Cocok untuk Pemula, 5 Merek Retinol Ini Wajib Dicoba

Kamis, 16 Desember 2021 | 14:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Cocok Untuk Pemula, 5 Merek Retinol Ini Wajib Dicoba

Ilustrasi memakai skincare. (Special)

Ladiestory.idBagi para pengguna skincare tentunya sudah cukup familier dengan skincare dengan kandungan retinol. Beberapa waktu ini retinol sedang sering dibahas oleh para skincare enthusiast karena beragam manfaatnya.

Kandungan bahan aktifnya dianggap ampuh untuk memudarkan tanda penuaan, mencegah kerusakan kulit sampai mengatasi permasalahan jerawat. Retinol umumnya baik digunakan untuk kulit orang dewasa. Bagi anak-anak atau remaja kandungan bahan aktif dalam retinol ditakutkan terlalu keras dan justru akan membuat iritasi di kulit wajah.

Cara Menggunakan Retinol yang Tepat

Selain itu, penggunaan retinol yang tepat juga perlu dipahami agar retinol dapat bekerja secara sempurna. Berikut penggunaan retinol yang sebaiknya diperhatikan:

  1. Gunakan produk skincare yang kadar retinolnya tidak terlalu tinggi, yakni sekitar 0,2-0,3 persen. 
  2. Selalu cuci muka terlebih dulu sampai bersih. 
  3. Tunggu sampai kulit benar-benar kering sebelum pakai serum retinol. Penggunaan serum yang mengandung retinol saat kulit masih lembap atau basah bisa meningkatkan risiko iritasi.
  4. Teteskan serum yang mengandung retinol sedikit saja ke area wajah. Kemudian, ratakan ke seluruh permukaan wajah seraya memijat kulit secara perlahan. 
  5. Oleskan pelembap setelah menggunakan serum retinol.
  6. Selalu oleskan sunscreen ber-SPF tiap pagi hari selama rutin menggunakan serum mengandung retinol agar kulit tidak iritasi.

Merek Retinol untuk Pemula

Buat Kamu yang tengah mencari merek serum dengan kandungan retinol, berikut Ladiestory.id berikan rekomendasi serum retinol yang cocok digunakan pemula.

1. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Avoskin. (Avoskin.com)
Avoskin Retinol Ampoule. (Avoskin.com)

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule mengandung Actosome Retinol yang terdiri dari 0,09 persen retinol aktif. Serum retinol Avoskin menjadi salah satu produk skincare yang digadang-gadang bagus untuk mencegah munculnya tanda penuaan di kulit, seperti garis-garis halus dan flek hitam.

2. Somethinc 1% Retinol

Somethinc Retinol 1%. (Somethinc.com)
Somethinc Retinol 1%. (Somethinc.com)

Somethinc 1% Retinol adalah serum retinol lokal yang diolah menggunakan teknologi terbaru Gentinol-200 sehingga dinggap lebih stabil dan tidak mudah rusak. Serum ini juga aman untuk kulit yang sensitif karena dibuat stabil pada pH 5-6. Dengan demikian, risiko iritasi pun berkurang.

3. Votre Peau Retinol Barrier Cream

Berbeda dengan skincare terbaik lainnya, Votre Peau Retinol Barrier Cream adalah produk retinol merek lokal yang hadir dalam tekstur krim. Mengandung campuran marine algae, krim ini dapat mengatasi jerawat dan menjadi produk anti aging yang menghapus kerutan halus di wajah.

4. For Skin’s Sake Retinol Serum

FSS retinol. (ForSkinSake.com)
FSS retinol. (ForSkinSake.com)

Serum ini bisa dipakai semua jenis kulit, karena tidak mengandung pewarna buatan, paraben, dan parfum yang biasanya memicu iritasi. Saat dioleskan ke kulit, serum ini tidak menimbulkan rasa lengket. Serum ini mengandung 0,1 persen retinol dan dilengkapi juga dengan hyaluronic acid, minyak jojoba, dan vitamin E sehingga aman digunakan pemula.

5. ElsheSkin Rejuvenating Night Serum

Serum retinol lokal ElsheSkin Rejuvenating Night Serum juga bisa menjadi pilihan bagi Kamu yang sedang mencari cara agar kulit awet muda. Produk ini punya berbagai keunggulan. Bukan tanpa alasan serum ini bisa memberikan berbagai manfaat untuk kulit. Sebab selain retinol, di dalamnya juga terdapat niacinamide, hyaluronic acid, PHA, ekstrak akar licorice, hingga multi-peptide complex.

Selamat mencoba!