5 Dampak Buruk Sering Konsumsi Minuman Bersoda

Rabu, 24 Agustus 2022 | 19:30:00

5 Dampak Buruk Sering Konsumsi Minuman Bersoda

Ilustrasi minuman bersoda. (Special)

Ladiestory.id - Minuman bersoda memanglah salah satu minuman yang praktis dan menyegarkan. Minuman ini juga merupakan favorit bagian sebagian besar orang. Selain mudah ditemukan, minuman soda juga dapat dikreasikan, seperti mencampurkannya dengan lemon.

Dalam minuman soda terkandung gas karbondioksida yang berkarbonasi. Oleh sebab itu, minuman ini biasanya mengeluarkan gelembung-gelembung air yang menempel pada wadah.

Terkadang minuman ini lebih dikenal dengan soft drink. Awalnya minuman soda terasa hambar, bahkan pahit. Seiring dengan perkembangannya, minuman ini sering ditambahkan beberapa zat, seperti natrium bikarbonat, garam, gula atau perasa lainnya agar dapat dinikmati oleh lidah.

Namun, di balik kesegaran minuman bersoda, ternyata memiliki dampak buruk yang bagi kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Berikut dampak dari sering mengonsumsi minuman bersoda yang perlu kamu ketahui.

Risiko Diabetes

Ilustrasi cek diabetes. (Special)

Pada sebuah studi Current Developments In Nutrition, minuman soda dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami diabetes. Orang yang terus-menerus mengonsumsi minuman soda setiap hari akan mengalami lonjakan gula darah dan insulin yang dapat meningkatkan penyakit diabetes.

Ini terjadi karena di dalam minuman ini terdapat kandungan pemanis tambahan dengan jumlah yang banyak. Maka tak heran, jika terlalu sering mengonsumsinya akan menyebabkan gula darah meningkat cepat.

Kerusakan Tulang

Ilustrasi kesehatan tulang. (Special)

Minuman soda jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak pada kerusakan tulang. Ini disebabkan karena minuman soda mengandung asam fosfat yang tinggi. Asam fosfat inilah yang menyebabkan rusaknya jaringan pada tulang.

Selain itu, minuman bersoda dapat menghambat penyerapan kalsium di dalam tubuh. Maka dari itu, kurangi konsumsi minuman jenis ini untuk mengurangi penyebab kerusakan pada tulang.

Berbahaya untuk Wanita Haid

Ilustrasi wanita sedang haid. (Special)

Sangat tidak dianjurkan minuman soda dikonsumsi saat wanita haid. Lantaran, hal ini justru akan memperburuk sakit yang dirasakan wanita saat haid. Kandungan kafein yang bersifat vasokonstriktor akan mempersempit pembuluh darah, termasuk juga rahim. Jika ini terjadi, kamu akan merasakan kram perut yang berat.

Selain itu, minuman bersoda juga akan membuat darah haid keluar lebih cepat dan banyak. Sehingga, tanggal menstruasi akan lebih cepat selesai. Jika dibiarkan, hal ini tidak akan baik bagi kesehatan rahim.

Kerusakan Gigi

Ilustrasi sakit gigi. (Special)

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, minuman bersoda memang mengandung banyak gula. Mengonsumsi gula secara berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada gigi.

Bagi seseorang yang memiliki gigi sensitif, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman bersoda. Karena minuman ini akan memperparah kondisi gigi. Selain itu, soda akan menyebabkan mulut kering dan menimbulkan banyak bakteri jahat.

Gangguan Ginjal

Ilustrasi perempuan mengalami sakit ginjal. (Special)

Minuman soda mengandung kafein, natrium dan mineral yang memiliki efek negatif bagi kesehatan ginjal. Bahkan, mengonsumsinya terlalu sering juga dapat menyebabkan seseorang mengidap gagal ginjal dan kerusakan ginjal permanen. Hal ini lantaran minuman bersoda dapat memicu rusaknya nefron ginjal.

Untuk menghindari gangguan ginjal, sebaiknya ubah kebiasaanmu dari minuman bersoda ke minuman yang lain. Kamu bisa mencoba untuk menggantinya dengan banyak minum air putih, jus buah tanpa tambahan gula, atau dengan minuman air kelapa.