Tahan Lama dan Tetap Sehat, Lakukan 8 Cara Rawat Rambut Smoothing

Sabtu, 1 Januari 2022 | 23:45:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Tahan Lama Dan Tetap Sehat, Lakukan 8 Cara Rawat Rambut Smoothing

Illustrasi Rambut Smoothing. (Special)

Ladiestroy.id - Smoothing merupakan teknik pelurusan rambut dengan bahan kimia, yang bertujuan Tujuannya mengembalikan susunan rambut supaya terlihat lebih halus. Teknik ini menjadi salah satu opsi bagi perempuan yang menginginkan rambut lurus.

Teknik pelurusan rambut ini memiliki sifat yang hanya sementara. Sebab rambut yang di-smoothing biasanya cuma bertahan selama empat hingga enam bulan. Jenis rambut juga memengaruhi berapa lama daya tahan smoothing tersebut. Kalau Kamu memiliki rambut yang lurus, maka smoothing akan bertahan lebih lama dibanding rambut yang bergelombang atau keriting.

Cara Merawat Rambut Smoothing

Meski demikian, rambut yang di-smoothing tetap perlu perawatan agar bertahan lama dan tetap sehat. Ladiestory.id merangkum beberapa cara merawat rambut smoothing.

1. Jangan Langsung Keramas Setelah Smoothing

Ilustrasi cara merawat rambut smoothing. (Special)

Agar rambut smoothing tetap halus terjaga, hindari keramas tepat setelah smoothing. Hal ini dikarenakan proses smoothing menggunakan obat pelurus rambut, sehingga jika langsung dibilas obatnya pun akan luntur. Baiknya, diamkan rambutmu selama tiga atau empat hari sampai obat pelurus terserap dengan baik. Jika tidak, usaha Kamu pergi ke salon untuk smoothing jadi sia-sia.

2. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Sering

Ilustrasi cara merawat rambut smoothing. (Special)

Salah satu cara merawat rambut smoothing adalah dengan tidak terlalu sering mengikat rambut. Ada baiknya hindari mengikat rambut. Sebab karet rambut akan meninggalkan bekas gelombang ketika kita selesai mengikatnya. 

3. Hindari Terlalu Sering Keramas

Kebiasaan keramas yang terlalu sering juga harus dikurangi setelah smoothing. Bukan tanpa alasan, sampo dan air mampu membuat bahan kimia smoothing lebih cepat hilang. Untuk menjaga kebersihan rambut, Kamu cukup keramas minimal tiga kali dalam seminggu.

4. Gunakan Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Untuk merawat rambut smoothing, gunakan sampo dan kondisioner bebas sulfat. Hal ini berguna untuk mempertahankan kelembapan rambut. Pilihlah sampo dan kondisioner berkualitas agar hasil yang didapatkan pun lebih maksimal.

5. Jangan Gunakan Catokan dan Hair Dryer

Ilustrasi cara merawat rambut smoothing. (Special)

Setelah smoothing, hindari penggunaan catokan dan hair dryer. Lebih baik, biarkan rambut Kamu kering secara alami. Dengan tidak menggunakan styling tools, rambut smoothing dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

6. Rutin Gunakan Vitamin Rambut

Ilustrasi cara merawat rambut smoothing. (Special)

Rambut yang diluruskan atau dibuat curly dengan menggunakan bahan kimia tentunya perlu mendapatkan perhatian ekstra. Tak cukup hanya sampo dan kondisioner, Kamu perlu menambahkan vitamin rambut.

Vitamin rambut akan digunakan pada helaian rambut, tujuannya agar hasil smoothing dapat bertahan dengan baik tanpa merusak helaian rambut. Sehingga rambut tetap tampak sehat dan berkilau.

7. Perhatikan Posisi Tidur

Pemilik rambut smoothing sebaiknya memerhatikan posisi tidurnya, terlebih tiga hari setelah proses pelurusan rambut. Pastikan rambut tetap lurus dalam posisi tidur, untuk mencegah rambut kembali seperti semula.

8. Gunakan Sisir dengan Gigi Berjarak

Ilustrasi cara merawat rambut smoothing. (Special)

Memilih sisir yang sesuai dengan kondisi rambut sering kali tidak begitu diperhatikan. Padahal menggunakan sisir yang tepat akan memengaruhi kesehatan rambut Kamu.

Bila Kamu memiliki rambut rontok dan baru saja melakukan smoothing, Kamu perlu menggunakan sisir bergigi jarang. Tujuannya agar kerontokan rambut dapat berkurang dan memudahkan Kamu untuk mengatur rambut.