Daftar Produk Fashion Sustainable dari Brand Terkenal di Dunia

Jumat, 6 Maret 2020 | 15:58:28

Chika Andriyani

Penulis : Chika Andriyani

Daftar Produk Fashion Sustainable Dari Brand Terkenal Di Dunia

Produk Fashion Sustainable. Selama ini yang kita tahu produk sustainable hanyalah produk-produk yang terbuat dari bahan-bahan organik yang disulap menjadi aneka produk menarik seperti perabotan rumah, perlengkapan dapur dan sebagainya. Namun ternyata, baru-baru ini ada sebagian brand fashion yang mengkampanyekan sebuah program produk fashion sustainable. Yah, mungkin kedengarannya sedikit aneh, namun nyatanya mereka sukses menciptakan fashion-fashion sustainable demi mengurangi sampah dan mendukung kelangsungan sumber daya alam.

Yah, mengurangi sampah tidak hanya pada makanan, tapi juga fashion. Bilang ?tidak terima kasih? ketika kasir menawarkan plastik juga merupakan suatu tindakan positif. Tapi, sekarang coba lakukan lebih dari itu, yakni mulailah memilih brand yang mengkampanyekan produk fashion sustainable yang artinya proses produksi hingga sampai ke tangan konsumen apakah ramah lingkungan, transparan dalam pemilihan bahan dan mensejahterakan pekerjaan. Mau punya produk fashion sustainable? Berikut daftar brand fashion yang bisa kamu kunjungi.

?

1. Everlane

sumber: cleonomic.co.id

Kamu penggemar gaya basic? Jika iya, kamu bisa intip koleksi dari brand asal California, Amerika Serikat ini yakni Evelane. Yah brand ini sudah muncul sejak 2010 lalu, dan sudah dikenal dengan brand transparan. Jadi para konsumen tahu dimana pabriknya, harganya sesuai dengan uang yang mereka keluarkan. Mungkin secara gaya tidak ada yang baru, namun tidak dengan inovasinya dengan kampanye mereka.

Seperti di musim dingin 2018, mereka sempat mengeluarkan koleksi jaket yang dibuat dari 3 juta sampah botol plastik, bernama Puff dengan beragam warna cantik. Tak hanya produk, faunder dan CEO mereka Michael Preysman, Evalane juga akan menghentikan penggunakan plastik di kantor-kantor mereka.

?

2. Linean

sumber: cleonomic.co.id

Selain brand luar negeri ada juga lho brand local yang menawarkan fashion ramah lingkungan. Salah satunya Linean, yah brand lokal ini mencanangkan konsep slow fashion movement, konsep tersebut menentang konsep pabrikan fashion besar di dunia yang tidak memperdulikan lingkungan sekitarnya dan juga dengan memakai bahan dari serta tanaman rami, yaitu linen. Selain bahan-bahannya,? limbahnya pun tetap diperhatikan, misalnya ada sisa bahan potongan akan dibuat menjadi aksesoris seperti tempat sedotan logam, totebag, atau tempat make up. Jadi, tak hanya dari sisi fashion dan desain saja yang diperhatikan tapi juga bagaimana caranya sisa bahan agar tidak terbuang cuma-cuma. Linean memproduksi berbagai oufit seperti atasan, outwear, celana, totebag, tempat sedotan dan juga tas makeup.

?

3. Stella McCarney

sumber: cleonomic.co.id

Suka dengan baju-baju branded? Kamu bisa cek dulu koleksi dari anak Paul McCartney ini. Stella McCarney adalah pioneer sebelum eco-fiendly fashion jadi tren seperti sekarang. Ia sudah tidak menggunakan kulit dan blu hewan sebagai koleks fashion nya sejak 2001 lalu. Meski banyak yang skeptis, namun dia tetap melaju sampai sekarang. Bahkan saat ini malah banyak pihak yang mau kerja sama dengan perempuan yang juga vega ini. Selain sama adidas, baru-baru ini Stella bekerja sama dengan perserikatan bangsa-bangsa mengeluarkan piagam untuk mengajak industry fashion yang lebih ramah terhadap lingkungan. Sangat menginspirasi sekali!

?

4. Allbirds

sumber: cleonomic.co.id

Kamu ingin cari sepatu yang baik untuk lingkungan? Brand sepatu dari New Zealand ini, Allbird merupakan brand yang membuat sepatu sneakers dari wool. Salah satu sepatu unggulannya yang tanpa plastik terbuat dari wool merino, plastik daur ulang, dan minyak biji jarak. Semua produsen wool merino selaku supplier untuk Allbirds telah melalui standar dari ZQ, selaku perusahaan yang mencakup kumpulan petani di New Zealand dengan aturan yang ketat. Allbirds juga memproduksi sepatu yang terbuat dari tencel Iyocell, yakni bubur dari pohon eucalyptus yang dibuat menjadi serat. Semau kemasan dibuat dengan bahan daur ulang, kotak terbuat dari 90 persen kardus daur ulang paskah konsumen. Kotak-kotak ini berguna sebagai tas belanja, surat, dan kotak sepatu.

?

5. Patagonia

sumber: cleonomic.co.id

Buat kamu yang hobi beraktivitas diluar, brand Patagonia tepat banget untuk brand yang merancang sustainability berbagai kebutuhan olahraga luar ruangan, perjalanan, dan pakaian sehari-hari. Sejak 1985 Patagonia telah berkomitmen untuk menyumbang 1?ri penjualannya kepada organisasi lingkungan di seluruh dunia yang bekerja untuk melerestarikan dan memulihkan lingkungan alam. Sejak mulai mendukung 1% pendapatan untuk Planet, Patagonia telah menyumbang lebih dari $46 juta dalam program donasi.

Tujuan utama Patagonia adalah menutup lingkaran pada siklus hidup produk-produknya, yakni dengan kampanye ?Buy Less? Patagonia, mendorong pelanggan untuk membeli lebih sedikit, termasuk menolak untuk membeli dari produk Patagonia yang tidak mereka butuhkan.

Bagaimana, berminat untuk membeli produk fashion sustainable? Yah, meski masih sedikit brand lokal yang menawarkan konsep ramah lingkungan ini, tapi kamu bisa ko berbuat sustainable dengan mengurangi penggunaan plastik. Bisa jadi, di tahun ini pun bakal banyak brand, toko online atau marketplace yang mencanangkan program sustainable.

?