Cut Memey Kampanyekan Pentingnya Pembatasan Konsumsi Gula Harian

Senin, 30 Januari 2023 | 17:15:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Cut Memey Kampanyekan Pentingnya Pembatasan Konsumsi Gula Harian

Cut Memey. (Instagram.com/cutmemey)

Ladiestory.id - Indonesia menjadi negara ketiga dengan konsumsi gula tertinggi di ASEAN yang menyebabkan diabetes pada masyarakat. Hal ini diungkap oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Melihat hal tersebut, tidak heran apabila data International Diabetes Federation (IDF) 2021, mengatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat lima sebagai negara dengan kasus diabetes terbanyak di dunia.

Menurut Cut Memey, Penyanyi sekaligus Brand Ambassador STRONG Nation™ di Indonesia, kadar gula yang dibutuhkan setiap hari tidaklah banyak.

"Berdasarkan informasi dari Kemenkes RI, konsumsi gula per hari idealnya 50gram (setara 4 sendok makan) saja. Namun, saat ini sepertinya cukup banyak masyarakat yang mengonsumsi gula lebih dari angka tersebut," ungkap Cut Memey.

Sejalan dengan hal itu, menurut data BPS, rata-rata konsumsi gula putih per kapita per minggu masyarakat Indonesia mencapai 1.123gram pada 2021, yang berarti satu orang di Indonesia mengonsumsi gula pasir sebanyak 160gram dalam sehari.

Sudikno, Peneliti Pusat Riset Kesehatan Masyarakat dan Gizi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga mengatakan, untuk menurunkan risiko hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung koroner dan obesitas, masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat, mengontrol pola makan dan olahraga. Setiap individu diharapkan memperhatikan asupan gizi dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Dalam memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada (25/1/2022) kemarin, Cut Memey bersama dengan STRONG Nation™ ingin membantu meningkatkan pengetahuan mengenai bahaya konsumsi gula berlebih serta pentingnya pemenuhan gizi harian yang seimbang untuk hidup yang lebih sehat.

Senada dengan yang disampaikan Sudikno sebelumnya, simak beberapa tip sehat dari Cut Memey berikut ini.

Jaga Pola Makan Sehat dan Seimbang

Ilustrasi konsumsi makanan sehat. (Special)

Biasakan diri untuk mengonsumsi aneka ragam makanan untuk memperoleh seluruh zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Makanan bergizi seimbang terdiri dari makanan pokok, sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, daging, ikan dan lainnya. Serta, jangan lupa diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, sekitar 8-10 gelas sehari.

Batasi Konsumsi Asupan Manis, Asin, dan Berlemak

Ilustrasi junk food. (Special)

Mengonsumsi asupan manis, asin dan berlemak secara berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, hingga stroke. Selain itu, hal ini dilakukan agar bisa menjaga berat badan ideal dan tubuh menjadi lebih sehat.

Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Ilustrasi Olahraga (Special)

Selain memperhatikan dan menjaga asupan makanan yang masuk, kamu perlu membuat tubuh lebih sehat dengan rutin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Tidak hanya membuat tubuh semakin sehat, rutin berolahraga juga dapat membantu mengontrol berat badan serta membuat tubuh lebih berenergi.

"Bagi pemula, saya dapat menyarankan untuk mengikuti video seri latihan 20 menit selama 7 hari dari STRONG Nation™. Program ini dapat dilakukan sendiri di rumah dengan waktu yang fleksibel serta tanpa memerlukan peralatan tambahan. Tetapi, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya," ujar Cut Memey.

STRONG Nation™. (Special)

"Setelah selesai mengikuti video seri latihan ini, Anda dapat terus bergabung dengan kelas-kelas STRONG Nation™ dengan mencari kelas live atau virtual di strongnation.com. Mari rayakan Hari Gizi Nasional dengan terus meningkatkan kesehatan tubuh melalui pola konsumsi seimbang dan aktif melakukan aktivitas fisik." tutup Cut Memey.