Diario Ciptakan Ruang Kreasi Melalui Kolaborasi

Senin, 2 Oktober 2023 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Diario Ciptakan Ruang Kreasi Melalui Kolaborasi

Media Gathering Shopee 10.10 Brand Festival. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - Kolaborasi memiliki peranan yang cukup penting dalam membangun sebuah usaha, terkhusus bagi para pelaku usaha. Melalui kolaborasi yang terjalin, para pelaku usaha dapat menciptakan ruang kreasi yang dapat memberi kesempatan bagi para pelaku usaha untuk memperkuat potensi hingga mendorong performa bisnis yang lebih baik

Seperti salah satunya yang dilakukan oleh brand fashion muslim lokal, Diario yang memulai perjalanannya dengan membangun offline store pertamanya di kawasan Bandung, Jawa Barat sejak tahun 2016. 

Nida Fadllillah, Head of Marketing & Communications Diario mengungkapkan bahwa kolaborasi yang terjalin dapat membuat ruang kreasi menjadi lebih luas. Seperti yang dilakukan oleh Diario yang pada mulanya berkolaborasi dengan seorang produsen untuk menghasilkan bahan yang bagus dan berkualitas.

“Kolaborasi juga membuat ruang kreasi menjadi lebih luas, karena misalnya antara orang dengan seseorang pasti dia mengeluarkan ide-ide terbaiknya sehingga menghasilkan output yang lebih baik lagi,” kata Nida Fadllillah, dalam acara media gathering Shopee 10.10 Brand Festival, pada Rabu (27/9/2023).

“Jadi di awal kolaborasi itu, Diario mencoba berkolaborasi dengan produsen Indonesia untuk menciptakan kain sebagai bahan dasar sebuah fashion muslim yang pastinya nyaman untuk digunakan tetapi tetap affordable,” sambung Nida Fadllillah.

Diario Plain Scarl Ultrafine Voal. (Diario)

Melalui kerjasama pertamanya tersebut, membawa Diario pada titik awal peluncuran pertama dengan produk perdana yang hingga sekarang masih menjadi icon, Plain Scarl Ultrafine Voal yang memiliki ratusan warna. 

Tak sampai di situ, lewat kolaborasi, Diario juga berhasil menciptakan lapangan pekerjaan bagi para penjahit lokal di Kota Bandung. Hingga saat ini, Diario menaungi kurang lebih 200 orang penjahit dan 100 orang pegawai.

“Senang sekali hingga saat ini tidak hanya dapat berpartisipasi dalam mendukung kemajuan industri lokal melalui inovasi produk yang berkualitas, Diario juga menciptakan lapangan pekerjaan untuk SDM Lokal dengan menaungi 200 penjahit dan lebih dari 100 pegawai,” tuturnya.

Bersama Shopee, Diario dapat memperluas jangkauan, dari sebelumnya hanya memiliki pasar yang terpusat di pulau Jawa, setelah bergabung dapat mengembangkan pasar hingga seluruh Indonesia, bahkan Malaysia. 

“Kolaborasi berkesinambungan hingga saat ini telah membawa Diario ke pencapaian terbaru yaitu, di tahun 2023, Diario berhasil menjadi Top Seller di kategori Fashion Muslim. Pada puncak kampanye 9.9 kemarin pula, peningkatan pesanan terhadap produk Diario meningkat lebih dari 9 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa,” pungkasnya.