Cerahkan Wajah dan Cegah Jerawat, Ini 5 Manfaat Licorice dalam Skincare

Selasa, 21 Desember 2021 | 17:40:43

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Cerahkan Wajah Dan Cegah Jerawat, Ini 5 Manfaat Licorice Dalam Skincare

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kulit cerah dan terbebas dari jerawat merupakan sebuah investasi bagi setiap perempuan. Saat ini, terdapat banyak cara untuk mewujudkan kulit cerah dan bebas dari jerawat. Beberapa waktu belakangan ini trend penggunaan skincare menjadi cukup sering dibicarakan. Penggunaan berbagai bahan sebagai kandungan bagi skincare menjadi penting untuk menyesuaikan manfaat apa yang ingin kita dapatkan.

Terdapat bahan alami yang sering digunakan sebagai kandungan skincare. Khusus untuk mencerahkan wajah beberapa bahan seperti Vit C, Niacinamide, Kojic Acid, Alpha Arbutin dan Licorice. Vit C serta Niacinamide menjadi kandungan yang cukup populer namanya. namun siapa sangka, Licorice sebagai salah satu bahan alami pun memiliki banyak fungsi dan manfaatnya. 

Ketahui Licorice Sebagai Kandungan Skincare

Sebagai tumbuhan, Licorice banyak tumbuh di Yunani, Turki serta negara-negara Asia Barat. Lebih dikenal sebagai bahan makanan dan penyedap rasa pada makanan. Selama berabad- abad, Licorice telah digunakan sebagai obat herbal.

Bagi sebagian orang, Licorice mungkin terdengar asing, namun faktanya, Licorice memiliki banyak manfaat yang harus diketahui. Berikut beberapa manfaat kandungan Licorice dalam skincare yang bisa Ladies ketahui.

Mencerahkan Kulit Wajah

Ilustrasi Wajah Cerah. (IStock)
Wajah Cerah. (Special)

Licorice memiliki bahan aktif glabridin, bahan inilah yang memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan lainnya yaitu liquiritin yang berfungsi menghancurkan kelebihan melanin dengan memecahnya dan mengurangi pigmentasi berlebih pada kulit.

Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Licorice mengandung polifenol untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Polifenol berfungsi sebagai antibakteri dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

Wajh Berjerawat dan Kulit Kemerahan. (Special)

Meredakan Peradangan dan Kulit Kemerahan

Licorice juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas kemerahan dan noda hitam di kulit wajah. Selain masalah jerawat kandungan glycyrrhizin pada ekstrak licorice mampu mengurangi gejala iritasi kulit seperti gatal-gatal dan kemerahan yang biasanya dialami pada penyakit seperti psoriasis, rosacea, dan dermatitis atopik (eksim).

Mengontrol Minyak Berlebih di Wajah

Licorice Mengandung likokalkon untuk menyerap kelebihan minyak di wajah, sehingga wajah tidak mudah berminyak dan menghasilkan jerawat. Selain itu, minyak yang berlebihan di wajah bisa menyumbat pori, sehingga menyebabkan komedo. 

Menjaga Kulit dari Sinar UV

Ilustrasi perempuan menggunakan sunscreen. (Special)

Mengandung antioksidan yang tinggi, kandungan Licorice mampu untuk menjaga kulit dari sinar UV yang membahayakan kulit. Dengan menggunakan ekstrak licorice di dalam produk skincare, Ladies gak perlu khawatir wajah akan rusak karena efek sinar UV.