5 Daily Skinvestment untuk Perawatan Kulit Sehat Jangka Panjang

Senin, 11 Juli 2022 | 10:16:00

5 Daily Skinvestment Untuk Perawatan Kulit Sehat Jangka Panjang

Ilustrasi skincare Jepang. (Special)

Ladiestory.id - Skinvestment adalah cara yang dilakukan remaja saat ini untuk mendapatkan kulit yang sehat dalam jangka waktu yang panjang. Kulit adalah organ yang berfungsi mengatur suhu tubuh, menyimpan air, lemak, dan berperan dalam sistem kekebalan untuk melindungi kamu dari penyakit. Oleh sebab itu, perawatan pada kulit wajah sangatlah penting.

Di usia remaja bahkan dewasa, perawatan kulit menjadi salah satu hal yang utama dilakukan. Adanya perkembangan saat ini, membuat banyak produk-produk kecantikan yang cepat memberi efek terbaik bagi penggunanya.

Kulit remaja cenderung lebih sering mengalami masalah seperti jerawat, komedo, dan brutusan. Adanya banyak produk perawatan wajah saat ini, kamu tak perlu bingung untuk memulai daily skinvestment. Berikut jenis skincare yang dapat kamu gunakan untuk Daily Skinvestment.

Sunscreen

Foto: Ladiestory.id

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang memiliki banyak bentuk seperti gel, spray, lotion, foam atau stik yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari Sinar UV. Kandungan sunscreen terbagi menjadi dua, yakni Physical sunscreen dan Chemical suncreen. Sebelum menggunakan sunscreen pastikan kamu tahu kadungan yang cocok untuk kebutuhan kulitmu.

Physical sunscreen mengandung lebih sedikit bahan aktif yang berisiko iritasi, sehingga cocok digunakan untuk wajah sensitif. Kandungan ini juga memiliki masa perlindungan lebih lama dan dapat berkerja dengan instan.

Berbeda dengan Chemical sunscreen yang saat digunakan perlu menunggu sekitar 20-30 menit sebelum terkena paparan sinar matahari. Namun, sunscreen dengan kadungan ini memiliki daya serap yang cepat, sehingga cocok digunakan untuk aktivitas diluar yang rentan terkena sinar UV.

Double Cleansing

Ilustrasi menggunakan cleansing oil. (Special)

Proses ini bertujuan membersihkan wajah yang dilakukan dengan cara dua tahap, yakni menggunakan makeup remover dan face wash. Tujuan dilakukan proses dua tahap adalah agar sisa makeup dan debu pada wajah dapat dibersihkan dengan sempurna. Double cleansing juga bermanfaat untuk membersihkan pori-pori agar tidak ada penyumbatan yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat maupun komedo.

Saat ini, banyak jenis remover seperti minyak (cleansing oil), susu (milk cleanser) yang cocok untuk wajah dengan tipe kulit kering (Dry skin). Selanjutnya, ada pembersih yang berbahan air, kandungan ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Dan yang terakhir adalah cleansing balm atau micellar water yang cocok wajah dengan kulit normal.

Cara remover makeup adalah dengan menggunakan kapas dan langsung diusapkan ke muka agar tidak ada makeup yang masih menempel di muka. Lalu, pada tahap kedua, yakni pembersih wajah menggunakan facial wash atau facial foam yang bertujuan agar sisa kotoran dan makeup dapat benar-benar bersih dari wajah.

Toner

Ilustrasi perempuan memakai toner. (Special)

Toner memiliki manfaat untuk mengangkat sisa kotoran, minyak, dan makeup yang tidak terangkat saat double cleansing. Toner juga dapat melembabkan kulit dan mengatasi jerawat jika digunakan bersamaan dengan produk untuk mengatasi jerawat.

Moisturizer (Pelembab)

Pelembab untuk wajah (istock)

Jika kamu memiliki wajah cenderung kering, kamu wajib menggunakan moisturizer secara rutin. Sebagian orang sering kali menganggap bahwa penggunaan moisturizer ini tidak cocok untuk wajah berminyak. Faktanya, saat ini banyak pelembab yang dapat disesuikan dengan jenis kulit.

Manfaat Moisturizer adalah dapat memberikan nutrisi bagi kulit dan membuat kulit terasa lebih awet muda. Dengan penggunaan pelembab yang rutin, kamu dapat mencegah munculnya permasalahan kulit.

Serum

Foto: Ladiestory.id

Saat ini sudah banyak brand yang menjual berbagai macam serum yang memiliki kandungan-kandungan yang dapat disesuaikan dengan berbagai permasalahan kulit. Dalam pengertiannya, serum adalah larutan gel yang warnanya cenderung jernih dan memiliki tekstur ringan yang mudah meresap saat digunakan. Serum memiliki konsentrasi lebih tinggi yang dapat dengan cepat membuat kulit lebih cepat, mudah, dan merata daripada pelempab.