Demi Hak EXO-CBX, INB100 Akui Siap Perang Lawan SM Entertainment

Selasa, 11 Juni 2024 | 16:20:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Demi Hak Exo-Cbx, Inb100 Akui Siap Perang Lawan Sm Entertainment

EXO-CBX. (Special)

Ladiestory.id - Agensi INB100 yang menaungi Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO belum lama ini menyatakan siap berperang penuh melawan SM Entertainment. Hal itu dilakukan oleh INB100 atas adanya dugaan pelanggaran kesepakatan dengan Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO pada tahun lalu.

Sebelum mendeklarasikan hal tersebut, pihak INB100 sebelumnya sempat berseteru dengan SM Entertainment terkait kontrak eksklusif dengan ketiga personel EXO itu.

“Kami mendeklarasikan berperang penuh melawan SM Entertainment yang telah berjanji tapi tidak bisa menepatinya, yang setara dengan penipuan,” ujar Cha Ga-won, selaku presiden perusahaan induk INB100, melansir berbagai sumber, Senin (10/6/2024).

Adapun salah satu tuntutan yang dipermasalahkan adalah terkait kesepakatan verbal mengenai 5,5% bagian untung EXO-CBX jika mendistribusikan musik mereka melalui Kakao, yang mana adalah pemegang saham terbesar SM Entertainment.

INB100 Akui Siap Perang Penuh Lawan SM Entertainment (Special)

 

Pengacara Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO, Lee Jae-hak mengakui memang persentase tersebut tidak ada dalam kontrak tertulis. Namun, kesepakatan tersebut dijanjikan secara verbal oleh Lee Sung-su, selaku CEO SM Entertainment saat itu.

SM Entertainment juga disebut menuntut biaya royalti sebesar 10% bagi para member yang menggunakan kekayaan intelektual SM Entertainment, seperti lisensi penamaan EXO, EXO-CBX, dan konten lainnya yang dimiliki SM Entertainment.

INB100 juga menyoroti imbalan biaya distribusi yang lebih rendah dari rata-rata yang tertulis pada kontrak. Tak hanya itu, label di luar anak perusahaan diwajibkan membayar 15 hingga 20% kepada Kakao untuk pendistribusian.

"Perjanjian lisan adalah perjanjian yang dipandang mengikat secara hukum oleh sistem hukum Korea," kata Cha Ga-won.

"Kami telah merekam file percakapan antara Lee Sung-su dan Cha Ga-won serta bukti lainnya. Jika SM Entertainment meminta bayaran 10 persen, maka mereka juga harus melaksanakan kesepakatan yang dijanjikan," pungkasnya.