Catat! Ini Jenis Vitamin yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Vagina

Jumat, 26 Januari 2024 | 13:24:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Catat! Ini Jenis Vitamin Yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Vagina

Ilustrasi Vagina. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Vagina merupakan bagian dari organ reproduksi perempuan yang menghubungkan rahim dan leher rahim ke luar tubuh. Sebagai seorang perempuan, sudah seharusnya untuk merawat vagina dengan baik agar tidak berisiko mengalami gangguan.

Gangguan pada vagina seperti kekeringan, bisa memengaruhi tingkat kesuburan, aktivitas seksual, bahkan kondisi kesehatan seorang perempuan secara keseluruhan. Kekeringan pada vagina bisa ditandai dengan rasa tidak nyaman, nyeri saat berhubungan seksual, rasa panas dan gatal, atau bahkan adanya pendarahan pasca berhubungan seksual.

Merawat vagina tidak hanya bisa dilakukan dari luar, namun juga bisa mengonsumsi makanan dan vitamin untuk menjaga kesehatan vagina sebagai bentuk perawatan dari dalam.

Melansir Health Shots, berikut vitamin yang berpengaruh pada kesehatan vagina.

Vitamin D

Ilustrasi Vitamin. (Freepik.com)

 

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Keperawatan dan Kebidanan Iran pada tahun 2015 mengatakan bahwa selain berfungsi memperkuat tulang, vitamin D juga memiliki efek perlindungan terhadap atrofi vagina pada perempuan pascamenopause.

Beberapa studi lainnya juga mengungkapkan bahwa vitamin D mampu meningkatkan lubrikasi pada vagina, serta baik untuk mengurangi kekeringan sekaligus meningkatkan kesehatan vagina. 

Vitamin D bisa juga didapatkan dari ikan sarden, salmon, udang, jamur, dan kuning telur, serta berjemur di matahari pagi.

Vitamin E

Ilustrasi Vitamin. (Freepik.com)

 

Vitamin E berpotensi untuk meningkatkan pelumasan dan mengurangi kekeringan pada vagina, terutama bagi perempuan yang sudah menopause. Selain itu, vitamin E juga bisa mengurangi gejala atrofi vagina.

Atrofi vagina adalah kondisi ketika dinding vagina menjadi kering dan tipis, hingga menyebabkan rasa perih dan gatal.

Vitamin A

Ilustrasi Vitamin. (Freepik.com)

 

Vitamin A berfungsi untuk bantu menjaga kelembapan vagina. Hal ini karena vitamin A berperan penting dalam pembentukan selaput lendir yang meliputi lapisan vagina dan membantu produksi kolagen. 

Vitamin A bisa juga didapatkan dari wortel, bayam, brokoli, dan kacang polong.

Vitamin B

Ilustrasi Vitamin. (Freepik.com)

 

Sistem kekebalan tubuh sangat berpengaruh dalam kesehatan vagina. Vitamin B kompleks yang meliputi B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12 berperan penting dalam membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Vitamin B bisa juga didapatkan pada daging-dagingan, ikan, susu, serta kacang-kacangan.