempit sehingga menyebabkan kaki kamu tertekan. Ya, menggunakan sepatu yang sempit dapat menyebabkan tekanan kepada kaki dan tentunya kuku kamu ya, ladies. Usahakan menggunakan alas kaki atau sepatu yang lebih longgar agar dapat memberikan ruang kepada udara di dalam sepatu.

Itulah beberapa cara merawat kuku kamu agar tetap sehat secara alami, sehingga dapat menunjang kamu dalam beraktivitas.