8 Menu Makanan Khas Palembang yang Lezat Menggoda

Minggu, 19 September 2021 | 07:40:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

8 Menu Makanan Khas Palembang yang Lezat Menggoda

Foto: Ladiestory.id

Makanan khas Palembang terkenal dengan pempek dan tekwan, kedua makanan ini terkenal lezatnya dan bisa ditemui di kota-kota besar selain kota asalnya. Tapi bukan hanya pempek saja, ada banyak makanan khas Plaembang lainnya yang lezat dan enak. Apa saja makanan khas Palembang? Simak ulasannya berikut ini.

Daftar Makanan Khas Palembang

Inilah daftar makanan khas Palembang yang terkenal kelezatannya:

1. Pempek  

Foto: Ladiestory.id

Makanan khas Palembang yang satu ini sudah terkenal seantero negeri. Hampir di setiap kota terdapat resto yang menyediakan makanan khas Palembang yang satu ini. Pempek terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu ditambah bermacam bumbu seperti garam, gula, bawang putih dan sebagainya.

Pempek disajikan dengan kuah yang terbuat dari campuran cuka, gula merah dan cabe rawit atau merah. Pempek memiliki berbagai jenis ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan dan pempek kulit.

2. Model

Foto: sumsel.tribunnews

Model adalah nama salah satu makanan khas Palembang, makanan ini mirip dengan pempek yaitu sama-sama terbuat dari ikan dan tepung sagu. Namun ada juga yang terbuat dari gandum.

Cara penyajiannya pun hampir sama dengan pempek dicampur dengan kuah yang terbuat dari campuran cuka, cabe dan gula merah hanya saja penyajian model ditambahkan dengan bihun, udang dan jamur kuping.

3. Tekwan

Foto: food.detik

Makanan khas Plaembang lainnya adalah tekwan, yang juga sama dengan pempek yang dibuat dari ikan dan tepung sagu, hanya saja bentuknya yang bulat dan kuahnya yang dibuat dari kaldu udang.

Untuk cara penyajiannya sama dengan makanan khas Model yang dicampur dengan bihun, udang dan jamur kuping, ditambah dengan bawang goreng dan daun seledri sebagai pelengkap.

4. Burgo

Foto: traveltodayindonesia

Masih makanan khas Palembang yang disajikan dengan kuah  yaitu burgo. Burgo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung sagu yang dimasak tipis-tipis seperti telur dadar.

Burgo disajikan dengan cara disiram dengan kuah kental yang dibuat dari campuran santan, kunyit, lengkuas, ketumbar dan kemiri. Untuk menambah rasa lebih lezat bisa tambahkan telur rebus dan daging ikan sebagai pelengkap saat menyajikannya.

5. Mie Celor

Foto: travelingyuk

Makanan khas Palembang yang satu ini juga disajikan dengan kuah kental ditambah dengan daging, tauge, bawang goreng, dan daun bawang. Buat pelengkapnya tambahkan telur rebus yang dipotong-potong agar rasanya lebih nikmat.

6. Lenggang

Foto: merahputih

Makanan khas Palembang yang bernama Lenggang ini bisa dibilang mirip dengan pempek, yaitu sama-sama terbuat dari ikan dan tepung sagu. Hanya saja yang membedakannya dengan pempek adalah dari cara membuatnya, lenggang dimasak dengan cara dibungkus dahulu dengan daun pisang  yang selanjutnya dibakar. 

Untuk cara penyajiannya pun sama dengan pempek yaitu dicampur dengan kuah cuka pedas. Karena proses pembuatannya yang dibakar inilah menjadikan lenggang memiliki aroma yang khas tersendiri.

7. Kue Delapan Jam

Foto: palembang.tribunnews

Makanan khas Palembang yang populer dan lezat, salah satunya adalah kue delapan jam. Kenapa dinamakan kue delapan jam? itu karena kue ini saat proses pembuatannya memakan waktu 8 jam untuk mengukusnya. Kue delapan jam biasanya disajikan masyarakat Palembang sebagai sajian di hari raya.

8. Kue Lapis Kojo

Foto: travel.tribunnews

Kue lapis Kojo tak beda jauh dengan Kue Delapan Jam yaitu makanan khas Palembang yang dihidangkan saat hari raya. Kue Lapis Kojo dengan warna hijau ini memiliki rasa yang manis. 

Nah, itulah 8 daftar makanan khas palembang yang lezat menggoda dan terkenal. Saat berkunjung ke Palembang, sempatkan diri untuk mencicipi delapan makanan khas di atas.

Berita Terkait