Gitar Hingga Piano, Ini 5 Alat Musik Terbaik Untuk Belajar Anak

Senin, 6 September 2021 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Gitar Hingga Piano, Ini 5 Alat Musik Terbaik Untuk Belajar Anak

Foto: Ladiestory.id

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik adalah nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Pada beberapa orang, musik sudah dikenalkan pada anak-anak sejak dini. Bahkan tak jarang orang dewasa yang menyesal karena tidak mempelajari alat musik saat masih muda. Tak sedikit orang menginginkan kemampuan untuk dapat memainkan alat musik.

Alat Musik untuk Belajar Anak

Mengajarkan musik pada balita dan anak-anak dapat menstimulasi otak mereka. Selain itu, musik juga memiliki banyak manfaat untuk anak, seperti membangun kepercayaan diri, mengembangkan keterampilan, meningkatkan memori, mengurangi stres, dan meningkatkan kreativitas anak. 

Lalu, alat musik apa saja yang cocok untuk dipelajari anak? Berikut 5 alat musik terbaik untuk belajar anak.

1. Drum mengembangkan keterampilan motorik

Alat Musik untuk Belajar
Foto: Ladiestory.id

Drum merupakan salah satu alat musik perkusi, sehingga irama yang dihasilkan cukup familier bagi anak-anak. Sayangnya, drum sering disalah pahami dan mendapat pandangan negatif dari para orang tua.

Padahal, drum menjadi alat musik yang bagus untuk dimainkan oleh anak sejak usia muda dan dapat mengajari anak berbagai keterampilan yang berguna dan bermanfaat.

Hal ini dikarenakan anak-anak sudah memukul sejak dilahirkan untuk membentuk suatu komunikasi. Drum dapat membantu anak-anak melepaskan energi negatif dan agresi yang terpendam.

Selain itu, sebagai salah satu alat musik perkusi, drum juga membantu anak mengembangkan keterampilan motorik, yang umumnya terletak pada gerakan tangan, lengan, dan kaki.

2. Piano mengembangkan otak kiri dan kanan sekaligus

Alat Musik untuk Belajar
Foto: Ladiestory.id

Piano mungkin menjadi alat musik yang sulit untuk dimainkan oleh anak-anak karena ukurannya yang besar dan banyaknya tuts yang mungkin membuat anak bingung. Namun, bermain piano dapat mengajarkan anak untuk melakukan banyak tugas, keterampilan yang dapat digunakan pada bidang lain dalam kehidupan. 

Jika piano tampak terlalu besar, anak-anak dapat belajar menggunakan keyboard. Selain ukurannya lebih ringkas, dengan bermain keyboard, Si Kecil dapat mengeksplorasi beragam jenis suara, seperti suara piano, orgen, dan gitar. Ia pun dapat mengenal irama-irama yang khas, seperti jazz, samba, dan tango.

Piano dan keyboard dapat membantu mengembangkan otak kiri dan kanan sekaligus. Hal ini dikarenakan, anak menggunakan otak kirinya untuk mengingat tuts mana yang harus ditekan untuk membunyikan suatu nada tertentu. Selain itu, ketika bermain musik, ia juga mengembangkan otak kanannya.

3. Gitar melatih koordinasi tangan kanan dan kiri

Alat Musik untuk Belajar
Foto: Ladiestory.id

Gitar menjadi salah satu alat musik terbaik untuk dipelajari karena gitar dapat ditekuni pada usia berapa pun. Bermain gitar dapat dilakukan bersama, sehingga menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak dan orang tua.

Jika gitar dirasa terlalu besar, Anda dapat mengenalkan ukulele pada anak, sebab gerakan memetik senar pada gitar kurang cocok untuk balita atau anak-anak.

Memetik senar gitar atau ukelele memiliki manfaat untuk melatih konsentrasi anak. Hal ini disebabkan, karena anak harus fokus dalam memetik senar dan tangan kirinya pun turut menentukan nada yang akan dihasilkan.

4. Harmonika membantu melatih pernapasan

Alat Musik untuk Belajar
Foto: Ladiestory.id

Harmonika adalah salah satu alat musik yang terlihat mudah dipelajari, tetapi sebenarnya agak sulit. Meskipun demikian, harmonika bagus untuk memperkenalkan anak pada dunia musik. Saat anak bermain harmonika, ia akan meniup, mengisap, dan menggerakkan harmonika ke kanan dan ke kiri.

Di dalam harmonika terdapat plat logam yang akan bergetar dan mengeluarkan nada tertentu bila ditiup maupun diisap. Kegiatan meniup dan mengisap sangat baik untuk melatih pernapasannya.

5. Biola mengajarkan ketekunan

Alat Musik untuk Belajar
Foto: Ladiestory.id

Biola menjadi salah satu alat musik yang kurang ramah, terutama berkaitan dengan telinga ketika dimainkan dengan cara yang tidak tepat. Pada awalnya, belajar biola mungkin sangat sulit untuk dilakukan.

Namun, belajar bermain biola dapat mengajarkan anak ketekunan, dengan hasil akhir yang lebih dari memuaskan. Bermain biola pun dapat melatih anak untuk terus berusaha dan dapat menyelesaikan tantangan.

Beberapa alat musik terbaik di atas dapat diajarkan pada anak sejak usia dini. Meskipun belajar musik terasa sulit di awal, tetapi musik memberi banyak manfaat untuk anak. Mulai dari meningkatkan memori hingga membuat anak merasa lebih percaya diri. Dari deretan alat musik di atas, alat musik apa yang ingin Anda ajarakan pada anak?

 

Berita Terkait