6 Cara Reapply Sunscreen, Lindungi Kulit dari Sinar UV Secara Maksimal

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:31:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

6 Cara Reapply Sunscreen, Lindungi Kulit dari Sinar UV Secara Maksimal

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Sunscreen adalah produk skincare yang wajib dipakai setiap hari karena perannya yang krusial untuk menjaga kulit wajah dari paparan sinar matahari. Tahukah kamu ternyata sunscreen tidak cukup dipakai hanya sekali dalam sehari?

Setelah kita mengaplikasikan skincare di pagi hari, kita tentu akan terpapar oleh sinar matahari, debu, dan keringat. Hal ini menyebabkan proteksi yang diberikan oleh sunscreen menurun sehingga kita perlu mengaplikasikan ulang sunscreen agar kulit wajah tetap dapat terlindungi maksimal dari sinar UV.

Cara Mengaplikasikan Ulang Sunscreen

Untuk durasi yang direkomendasikan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen adalah 3 jam setelah pemakaian pertama. Tentunya durasi ini perlu disesuaikan dengan tingkat intensitas sinar matahari dan jenis aktivitas yang dilakukan.

Kalau kamu masih bingung cara untuk mengaplikasikan ulang sunscreen, khususnya saat menggunakan makeup, yuk simak beberapa cara reapply sunscreen berikut ini!

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu sebelum Mengaplikasikan Ulang Sunscreen

cara reapply sunscreen
Foto: Ladiestory.id

Cara reapply sunscreen yang pertama ini bisa dilakukan saat kamu tidak menggunakan makeup dan sedang berada di rumah seharian. Caranya mudah, kamu perlu membersihkan wajah dengan micellar water atau cleansing water agar kulit terbebas dari debu dan kotoran.

2. Lembapkan Wajah dengan Face Mist dan Pelembap

Setelah membersihkan wajah, kulit akan terasa sedikit kering. Untuk mengatasinya, semprotkan face mist agar wajah terasa segar. Atau lanjutkan dengan pelembap sesuai kebutuhan agar kelembapan kulit tetap terjaga.

3. Aplikasikan Sunscreen dengan Takaran yang Sama 

cara reapply sunscreen
Foto: Ladiestory.id

Setelah membersihkan dan melembapkan wajah, kamu bisa aplikasikan kembali sunscreen dengan takaran sebanyak dua jari atau 1/4 sendok teh untuk wajah dan leher. Jumlah takaran dalam sunscreen perlu juga diperhatikan agar kulit wajah mendapat perlindungan optimal dari sinar matahari.

4. Gunakan Bantuan Cushion Puff untuk Mengaplikasikan Sunscreen

Cara reapply sunscreen dengan menggunakan cushion puff bisa kamu terapkan ketika kamu sedang menggunakan makeup. Pertama, tuangkan sunscreen ke atas cushion puff. Lalu, tepukkan cushion puff secara perlahan ke wajah.

Kamu bisa menuangkan sunscreen di atas kedua jari dan ambil sunscreen dengan cushion puff sebelum menepukkan sunscreen ke wajah. Selain menggunakan cushion puff, kamu juga bisa menggunakan beauty sponge untuk mengaplikasikan ulang sunscreen saat sedang memakai makeup.

5. Memilih Sunscreen Jenis Stick untuk Reapply Sunscreen

Sunscreen stick bisa kamu jadikan pilihan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen karena praktis dan tidak merusak makeup. Pilihlah sunscreen stick dengan finish yang sesuai dengan jenis kulit, seperti dewy finish untuk pemilik kulit kering atau matte finish untuk pemilik kulit berminyak.

Meskipun bentuknya stik, sunscreen jenis ini tetap harus diaplikasikan dalam jumlah yang cukup. Oleskan sunscreen stick secara berulang di beberapa area wajah sampai seluruh bagian wajah terlapisi oleh sunscreen.

6. Sunscreen Spray Bisa Jadi Alternatif Praktis untuk Mengaplikasikan Ulang Sunscreen

cara reapply sunscreen
Foto: Ladiestory.id

Sunscreen spray bisa jadi alternatif praktis berikutnya untuk reapply sunscreen. Agar perlindungannya optimal, sebaiknya semprotkan sunscreen terlebih dulu ke telapak tangan baru kemudian dioleskan ke wajah.

Itu dia beberapa cara untuk mengaplikasikan ulang sunscreen agar kulit terlindungi dari sinar matahari secara maksimal. 

Berita Terkait